OPTIMIZING THE MENTAL QUALITY OF STUDENTS' LEARNING: A HOLISTIC APPROACH AT MAHAD ALY NURUL JADID

Sairafi Sairafi




Abstract

Islamic boarding schools are educational institutions that make a real contribution to society, with all their advantages and disadvantages. Each Islamic boarding school has a distinctive character, both in cultural, institutional and scientific excellence aspects. This research aims to investigate and optimize the mental quality of student learning at Mahad Aly Nurul Jadid through a holistic approach. This research methodology involves surveys, interviews, and observations to gain an in-depth understanding of the students' mental learning conditions. The research results show that a holistic approach that includes physical, mental, emotional and spiritual aspects can contribute significantly to improving the mental quality of students' learning. Efforts to optimize the mental quality of learning involve developing holistic mental development programs, improving facilities, and creating an environment that supports the psychological well-being of students. The implication of this research is that a holistic approach in developing the mental learning of santri at Mahad Aly can be the basis for creating a more balanced educational environment and supporting the optimal growth of santri in cognitive, emotional and spiritual aspects. It is hoped that this study can contribute to the development of mental learning development strategies in similar institutions and enrich the literature on holistic Islamic education.



Full Text:

PDF

References

Abdan, M. R., and L. Hadi. 2022. “Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Total Quality Management (TQM) Di MI Nurrohman Jajar Donorojo.” Transformasi: Jurnal Studi Agama … 01(01).

Amria, Serly, and Lailatuzzahro Al-akhda Aulia. 2023. “Dampak Efikasi Diri Terhadap Kejenuhan Belajar Pada Santri.” Journal Of Gender Equality And Social Inclusion 2(1):52–61.

Anggrayni, Dewi, Nur Choiro Siregar, Santri Dhuafa, Sepanjang Pandemi, Covid-Jurnal Komunikatio, and Vol No. 2022. “KAJIAN SURVEI : ISU KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KETAHANAN MENTAL SANTRI DHUAFA SEPANJANG PANDEMI COVID-19 SURVEY STUDY : ISSUES OF COMMUNICATION ABILITY AND MENTAL RESILENCE OF DHUAFA SANTRI DURING THE COVID-19 PANDEMIC The National University of Malaysia Ke.” 8:67–77.

Bado, Basri. 2021. Model Pendekatan Kualitatif: Telaah Dalam Metode Penelitian Ilmiah.

Bakhruddin, Mukhammad. 2021. “Peran Kepala Sekolah Dalam Memberdayakan Tenaga Pendidik.” EL-Islam: Jurnal Education, Learning, and Islamic 3(2).

Bandung, Pemerintah Kota, and Solusi Perkotaan. 2023. “Kajian Literatur Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Merespons Prioritas Pembangunan Kota Bandung.” 5(2):250–73.

Billah, Akbar Aisya, Achmad Nasrul Chaq, and Iyoh Mastiyah. 2023. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Holistik Integratif.” 7(6):7601–10. doi: 10.31004/obsesi.v7i6.4244.

Bireuen, Almuslim. 2023. “Inovasi Pendekatan Holistik Dalam Transformasi Pendidikan Dayah Masa Depan.” 829–42. doi: 10.30868/ei.v12i03.5243.

Cahyani, Nurul Putri. 2023. “Terapi Musik: Mengoptimalkan Pengobatan Tradisional Dengan Pendekatan Holistik Pada Remaja.” Jurnal Multidisiplin West Science 2(06):452–61. doi: 10.58812/jmws.v2i6.433.

Djalal, Fauza. 2017. “Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Dan Model Pembelajaran.” Jurnal Dharmawangsa 2(1):31–52.

Fauzi, Muhamad, Hasty Andriani, Romli, and Syarnubi. 2023. “Budaya Belajar Santri Berprestasi Di Pondok Pesantren.” Nasional Education Conference 140–47.

Handoko, Yudi, Achmad Asrori, and Untung Sunaryo. 2022. “Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Di Mts Negeri 1 Lampung Timur.” 01(01):389–97.

Hidayah, Nur. 2023. “At-Tajdid: Total Quality Manajeman Dalam Meningkatkan Pengelolaan Proses Pendidikan.” (07):410–24.

Kerangka, Dalam, and Hukum Perlindungan. 2017. “Pendekatan Holistik Transportasi Berbasis Aplikasi.” 45–58.

Maspufah, Siti, Dian Wijayanti, Riska Audia Putri, and Afidatul Latifah. 2023. “HOLISTIK INTEGRAL PENURUNAN ANGKA STUNTING DI BANJARNEGORO Kesehatan Dunia Yaitu Stunting Yang Saat Ini Masih Menjadi Polemik . Yang Disebabkan Oleh Multifaktor Dan Dapat Mengganggu Metabolisme Growth Faltering Dan Catch Up Growth Yang Tidak Terpenuhi Merupakan Salah Satu Pembentuk Stunting , Dimana Hal Tersebut Berdampak Pada Manusia ( SDM ) Dan Penurunan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ). Ini Bahkan Menyita Perhatian Beberapa Negara Dan Menjadi Komitmen Global Sebanyak 155 Juta ( Rahayuwati et Al . , 2022 ). Isu Stunting Masih Menjadi Permasalahan Utama Yang Dihadapi Indonesia Dan Berdasarkan Pemantauan Status Gizi ( PSG ) Stunting Menempati Prevalensi Tertinggi Dibandingkan Dengan Permasalahan Gizi Lainnya ( Ramdhani et Al ., 2020 ). Fluktuasi Bahkan Terus Menunjukkan Angka Yang Serius Di Beberapa Daerah . Prevalensi Stunting Yang Cukup Tinggi , Dimana Lebih Dari Sepertiga Anak Di.” 7(6):8–12.

Mo’tasim, Mo’tasim. 2016. “Pengembangan Kapasitas Institusi Dan Sumber Daya Manusia Di Madrasah: Pendekatan Total Quality Management.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 4(2):206. doi: 10.15642/pai.2016.4.2.206-226.

Munaamah, Maimunatul, Siti Masitoh, and Sri Setyowati. 2021. “Peran Guru Dalam Optimasi Perkembangan Sikap Disiplin Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 9(3):355. doi: 10.23887/paud.v9i3.38329.

Nainggolan, Nelson, and Dingse Pandiangan. 2019. “Pemberdayaan Kaum Bapa Masyarakat Pesisir Amurang Lopana Satu Untuk Mengembangkan Wisata Pantai Dengan Pendekatan Holistik.” VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin 1(2):27–35. doi: 10.35799/vivabio.1.2.2019.24979.

Najib, Ahmad Ainun. 2020. “Peran Ustadz Dalam Membimbing Mental Santri Membentuk Kepribadian Islam Di Pondok Pesantren An-Najah Kudus.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4(1):67. doi: 10.29240/jbk.v4i1.1388.

Nuraini, N. K. 2017. “Peran Wali Kelas Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Santri Baru Di Pondok Modern Arrisalah Slahung Ponorogo Tahun Ajaran 2016/2017.” 1–92.

Pessy, N.C; Matitaputty, J.K, Hetharion, B. D. .. 2022. “Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP 7(1):1–7. doi: 10.5281/zenodo.6408876.

Prayogi, Arditya. 2021. “Pendekatan Kualitatif Dalam Ilmu Sejarah: Sebuah Telaah Konseptual.” Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah 5(2):240–54. doi: 10.15575/hm.v5i2.15050.

Qosim, Nanang. 2020. “APLIKATIF MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI ( Studi PP . Sirojul Hasan Klenang Kidul Probolinggo ).” At-Ta’lim 6(1):81–95.

Respati, Dyah, Suryo Sumunar, and M. Si. 2013. “‘ Optimalisasi Penelitian Dan PPM Untuk Pencerahan Dan Kemandirian Bangsa ’ ‘ Optimalisasi Penelitian Dan PPM Untuk Pencerahan Dan Kemandirian Bangsa .’” 978–79.

Sa, Halimatus, Khoirul Walid, and Sifaul Fatih. 2023. “Penerapan Konseling Analisis Transaksional Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Dan Motivasi Belajar Santri Di Pelosok-Pelosok Desa . Kehidupan Pesantren Khas Dengan Pola Hidup Sederhana , Belajar Yang Tinggi . Santri Yang Memiliki Motivasi Belajar Yang Tinggi Memiliki Kebiasaan.” 03(01):90–99. doi: 10.38073/aljadwa.v3i1.1290.

Safaat, Saat. 2019. “Pembentukan Karakter Secara Holistik.” Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin 3(1):27–34. doi: 10.37012/jipmht.v3i1.83.

Salam. 2023. “Pendekatan Holistik Dan Mengembangkan Keterampilan Indonesia Terintegrasi Bahasa Dan Dalam Sastra.” Jurnal Didadikta 12(1):71–86.

Suteja, Jaja. 2017. “Peran Kyai Dalam Pembinaan Mental Spiritual Santri Remaja Di Pondok Pesantren Kota Cirebon.” ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 6(1):1–21.




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY