Abdullah, F. (2020). Meningkatkan Kompetensi peserta didik melalui model pembelajaran Teaching Factory dalam mata pelajaran produktif SMK di Aceh Timur. Journal Of Education Science (JES), 157-164.
Amirul Mukminin, A. H. (2019). Curriculum Reform in Indonesia: Moving from an Exclusive to Inclusive Curriculum. Center For Educational Policy Studies Journal, 53-72.
Apriyanti, S. (2023, November 28). persepsi guru adaptif dalam implementasi manajemen kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Rancaekek. (D. A. Asy'ari, Interviewer)
Badrudin. (2015). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Badrudin, & Nurdin, R. (2019). SIM (Sistem Informasi Manajemen) Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis CMS Wordpress. Jurnal Ta'dib, 1-12.
Badrudin, & Rayan. (2019). SIM (Sistem Informasi Manajemen) Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Berbasis CMS Wordpress. Jurnal Ta'dib, 1-12.
Bakar, F. A. (2023, November 28). persepsi guru produktif dalam implementasi manajemen kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Rancaekek. (D. A. Asy'ari, Interviewer)
Creswell, J. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamzah, S. (2023, November 28). persepsi guru produktif dalam implementasi manajemen kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Rancaekek. (D. A. Asy'ari, Interviewer)
Ida Bagus Nyoman Mantra, I. G. (2022). Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Pelatihan Pengembangan Dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 6313-6318.
Jannatul Wardiyah, Y. B. (2023). Merdeka Belajar Activity Unit at Madrasah Aliyah: Program Evaluation Study Using CIPP Method. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 119-138.
Kemendikbud. (2020, Januari 24). Mendikbud Luncurkan Empat Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka. Retrieved from kemdikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/01/mendikbud-luncurkan-empat-kebijakan-merdeka-belajar-kampus-merdeka
Leny, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. SENTIKJAR (pp. 38-49). Sinjai: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai.
Mahrus. (2021). Manajemen Kurikulum dan pembelajaran dalam sistem pendidikan nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Education Manajement, 41-80.
Mila Yaelasari, V. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka Di Smk Infokom Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 584-590.
Ndaru Kukuh Masgumelar, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 49-57.
Nurcahyo, W. D. (2021). Analisis dan perancangan E-learning adaptif di sekolah menengah kejuruan. Edumatic : jurnal pendidikan informatika, 1-10.
padli, A. (2023, November 28). persepsi guru adaptif dalam implementasi manajemen kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Rancaekek. (D. A. Asy'ari, Interviewer)
Relita Buaton, A. F. (2022). Model pembelajaran dan cerdas dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SENARIS (pp. 149-157). prosiding seminar nasional riset dan information science.
Sadikin, M. A. (2020). Media pembelajaran interaktif perangkat keras komputer. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 43-50.
Sartini, R. M. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk mempersiapkan pembelajaran abad 21. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 1348-1363.
Sofyan, Y. (2023, November 28). persepsi guru adaptif dalam implementasi manajemen kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Rancaekek. (D. A. Asy'ari, Interviewer)
Suparno, p. (2001). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Kanisius.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. United States of America: John Wiley & Sons.
Wati. (2023, November 28). persepsi guru adaptif dalam implementasi manajemen kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Rancaekek. (D. A. Asy'ari, Interviewer)
Wina, S. (2008). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana.