Amalia, A. et al. (2024) ‗Pendidikan Karakter dan Teknologi: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Remaja‘, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), pp. 32–39. Available at: https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p32-39.
Andini, D.R. and Sirozi, M. (2024) ‗Integrasi Kearifan Lokal dalam Perencanaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam‘, Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), pp. 465–471. Available at: https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i3.566.
Claudia Purba, G. and Putra Kasea Sinaga, R. (2024) ‗Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Didalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Panti‘, Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 4(1), pp. 9–13. Available at: https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1322.
Devina, F. et al. (2023) ‗Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur‘, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), pp. 6259–6272. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984.
Didik Iskandar, Encep Syaripudin and Cucu Atikah (2024) ‗Kebijakan Pendidikan Berkarakter Dalam Mengatasi Ancaman Etnosentris Akibat Dari Pemekaran Wilayah‘, Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 15(02), pp. 175–182. Available at: https://doi.org/10.23969/kebijakan.v15i02.8377.
Erlande, R. (2024) ‗Accelerating Character Education Through Integration of Local Wisdom in Pancasila and Civic Education‘, Journal of Humanities and Civic Education, 2(1), pp. 1–8.
Erni Erni et al. (2025) ‗Tantangan dan Peluang dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar‘, RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 3(3 SE-Articles), pp. 216–227. Available at: https://journal.appisi.or.id/index.php/risoma/article/view/780.
Fitriani, Y. (2022) ‗Identifikasi Tantangan Penguatan Pendidikan‘, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Volume, 1(November), pp. 41–46.
Hadi, Y. et al. (2025) ‗Systematic Literature Review on Character Education Strategies in Primary and Secondary Schools‘, Journal of Educational Research and Practice, 3(2), pp. 321–340. Available at: https://doi.org/10.70376/jerp.v3i2.389.
Harizi, R. et al. (2025) ‗Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah: Implementasi dan Tantangan di Era Globalisasi‘, Januari-Maret, 02(4),
Hulaimi, A. et al. (2025) ‗Pengembangan Model Pendidikan Islam Berbasis Budaya Lokal‘, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 12(2), pp. 58–70.
Lutfi, A. (2019) ‗Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah‘, Edukasia Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), pp. 13–22.
Maisaroh, A.A. and Untari, S. (2024) ‗Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Kebijakan Pemerintah Di Indonesia Menuju Generasi Emas 2045‘, Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 7(47), pp. 18–30. Available at: https://doi.org/10.33701/jkp.v7i1.4347.
Nufa, N.F. and Istichomahwati, I. (2025) ‗Integration of Students‘ Character Education Through Extracurricular Programs A Systematic Review‘, Journal of Blended and Technical Education, 1(2), pp. 145–157. Available at: https://doi.org/10.70764/gdpu-jbte.2025.1(2)-12.
Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital‘, Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), pp. 7–12. Available at: https://doi.org/10.70508/literaksi.v1i01.4.
pp. 1268–1272. Available at: https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.15.
Prasettyo, S.H. and Purwoto, L. (2025) ‗Pengaruh Iklim Sekolah dan Pemantauan Orang Tua terhadap Perilaku Perundungan Pelajar‘, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), pp. 65–88. Available at: https://doi.org/10.24832/jpnk.v10i1.4215.
Putri, A.A. et al. (2023) ‗Pentingnya Pendidikan Karakter pada Generasi Milenial di Era Digital‘, Journal on Education, 05(04), pp. 13666–13673.
Rahmelia, V. et al. (2025) ‗Strengthening Students ‘ Character through the Community Service Program ( Sekolah Kerja Nyata , SKN )‘, 8, pp. 221–235.
Sakti, S.A., Endraswara, S. and Rohman, A. (2024) ‗Revitalizing local wisdom within character education through ethnopedagogy apporach: A case study on a preschool in Yogyakarta‘, Heliyon, 10(10), p. e31370. Available at: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e31370.
Salsa Nurhabibah, Herlini Puspika Sari and Siti Fatimah (2025) ‗Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Strategi dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia‘, Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(3), pp. 194–206. Available at: https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1099.
Saputri, S., Ardivanto, A. and Rofian, R. (2025) ‗Penanaman Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar‘, Journal of Education Research, 6(1), pp. 166–
Sastra Atmaja, T. (2024) ‗Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan‘, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1), pp. 171–179. Available at: https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i1.7380.
Sekolah, K.D.I. (2025) ‗1,2,3,4‘, 5(2), pp. 158–167.
Sugiarto and Farid, A. (2023) ‗Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0‘, Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), pp. 580–597. Available at: https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603.
Tsoraya, N.D. et al. (2023) ‗Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas
Wijayanto, G. et al. (2024) ‗New Model of Character Education Evaluation Management Information System Based on Google Workspace in Kindergarten‘, Journal of Nonformal Education, 10(1), pp. 62–74. Available at: https://doi.org/10.15294/jone.v10i1.1419.