IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI MI MAMBAUL FALAH



Authors (s)


(1) * Fiki Zulfikar   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Zaenol Fajri   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Desi Ainur Rohmah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Rizki Fitriya Nitasari   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(5)  Nurul Laili Afrida   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(6)  Lisa Nurfirdausi   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(7)  Habibullah Habibullah   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabila mempertimbangkan secara benar semua unsur pembelajaran, sehingga anak didik dapat meningkatkan cara berpikir kreatif. Salah satu cara yang dapat digunakan guru adalam pemilihan model pembelalaran yaitu Project Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi Project Based Learning dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa di MI Mambaul Falah. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tiga jenis tahapan teknik pengumpulan data berupa observasi, diskusi dan simulasi dimana teknik analisis data dilakukan secara sistematis sesuai fakta dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran matematika dengan tema bangun ruang menggunakan benda konkret dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa dan siswa lebih semangat untuk belajar, hasil ini diperoleh dengan adanya peningkatan kreatifitas siswa.



Keywords

Project Based Learning, berfikir kreatif.



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 107 times | PDF files viewed : 49 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fiki Zulfikar, Zaenol Fajri, Desi Ainur Rohmah, Rizki Fitriya Nitasari, Nurul Laili Afrida, Lisa Nurfirdausi, Habibullah Habibullah

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 

Prosiding Seminar Nasional Hi-Tech (Humanity, Health, Technology) diterbitkan oleh Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Telp: 082318007953. Email: prosiding.hitech@gmail.com