Digitalisasi UMKM Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomis dan Inovasi pada Industri Kreatif

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v4i1.3660

Authors (s)


(1) * Ahmad Fahriyannur Rosyady   (Politeknik Negeri Jember)  
        Indonesia
(2)  Fadlil Liwaul Hamdi   (Politeknik Negeri Jember)  
        Indonesia
(3)  Rachmadani Anggowo Rizky   (Politeknik Negeri Jember)  
        Indonesia
(4)  Kennyo Gendis Putri Harli   (Politeknik Negeri Jember)  
        Indonesia
(5)  Ahnaf Bawedan   (Politeknik Negeri Jember)  
        Indonesia
(6)  Muhammad Andra Kusuma Ramadhan   (Politeknik Negeri Jember)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak — Indonesia merupakan Negara dengan beraneka ragam suku dan kebudayaannya, banyak sekali ragam budaya dan kerajinan yang terdapat di Indonesia, salah satu kerajinan yang telah berkembang di Indonesia dengan menggunakan bahan baku kuningan, perak, alumunium, dan tembaga. Namun, Hanya sedikit dari banyak budaya nusantara di Indonesia yang dapat dikenal oleh kalangan masyarakat luas maupun internasional. Menurut Departemen Perdagangan RI, Industri Kreatif didefinisikan sebagai industri yang memanfaatkan keterampilan, daya cipta dapat menghasilkan serta menciptakan kreasi dan inovasi pada penciptaan. UMKM di era Digitalisasi dan Pemasaran 4.0 telah dipengaruhi oleh Teknologi Informasi serta Sistem Informasi.Riset pada bidang kerajinan Prasegi Seni membuat produk dan perhiasan yang unik, kreatif dan berkualitas internasional dengan harga kompetitif. Prasegi Art juga turut serta serta dengan motif ornament tradisional Nusantara. Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 .Prasegi Art juga turut serta serta turut serta dengan motif ornament tradisional Nusantara. Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 . Prasegi Art juga turut serta serta turut serta dengan motif ornament tradisional Nusantara.Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 .Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 .Kerajinan Kuningan ini diharapkan dapat membantu memperkenalkan budaya nusantara di bidang kerajinan dengan cara yang ditawarkan pasar lokal hingga internasional agar lebih dikenal oleh masyarakat luas tetapi tetap menarik, mengundang, dan terbuka tanpa meninggalkan lingkungan sekitarnya. Perkembangan Industri Kreatif juga belum signifikan setiap tahunnya. agar budaya nusantara bisa lebih dikenal oleh pasar global dan mendorong inovasi serta meningkatkan nilai ekonomis terhadap industri kreatif dan dapat bersaing secara global pada era 4.0 .  Upaya agar tercakup dalam globalisasi yaitu dengan cara digitalisasi dan penerapan Marketing 4.0 yang diimplementasikan pada Website E-commerce. Teknologi E-commerce merupakan usaha dengan menggunakan Situs Web, Sehingga para pelaku usaha dapat meningkatkan hasil usaha dengan mudah.

 

Kata kunci: Inovasi, Pemasaran 4.0, E-commerce.

 



Keywords

Inovasi,Marketing 4.0, E-commerce



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 573 times | PDF files viewed : 256 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v4i1.3660


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Fahriyannur Rosyady, Fadlil Liwaul Hamdi, Rachmadani Anggowo Rizky, Kennyo Gendis Putri Harli, Ahnaf Bawedan, Muhammad Andra Kusuma Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.