Ahmad, F. (2020). Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifan Lokal dalam Praktik Sosial di Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo Jawa Timur. Proceedings Ancoms 1St Annual Conference For Muslim Scholars, 2(110), 715–725.
Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11. https://doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072
Ajuwon, P. M. (2008). Defining the parameters of inclusive education. International Journal of Special Education, 23(3), 11–16.
Allego, L., & Cañizares, M. C. (2024). Leadership Strategies for Building Inclusive School Communities: The Challenges of Managing Diversity in Schools. International Multidisciplinary Journal of Research for Innovation, Sustainability, and Excellence (IMJRISE), 1(1), 92–100.
Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 361. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730
Anar, A. pajarungi. (2023). Peran Guru Kelas Dalam Mengidentifikasi Potensi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif. … Pendidikan …, 5(1), 4352–4361.
Annisa, Z. Y., Eka, D. N., Dyah, A. I., Cahya, R., & Ahmad, S. M. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Siswa Melalui Program Pendampingan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kuwasen. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2.
Azizah, A. N. (2023). Peran Guru PAI dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Inklusif di Sekolah Dasar. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3, 81–92.
Azorín-Abellán, C. M. (2018). The journey towards inclusion: Exploring the response of teachers to the challenge of diversity in schools. Revista Colombiana de Educación, 75, 39–58.
Cenci, A., Bôas, D. F. V., & Damiani, M. F. (2016). The challenge of inclusive education in a Brazilian School: teachers’ concerns regarding inclusion. Research, Society and Development, 2(2), 94–106.
Fatmawiyati, J., & Permata, R. S. R. E. (2023). Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD. Flourishing Journal, 2(8), 567–582. https://doi.org/10.17977/um070v2i82022p567-582
Herman, S., Studi, P., Mesin, T., Mesin, J. T., Teknik, F., Sriwijaya, U., Saputra, R. A., IRLANE MAIA DE OLIVEIRA, Rahmat, A. Y., Syahbanu, I., Rudiyansyah, R., Sri Aprilia and Nasrul Arahman, Aprilia, S., Rosnelly, C. M., Ramadhani, S., Novarina, L., Arahman, N., Aprilia, S., Maimun, T., … Jihannisa, R. (2019). Febriyan Fitri Al Havist, Skripsi: Strategi Pemasaran da Efektivitas Penyaluran Kredit Mikro di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Unit Jurug, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2019, h. 1. Jurusan Teknik Kimia USU, 3(1), 18–23.
Jumadi, A. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Inklusi Al Irsyad Al Islamiyyah Depon. Unisan, 02(02), 84–90.
Latif, A. (2023). Pendidikan Inklusif di Indonesia Perspektif Maqashid Syariah. Journal of Disability Studies and Research (JDSR), 2(2), 12–23.
Mudarris, Badrul, And Mohammad Syifaur Rizal. 2023. “Manajemen Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Karyawan Di SMA Nurul Jadid.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(12):10265–71.
Nugraheni, N. (2024). Integrasi Pendidikan Konservasi Dan Teknologi Untuk Mewujudkan Pendidikan Inklusif Dan Berkualitas Dalam Pencapaian Sdgs. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 119–125.
Nurhida, P. (2024). Peran Guru dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Inklusif di Jenjang Sekolah Dasar Teluk Pinang 02. Karimah Tauhid, 3(7), 8074–8080.
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108
Prihantini, P. (2023). Peran Guru dalam Suksesnya Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2241–2251.
Rachmadtullah, R. (2021). Teachers’ Perceptions of the Role of Universities in Mentoring Programs for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia. Journal of Education and E-Learning Research, 8(3), 333–339.
Rizal, Mohammad Syifaur. 2024. “Educational Evolution: Sustainable Beturnment With Country In The Development Of The Trainer.” Pp. 28–36 In Proceeding Of International Conference On Education, Society And Humanity. Vol. 2
Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020). Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 241. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.458
Sudarto, Z. (2017). Implementasi Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 97. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p97-106
Susilawati, I., Sarbini, A., & Setiawan, A. I. (2016). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(2), 190–206. https://doi.org/10.15575/tadbir.v1i2.135
Tadzkiroh, U., Raisia, A., Uslan, U., & Triwahyuni, E. (2024). Pendampingan Kurikulum Modifikatif bagi Guru di Sekolah Dasar Inklusi. Buletin KKN Pendidikan, 6(1), 110–118. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v6i1.23453
Tarnoto Nissa. (2016). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat SD. Humanitas, 13(1), 50–61.
Widyastuti, N. F. (2024). Peran Guru Dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Pancasila Di Era Society 5 . 0 baik . Para ahli percaya bahwa wawasan yang penuh gairah sangat penting untuk kemenangan. 5(5), 6556–6566.
Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152