Aminah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Interaktif dengan Metode Tanya Jawab. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 121–
Arif Munandar, (2017), Kurikulum Sebagai Jantung Pendidikan, Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif”, Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat Kerjasama Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala
Aulia Azis, & Rengga Satria, (2022), Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pai Di SD Pembangunan Laboratorium UNP, As- Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 3
Choli, I. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Industri 4.0. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 20–40. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3 i2.891
E. Santoso, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik.,” Jurnal Theorems 3, no. 1 (2018): 70–80, http://link.s
Eka Titik Pratiwi, (2020), Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Dengan Model Pembelajaran Prolembased Learning Dan Model Pembelajaran Project-Based Learning, Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 2
Eka Titik Pratiwi, (2020), Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Dengan Model Pembelajaran Prolembased Learning Dan Model Pembelajaran Project-Based Learning, Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 2
Fadia Nurul Fitri, S. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1.
Flemming, D, (2000). A Teacher’s Guide to Project-Based Learning. In Charleston.
Goenardi, A. A., Studi, P., Informatika, T., Informasi, F. T., Atma, U., & Makassar, J. (n.d.).
Hamdani, H. (2012). Pengembangan Kurikulim Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Helmiati, (2016), Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Hollingsworth, P., & Lewis, G. (2006). Pembelajaran Aktif: Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Norwalk: Crown House Publishing Company LLC
Ilham Kamarudin, (2022), Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam
Indrawati, & Setiawan, W. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA)
Khoirunnisa, Ismaidah, dkk. (2022). Pengembangan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal: Eksplorasi Strategi BKPRMI pada Taman Pendidikan Al-Qur’an. Al Thariqah, 7, 81.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, Vol.
Nurlina Ariani Hrp, (2020), Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pencapaian Aspek Kemampuan Representasi Dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Vi Sd Negeri Beringin Jaya Pinang Damai, Volume 4 Nomor 2
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi.
Puspitasari, I. (2019). Penerapan Metakognitif Dalam Media Pembelajaran. Tadarus : Jurnal Pendidikan Islam, 8, 72.
Robert C. Bogdan, & Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education;An introduction to theory and methods (Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982), 4.
Rudiyanto, & Nuris Irmayanti (2022), Pembelajaran PAI Berbasis Problem Based Learning di SMAN 1 Pamekasan, Jurnal Ideas Publishing, Vol: 8 No: 3
Sardiman A.M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v 30i1.6548
Sariwati, A., Shofi, M., & Badriah, L. (2018).Pelatihan pemanfaatan limbah botol plastik sebagai media pertumbuhan tanaman hidroponik. Journal of Community Engagement and Employment, 1(1), 6–13.
Setiorini, I. L. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Kerajinan Tangan Guna Peningkatkan Kreativitas Masyarakat Desa Paowan. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 2(1),53. https://doi.org/10.36841/integritas. v2i1.212