Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3394
Al-Bukhari. Sahih al-Bukhari IV. Beirut: Dar al-Fikr.
Alkhateeb, F. (2016). Sejarah Islam yang Hilang: Menelusuri Kembali Kejayaan Muslim pada Masa Lalu (Terjemah Lost Islamic History: Reclaiming Muslim Civilisation from The Past). Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
Bastoni, H. A. (2008). Sejarah Para Khalifah. Bogor: Pustaka Al-Kautsar.
Erfinawati, Zuriatin, & Rosdiana. (2019). Sejarah Pendidikan Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin (11-41 H / 632-661 M). Jurnal Pendidikan IPS, 9(1), 29–40. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i1.172
Faiza, A., & J, S. (2018). Arus Metamorfosa Milenial. Kendal: Penerbit Ernest.
Febrianty, F., & Muhammad, M. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia yang Pro Gen Z. Tasikmalaya: Penerbit Inteligi.
Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7: Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah ’Aisyiyah (APPPTMA), 7, 307–314. http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter-Bagi-Generasi-Z.pdf
Hadisaputra, P. (2020). Implementasi Pendidikan Toleransi di Indonesia. Dialog, 43(1), 75–88. https://jurnaldialog.kemenag.go.id/index.php/dialog/article/view/355
Haekal, M. H. (2002). Umar bin Khattab: Sebuah Telaah Mendalam tentang Pertumbuhan Islam dan Kedaulatannya Masa Itu (Diterjemahkan dari bahasa Arab oleh Ali Audah). PT Pustaka Litera AntarNusa.
Intan, S. (2017). Kekhalifahan Umar ibn Khattab (13-23 H / 634-644 M). Jurnal Rihlah, 5(2), 137–151. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/rihlah/article/view/4167
Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY: Journal of Education, 1(2), 1–12. https://lpppipublishing.com/index.php/alacrity/article/view/20
Marwah, M. (2018). Umar Bin Khattab: Potret Keteladanan Sang Pemimpin Umat. Al-Tadabbur, 4(2), 1–20. https://journal.iain-ternate.ac.id/index.php/altadabbur/article/download/92/82
Mufidah, D., Sutono, A., Purnamasari, I., & Sulianto, J. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islami dan Penguatan Pendidikan Karakter. Semarang: UPT Penerbitan Universitas PGRI Semarang Press.
Muktamar, A., Hertina, D., Ratnaningsih, R., Syaepudin, S., Syahputrra, H., Hendriana, T. I., Masruroh, M., Sudalyo, R. A. T., & Nursanti, T. D. (2023). MSDM ERA MILENIAL: Pengelolaan MSDM yang Efektif untuk Generasi Milenial. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141–156. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Mustari, M. (2011). Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing.
Oktaviana, A., Ardianti, S., & Shinta, J. (2023). Values of leadership From Umar Bin Khattab and Sayyidah Aisyah RA. MAQOLAT: Journal of Islamic Studies, 1(2), 66–78. http://maqolat.com/index.php/i/article/view/13
Pamungkas, M. I. (2023). Akhlak Muslim Modern: Membangun Karakter Generasi Muda. Bandung: Marja.
Patimah, P. S., Fauzan, F., Hayati, H., & Alimir, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kisah Umar bin Khattab sebagai Khalifah. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(3), 618–627. https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/214
Pratama, M. A. Q. (2018). Kepemimpinan dan Konsep Ketatanegaraan Umar Ibn Al-Khattab. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 2(1), 59–70. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/juspi/article/view/1496
Pratama, Y. A. (2022). The Five Main Values of Strengthening Character Education (PPK) in Umar bin Khattab. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(2), 198–216. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/cie/article/view/2599
Pujiono, A. (2021). Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1–19. https://pdfs.semanticscholar.org/9b73/18f74f8d058ace903bc7f213973bdb0c7b4e.pdf
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260–275. https://scholar.archive.org/work/grh6gor5dnhuzgybnbdqbkmtgq/access/wayback/https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/8429/pdf
Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan Media Gadget dalam Aktivitas Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1910
Rifai, A. (2018). Pendidikan Karakter dan Pendidikan Akhlak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 9(17), 97–116. http://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-qalam/article/view/55
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/4274
Rifky, S., Duryat, M., & Saddami, S. T. (2023). Manajemen Kepemimpinan Kebijakan Politik Umar Bin Khattab. Jurnal Keislaman, 6(2), 311–325. http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/JK/article/view/3897
Setiyowati, A., Putri, C. J., Jannah, F. M., & As’ad, M. R. (2021). Kepemimpinan Islam Periode Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib). YASIN, 1(2), 262–274. https://ejournal.yasin-alsys.org/yasin/article/view/132
Sukoco, N. I., & Nurdin, N. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Di SMP Unismuh Makassar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(2), 112–118. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/2592
Sulhan, M., & Despriani, G. (2022). Penyuluhan Pendidikan Karakter pada Masyarakat untuk Memaksimalkan Pengasuhan secara Informal. Darma Cendekia, 1(1), 30–37. http://www.jurnal.prismasejahtera.com/index.php/darmacendekia/article/view/6
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish.
Tonis, Y. A., Ngra, C. B. M., Lalu, S. C., & Sugiantri, A. A. P. W. (2022). Identifikasi Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z pada Era Society 5.0. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR) 2, 370–285. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/4454
Woen, V. (2023). Generasi Z dan Komunitas Harmoni. Jurnal Teologi (JUTEOLOG), 3(2), 27–42. http://ejurnal.sttkadesiyogyakarta.ac.id/juteolog/article/view/129
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/JICC/article/view/15550