A’isyah, S. (2017). SMK Pesantren: Sebuah Penelusuran Akar Ideologi Pendidikan. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 3(2).
Amaliyah, & Merdeka, M. (2024). Pengembangkan Ketrampilan Soft Skill Santri di Pondok Pesantren Tahfizh Wadil Quran Tangerang. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.37481/pkmb.v4i2.799
Anam, A. K. (2019). Sembilan PR Setelah UU Pesantren Disahkan. Nuonline. https://www.nu.or.id/opini/sembilan-pr-setelah-uu-pesantren-disahkan-tqDSG
Anwar. (2016). Pendidikan Kecakapan Hidup: Life Skill Education. CV. Alfabeta.
Badan Pusat Statistik. (2024). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2024. In Berita Resmi Statistik (No. 83/11/).
Badruzaman, D. (2019). Meningkatkan Kualitas Lulusan Pondok Pesantren Melalui Islamic Agropreneur School Upaya Mengurangi Pengangguran di Indonesia. Muslim Heritage, 4(2), 359–374. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1754
Fathoni, M. A., & Rohim, A. N. (2019). Peran pesantren dalam pemberdayaan ekonomi umat di Indonesia. Conference on Islamic Management Accounting and Economics, 2.
Ghofarrozin, A., & Janah, T. (2021). Menakar Keberpihakan Negara Terhadap Pesantren Melalui Pengesahan UU Nomor 18/2019 Tentang Pesantren. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 10(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10i1.267
Gustriani, T., Kholis, M., & Chanifudin. (2024). Pembelajaran Life Skills bagi Santri sebagai Inovasi Pendidikan di Pesantren. Ainara Journal: Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 5(3), 290–296. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.499
Hamzah, A. (2019). Metode penelitian kepustakaan. In Literasi Nusantara. Literasi Nusantara.
Hanafi, I. (2019). Pendidikan Teknik & Vokasional Menggali Pengalaman Sukses Institusi Bi-National di Negeri Jiran: Dari Konsep hingga Implementasi. PT Refika Aditama.
Hanri, M., & Sholihah, N. K. (2024). Potret Gen Z yang Menganggur: Mengungkap Realita di Balik. Labor Market Brief, 5(9).
Hasab, M. Z., Waslah, & Huda, S. A. A. (2023). Strategi Pendidikan Life Skills di Pondok Pesantren al-Muhajirin 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Akhlaqul Karimah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 117–125.
Mohsen, Murtadlo, M., & Basri, H. H. (2022). Pendidikan Life Skills dan Pemberdayaan Ekonomi di Pesantren Pasca UU Nomor 18 Tahun 2019. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(3), 262–278.
Murtadlo, M. (2020). Gagasan Pengembangan Pendidikan Pesantren Berbasis Maritim di Banten. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(1), 19–35. https://doi.org/https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.680
Murtadlo, M., & Azizah, L. N. (2020). Pendidikan Karakter Kemandirian di Pesantren Raudhatul Muttaqien Kalasan Sleman. OSF Preprints. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/tsa4y
PH, S. (2012). Meningkatkan Kualitas Dasar Kewirausahaan Guru SMK Piri Sleman Yogyakarta Melalui In House Training (IHT). Universitas Gadjah Mada.
Presiden Republik Indonesia. (2019). Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.
Raharjo, S. (2024). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) di Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Jurnal Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 30–42.
Rahman, K. (2018). Inovasi Pendidikan Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Pesantren di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Journal of Islamic Education Studies, 6(2), 225–252.
Rasyid, S., Nasri, M., Sundarini, & Yusron, M. N. (2005). Kewirausahaan Santri Bimbingan Santri Mandiri. PT. Citrayudha Alamanda Perdana.
Saepudin, J. (2016). Pendidikan Kecakapan Hidup di Pesantren Darul Hikam Banjaran Bandung. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(1).
Saleh, H. I., Nugraha, D., & Handoko, I. (2024). Potensi Pendidikan Vokasional (Vocational Skill) bagi Alumni di Pondok Pesantren Daarul Quran. MASS: Journal of Management and Businessl, 1(1).
van Bruinessen, M. (1995). Kitab kuning, Pesantren, dan Tarekat: Tradisi-tradisi Islam di Indonesia. Mizan.
Wahid, A. (2001). Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren. LKiS.
Waslah, & Sari, H. N. (2022). Strategi Pendidikan Life Skills di Masa Covid 19 Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. JoEMS: Journal of Education and Management Studies, 5(5), 65–69.
Widodo, S., & Nugroho, T. R. D. . (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan bagi Santri untuk Mengatasi Pengangguran di Pedesaan. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 30(2), 171–179. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/mimbar.v30i2.704
Rizal, Mohammad Syifaur. 2024. “Educational Evolution: Sustainable Beturnment With Country In The Development Of The Trainer.” Pp. 28–36 In Proceeding Of International Conference On Education, Society And Humanity. Vol. 2
Mudarris, Badrul, and Mohammad Syifaur Rizal. 2023. “Manajemen Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Karyawan Di SMA Nurul Jadid.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(12):10265–71.