PUBLIC RELATION MANAGEMENT STRATEGY IN IMPROVING THE IMAGE OF ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS IN THE DIGITAL ERA
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi manajemen hubungan masyarakat yang diterapkan oleh lembaga pendidikan Islam untuk meningkatkan citranya di era digital. Perkembangan teknologi informasi, khususnya media sosial dan platform digital, telah membawa perubahan signifikan dalam cara lembaga pendidikan berkomunikasi dengan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif, dengan fokus pada penerapan strategi hubungan masyarakat di lembaga pendidikan Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang hubungan masyarakat, orang tua siswa, dan alumni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dan situs web sebagai saluran komunikasi utama, respons cepat terhadap isu-isu negatif melalui klarifikasi yang transparan, dan kolaborasi dengan pemangku kepentingan melalui teknologi digital merupakan strategi utama yang diterapkan untuk meningkatkan citra lembaga. Manajemen hubungan masyarakat di lembaga pendidikan Islam juga berfokus pada membangun hubungan yang erat dengan orang tua, alumni, dan masyarakat untuk mendapatkan dukungan yang lebih besar. Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa strategi manajemen hubungan masyarakat berbasis teknologi digital dapat meningkatkan citra lembaga pendidikan Islam secara signifikan asalkan dilakukan dengan komunikasi yang efektif, transparansi, dan kolaborasi yang berkelanjutan.
|
Keywords
Full Text:
References
Abdullah, A., & Maisyaroh, J. (2024). Strategi Komunikasi Digital dalam Membentuk Opini Publik untuk Mendukung Brand Image Madrasah Aliyah Nurul Jadid. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1571–1578.
Al Farisi, Y., & Setiawan, M. B. A. (2023). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Branding Image di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10653–10663.
Aljumah, A., Nuseir, M., & Refae, G. (2023). Examining the effect of social media interaction, E-WOM, and public relations: Assessing the mediating role of brand awareness. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 467–476.
Anisa, Z., & Saparudin, S. (2022). Branding Sekolah Islam Modern: Sekolah Islam Terpadu, Madrasah/Sekolah Alam, dan Tahfiz Al-Qur’an. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 16(1), 49–64.
Brockhaus, J., Buhmann, A., & Zerfass, A. (2023). Digitalization in corporate communications: understanding the emergence and consequences of CommTech and digital infrastructure. Corporate Communications: An International Journal, 28(2), 274–292.
Firman, F. (2024). Inovasi dalam manajemen pendidikan Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era pendidikan digital. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 9035–9044.
Gregory, A., & Willis, P. (2022). Strategic public relations leadership. Routledge.
Hakim, M. N., & Rozi, F. (2024). Strategi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Animo Masyarakat Terhadap Pendidikan Madrasah. Joiem (Journal Of Islamic Education Management), 5(1), 28–45.
Hidayah, R., Sazali, H., & Sumanti, S. T. (2023). Manajemen Humas Dan Informasi Dalam Mengelola Berita Pada Website Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Www. Uinsu. Ac. Id) Sebagai Media Informasi Universitas. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(7), 2027–2034.
Inayati, M., Mulyadi, M., & Nurhadi, A. (2023). Analisis Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Pesantren Melalui Manajemen Humas. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 229–242.
Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.
Kardini, N. L., Sudomo, A., GS, A. D., Arifin, Z., & Sallu, S. (2023). Manajemen Public Relation. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kavoura, A., Borges-Tiago, T., & Tiago, F. (2024). Strategic Innovative Marketing and Tourism: Current Trends and Future Outlook—10th ICSIMAT, Ionian Islands, Greece, 2023. Springer Nature.
Mahoney, L. M., & Tang, T. (2024). Strategic social media: From marketing to social change. John Wiley & Sons.
Mey, G. (2022). Qualitative methodology. In International handbook of psychology learning and teaching (pp. 453–478). Springer.
Muktamar, A., Iswahyudi, M. S., Salong, A., Wote, A. Y. V., Rahmatiyah, R., Riyadi, S., Kusumawati, M., Rohaeti, L., & Leuwol, F. S. (2023). Manajemen Pendidikan: Konsep, Tantangan, dan Strategi di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Munir, M., & Su’ada, I. Z. (2024). Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital: Transformasi dan Tantangan Implementasi Teknologi Pendidikan. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 5(1), 1–13.
Munir, Z., Munawwaroh, I., & Mudarris, B. (2024). Strengthening Brand Image Of Pesantren Based On Two-Way Symeirical Model Through Generation Z. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 6(1), 54–69.
Nisar, M., & Saleem, N. (2024). Impact of Public Relations on Corporate Communication by Using Faceebook and Instagram as Digital Platforms. Pakistan Social Sciences Review, 8(2), 854–861.
Nuseir, M., Aljumah, A., & El-Refae, G. (2022). Digital marketing and public relations: A way to promote public relations value. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1331–1340.
Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Alam, M. D. S., & Lisya, M. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.
Rachmad, Y. E. (2024). Digital Marketing Theories: From Gimmicks to Loyalty. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ratnaningtyas, E. M., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. No. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Riccomini, F. E., Cirani, C. B. S., Pedro, S. de C., Garzaro, D. M., & Kevin, K. S. (2024). Innovation in educational marketing: a study applied to Brazilian private higher education institutions. Journal of Marketing for Higher Education, 34(1), 95–115.
Saleh, A. (2024). IMPLEMENTASI ETIKA KOMUNIKASI MANAJEMEN HUMAS DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 19(1), 1308–1318.
Sirait, M. H. R., Sari, D. M., & Rahmawati, D. (2021). Manajemen Humas Pendidikan dalam Upaya Pencitraan Lembaga Pendidikan Dasar (Sekolah Dasar). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 342–349.
Taryana, A. (2023). Peran Humas, Media Digital, dan Manajemen Opini Publik di Pertamina Internasional EP. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(2), 403–414.
Tracy, S. J. (2024). Qualitative research methods: Collecting evidence, crafting analysis, communicating impact. John Wiley & Sons.
Zhanibek, A., Abazov, R., & Khazbulatov, A. (2022). Digital Transformation of a Country’s Image: The Case of the Astana International Finance Centre in Kazakhstan. Virtual Economics, 5(2), 71–94.
Zhou, A., & Xu, S. (2022). Computer mediation vs. dialogic communication: How media affordances affect organization-public relationship building. Public Relations Review, 48(2), 102176.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY