DIGITAL LITERACY AND NUMERACY ASSISTANCE FOR EARLY CHILDHOOD ABILITIES
AbstractLiterasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet, dan lain sebagainya. Numerasi digital adalah kemampuan mengaplikasikan konsep bilangan dan simbol dalam matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara digital. Rendahnya cara menggunakan teknologi digital untuk mengakses sumber daya pendidikan literasi dan numerasi digital diharapkan pendidik mampu bersaing secara global dalam menyiapkan peserta didik yang berkualitas di Lembaga Pendidikan RA Ihyaul Islam. Pendampingan literasi dan numerasi digital merupakan usaha untuk meningkatkan kemampuan anak dalam literasi dan numerasi. Metode pengabdian ini adalah kegiatan pendampingan untuk memecahkan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik di RA Ihyaul Islam dengan menampilkan video menarik dan bermain dengan APE yang menstimulasi kemampuan literasi dan numerasi anak. Dengan adanya pendampingan ini, pendidik dapat mengetahui cara meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak dengan digital dan kemampuan literasi dan numerasi anak akan meningkatkat dengan pembelajaran yang menarik ini.
|
Keywords
Full Text:
References
Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora, Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041
Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, SOsial, Budaya, Dan Kependidikan, 5(1), 153–166. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index
D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35.
https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381
Endang Citrowati. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN BAKAT SENI ANAK USIA DINI Endang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_
Harsiati, T. (2018). Karakteristik Soal Literasi Membaca Pada Program Pisa. Litera, 17(1), 90–106. https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19048
Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 117–188.
http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Jannah, R., & Oktaviani, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Digital pada Pembelajaran Matematika Materi Penyajian Data Kelas V MI At-Taufiq. Jurnal Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 123–138.
https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/283
Karyadiputra, E., Setiawan, A., Kumala, S., & Abdi, M. R. (2023). DIVERSIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI PADA SDN TABING RIMBAH 1. 4(3), 6709–6715.
Kusmanto, H. (2022). Tata Kelola Program Gerakan Literasi Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Sragen. Manajemen Pendidikan, 17(1), 62–75. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16287
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Mubarok, H. (2021). Implementasi Manajemen Kelas pada Sekolah Dasar dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 36–44. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i3.52
Mutma’inah, S. (2017). Pendekatan integatif: tinjauan paradigmatif dan implementatif dalam pembelajaran fikih di madrasah ibtidaiyah. Elementary, 5(2), 431–449.
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.4
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Numerical Literacy in Thematic Learning for Upper Grade Elementary School Students. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439
Saidi, E., Hamengkubuwono, & Harmi, H. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Era Digital. Tadbir Muwahhid, 6(1), 47–64. https://doi.org/10.30997/jtm.v6i1.5307
Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika.
ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890
Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Uun Ayu Faradini, Nur Sofia Salsabila, Siti Fatimatuz Zahroh, Sulistiawati Sulistiawati, Aning Suci Wulandari, Siti Rosydatul Hasanah
Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com