Anggraini, S. N., Rahman, A., Martono, T., Kurniawan, A. R., & Febriyani, A. N. (2022). Strategi pendidikan multikulturalisme dalam merespon paham radikalisme. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 30–39.
Ardhy, A. A. S. (2024). Dari toleransi ke koeksistensi: Eksplorasi konseptual pendidikan Islam dan multikulturalisme dalam menghadapi radikalisme. Educatia: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 14(1), 1–21.
Bakri, S., & Mukhlis, A. (2023). Kurikulum pendidikan agama Islam yang mempromosikan nilai-nilai moderat dan anti-kekerasan. Jurnal Studi Islam dan Masyarakat, 19(2), 67–82.
Davies, L. (2009). Educating against extremism: Towards a critical politicisation of young people. International Review of Education, 55(2–3), 183–203.
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100.
Febriani, N. A. (2022). Model pengembangan pendidikan Islam multikultural di Indonesia. CJOTL (Consilium Journal of Teaching and Learning), 1(1), 15–28.
Gozali, F., Mahmud, & Erihadiana, M. (2024). Multikulturalisme di pesantren: Tantangan dan peluang dalam pendidikan Islam kontemporer. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3871–3880.
Hasbi, F., et al. (2024). Pentingnya pendidikan Islam dalam menanggulangi radikalisme di kalangan anak muda. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 5(8), 331–342.
Junaidi. (2018). Model pendidikan multikultural. Al-Insyiroh, 2(2), 58–72.
Juvonen, J., et al. (2019). Promoting social inclusion in educational settings: Challenges and opportunities. Educational Psychologist, 54(4), 250–270. https://doi.org/10.1080/00461520.2019.1655645
Khoirunnissa, R., & Syahidin, S. (2023). Urgensi pendidikan moderasi beragama sebagai upaya menangkal radikalisme di kalangan mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 177. https://doi.org/10.36667/jppi.v10i2.1276
Mappaenre, A., et al. (2023). Multicultural education in Indonesia: Characteristics and urgency. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(2), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i2.4574
Merry, M. S. (2013). Equality, citizenship, and segregation. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1057/9781137033710
Miles, M. B. A., Huberman, M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications, Inc.
Nafsiyah, F., & Wardan, K. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam mencegah radikalisme di kalangan remaja. Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 93–104.
Ningsih, A. S., & Hurairah, J. (2024). Peran pendidikan Islam dalam melawan radikalisme melalui moderasi beragama. Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 107–116.
Noor, W. (2019). Pendidikan agama Islam dan antisipasi radikalisme keagamaan. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 4(1), 85–100.
Nur Adnan Saputra, M., et al. (2021). Deradikalisasi paham radikal di Indonesia: Penguatan kurikulum pendidikan Islam berbasis moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282–296.
Rachmat, M. (2025). Pengembangan pendidikan Islam multikultural di pesantren. Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam (JSPAI), 7(2), 112–124.
Rahman, A. (2024). Radikalisme dalam pendidikan Islam: Definisi dan implikasinya. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 40–55.
Rusydi, I., & Zolehah, S. (2020). Mengembangkan pendidikan agama Islam multikultural dalam masyarakat plural. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 23–36.
Saifuddin, L. H. (2019). Moderasi beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian RI.
Santoso, B. (2023). Pendidikan multikultural: Konsep dan implementasi dalam sistem pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 34–44.
Sawarjuwono, T. A. P. K. (2004). Intellectual capital: Perlakuan, pengukuran dan pelaporan (sebuah library research). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 35–57.
Schmid. (tahun tidak tersedia). Radicalisation, de-radicalisation, counter-radicalisation: A conceptual discussion and literature review.
Sieckelinck, S., Kaulingfreks, F., & De Winter, M. (2015). Neither villains nor victims: Towards an educational perspective on radicalisation. British Journal of Educational Studies, 63(3), 329–343.
Sopiansyah, D., & Erihardiana, M. (2021). Model pembelajaran dan implementasi pendidikan multikultural dalam pendidikan Islam dan nasional. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 20(2), 88–98.
Subhan Hi Ali Dodego, et al. (2022). The influence of radical Islam on the quality of Islamic education in schools. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 320–332. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2902
Suciati, E. (2025). Model pendidikan multikultural di madrasah. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 45–56.
Sulaiman, N. (2025). Pendidikan multikultural dalam perspektif Islam. Rais: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 2(2), 123–134.
Suhermanto, S., & Jasri, M. (2024). Kiai Kampung and Transformational Leadership: A Model for Non-formal Education to Improve Community Quality of Life. Journal of Pesantren and Diniyah Studies, 1(2), 165-174.
Supian. (2017). Peran PAI dalam menghadapi tantangan radikalisme di perguruan tinggi umum. Tajdid: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 16(2), 153–171.
Suprastowo, P., et al. (2018). Menangkal radikalisme dalam pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.
Tabi'in, As'adut, L. H., & Kasful Anwar Us. (2022). Pendidikan Islam, perubahan sosial, dan pembangunan di Indonesia. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 3(1), 48–59.
Tambak, S., & Sukenti, D. (2019). Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods. MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 43(1), 111–129.
Tamrin. (2021). Kurikulum PAI dan program deradikalisasi serta. Jurnal IndraTech, 2(2), 42–48.
Ulum, M. (2023). Peranan pendidikan agama Islam dalam menghadapi tantangan radikalisme di kalangan remaja. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(1), 30–34.
Yasin, A., & Rahmadian, M. I. (2024). Strategi pendidikan agama Islam dalam menghadapi tantangan pluralisme agama di masyarakat multikultural. Aksiologi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial.
Yusuf Qardhawi. (2004). Al-Sahwah Al-Islamiyyah Bayn Al-Juhud Wa Al-Tatarruf. Kairo: Dar Al-Shuruq, 23–25.
Zainuddin, et al. (2024). Akar radikalisme di ruang kelas: Eksplorasi faktor pemicu di lembaga pendidikan Islam. JIMAD: Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 2(4), 33–45.