Ahmad, T. (2007). Filsafat Ilmu Mengurai Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Pengetahuan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ekawati, M., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasi Pada Proses Belajar Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.482
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157
Hilmin, Noviani, D., & Nafisah, A. (2022). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i2.565
I. Gede A. B., W. (2011). Antropologi Budaya. Citra Aditya Bakti.
Kemendikbud RI. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta.
Kemendikbudristek_bskap_2022_09 Dimensi, Elemen dan Sub elemen Profil Pelajar Pancasila PPP.pdf. (n.d.). Google Docs. Retrieved October 17, 2022, from https://drive.google.com/file/d/1uqAQpPRJeUsqqhgy_eVvkHgxnOkb_hVl/view?usp=drivesdk&usp=embed_facebook
Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No. 347 Tahun 2022. (n.d.). Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Kesuma, U., & Hidayat, A. W. (2020). Pemikiran Thomas S. Kuhn Teori Revolusi Paradigma. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam, 21(2), Article 0. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.6043
Mahfud, J. (2017). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Muhaimin. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muslikh, M. (2020). Landasan Filosofis dan Analisis terhadap Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Jurnal Syntax Transformation, 1(3), 40–46.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). Analisis Konsep Kampus Merdeka Dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme Dan Perenialisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31422
Nuralim, I., & Suharto, A. W. B. (2022). Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 14(1), 11. https://doi.org/10.30596/intiqad.v14i1.8703
Perni, N. N. (2018). Penerapan Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.889
Priyanto, D. (2017). Implikasi Aliran Filsafat Pragmatisme Terhadap Praksis Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 177–191. https://doi.org/10.35316/jpii.v1i2.47
Rosyid, R. (2012). Epistemologi Pragmatisme: Dalam Pendidikan Kita. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.26418/j-psh.v1i1.380
Sanprayogi, M., & Chaer, M. T. (2017). Aksiologi Filsafat Ilmu dalam Pengembangan Keilmuan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(1), Article 1.
Satria, R., Hanum, N. A., Shahbana, E. B., Supriyanto, A., & Ulfatin, N. (2020). Landasan Antropologi Pendidikan dan Implementasinya Dalam Pembangunan Indonesia. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2718
Susanto, A. (2021). Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Bumi Aksara.
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Teguh, W. G. W. (2014). Filsafat Pendidikan: Mazhab-mazhab Filsafat Pendidikan. Jogyakarta: Ar-Ruzz.
Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Bumi Aksara.
Wahyuni, F. (2015). Kurikulum dari masa ke masa. 10(2), 231–242.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. 1, 16.