An Analysis of Students' Reading Interest through Folklore in English Language Learning at SMP Negeri 2 Hiliduho

DOI: https://doi.org/10.33650/ijoeel.v7i2.12237

Authors (s)


(1)  Ednis Sartika Ndruru   (Universitas Nias)  
        Indonesia
(2)  Ednis Sartika Ndruru   (Universitas Nias)  
        Indonesia
(3) * Trisman Harefa   (Universitas Nias)  
        Indonesia
(4)  Elwin Piarawan Zebua   (Universitas Nias)  
        Indonesia
(5)  Yasminar Amaerita Telaumbanua   (Universitas Nias)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat baca siswa melalui penggunaan cerita rakyat dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Hiliduho. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris dan perlunya pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Subjek penelitian terdiri dari 21 siswa kelas VIII-B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca cerita rakyat dalam Bahasa Inggris memiliki sejumlah kendala, seperti kosakata yang terbatas, teks yang panjang sehingga sulit dipahami dan menimbulkan kebingungan siswa, serta struktur kalimat yang kompleks. Selain itu, ditemukan juga beberapa faktor yang memengaruhi minat baca, seperti rendahnya rasa percaya diri, gugup, dan takut melakukan kesalahan saat membaca. Sebagian besar siswa menunjukkan motivasi intrinsik yang tinggi, rasa senang dalam membaca, minat terhadap cerita rakyat, frekuensi membaca yang baik, dan sikap positif terhadap kegiatan membaca. Dengan pendekatan yang tepat dan dukungan pembelajaran yang tepat, cerita rakyat dapat menjadi media yang efektif untuk menumbuhkan minat baca siswa dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris.



Keywords

Reading Interest, Folklore, English Language Learning, SMP Negeri 2 Hiliduho



Full Text: PDF



References


Nussbaum, M. C. (2020). The monarchy of reason: A study of folklore and education. Cambridge University Press.

Ainley, M., & Hidi, S. (2021). Interest and the psychology of reading engagement. Educational Psychology Review, 33(3), 987–1004.

Aprilia, F., Lustyantie, N., & Rafli, Z. (2020). The effect of reading interest and achievement motivation on students' discourse analysis competence. Journal of Education and E-Learning Research, 7(4), 368–372.

Bakhshaei, M., & Khoshsima, H. (2021). The impact of storytelling on critical thinking and reading comprehension: A folklore perspective. International Journal of Language Studies, 15(2), 123–138.

Conrad, A. L., Kuhlmann, E., van der Plas, E., & Axelson, E. (2021). Brain structure and neural activity related to reading in boys with isolated oral clefts. Child Neuropsychology, 27(5), 621–640.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). SAGE Publications. Endraswara, S. (2018). Metodologi penelitian folklore. CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Roe, B. D., Smith, S. H., & Kolodzie, R. J. (2018). Teaching reading in today's elementary schools (12th ed.). Cengage Learning.

Abdollahzadeh, E., & Aliakbari, M. (2021). The role of folklore in enhancing English language learning motivation. International Journal of Language Studies, 15(2),123–138.

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Evans, R., & Prasetyo, B. (2024). Integrating local literature to enhance reading interest: A study in Southeast Asian classrooms. Asia-Pacific Journal of Education, 44(1), 33–49.

Isman, M., et al. (2022). Folklore as cultural representation in Indonesian literature. Journal of Cultural Heritage Studies, 6(1), 55–63.

Kim, H., & Shin, S. (2020). The effect of digital reading platforms on students’ motivation and reading interest. Journal of Educational Psychology, 112(3), 418–432.

Lopez, M., & Carmichael, J. (2023). Cultural engagement and reading preferences among secondary school learners. International Journal of Literacy and Education, 15(2), 112–128.

Rahmawati, A. (2020). Indonesian folktales as reading materials to promote students' cultural awareness and interest. Indonesian Journal of English Education, 7(1), 75–90.

Salsabilla. (2023). The implementation of teaching & learning process on TikTok video content and the viewers response by “Mike the Chameleon.” Raden Mas Said State Islamic University.

Zou, B., & B., L. (2023). Expressive cultures and digital folklore in education. Journal of Folklore Studies, 29(1), 33–50.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/ijoeel.v7i2.12237


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ednis Sartika Ndruru, Ednis Sartika Ndruru, Trisman Harefa, Elwin Piarawan Zebua, Yasminar Amaerita Telaumbanua