Rancang Bangun Sistem Monitring Dan Kontrol Pencampuran Nutrisi Dan Ph Air Pada Tanaman Hdiroponik Berbasis Internet Of Things

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v4i2.4460

Authors (s)


(1) * Ahmad Taufiqur Rahman   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Amalia Herlina   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hidroponik adalah membudidaya tanaman tanpa menggunakan tanah tetapi menggunakan air dan larutan nutrisi sebagai media tanam. Ada berbagai macam metode dalam pengairan nutrisi hidroponik, salah satunya. DFT (Deep Flow Technique) ialah salah satu sistem hidroponik yang menggunakan instalasi datar untuk membuat genangan air nutrisi pada instalasi.. Pada penelitian ini bertujuan untuk merancang Sistem Monitoring dan Kontrol Pencampuran Nutrisi dan pH air  Pada Tanaman Hidroponik Berbasis Internet Of Things (IoT). Sistem kontrol yang digunakan mikrokontroller arduino uno dan aplikasi Blynk. Perancangan sistem ini meliputi perancangan hardware dan perancangan software untuk koneksi dengan aplikasi Blynk. Sistem ini dirancang menggunakan konsep internet of things dan dibuat menggunakan sensor TDS meter V1.0, pH-4502C, sensor Ultrasonik HC-SR04, Arduino Uno, relay 4 dan 2 Channel, LCD dan pompa dc. Kemudian hasil data yang hasilkan oleh sensor akan ditampilkan LCD dan aplikasi Blynk. Hasil penelitian ini dapat mengontrol dan memonitoring nilai PPM nutrisi, pH air dan ketinggian air nutrisi yang ada di bak penyimpanan nutrisi. Untuk pencampuran nutrisi akan mengikuti jadwal yang sudah di jadwalkan dan juga bisa menggunakan manual. Kemudian ketika PPM kurang dari 800 maka pompa dari larutan cairan pH up akan di campurkan, jika PPM lebih dari 1000 maka pompa dari cairan larutan pH down akan mencampurkan ke dalam penyimpanan bak penyimpanan nutrisi. Ketika nilai pH air kurang dari 6,0 maka pompa dari cairan larutan pH up akan dicampurkan, kemudian jika pH air lebih dari 7.0 maka pompa dari cairan larutan pH down akan dicampurkan ke dalam bak penyimpanan nutrisi.



Keywords

Hidroponik; Internet of things; sensor pH-4502; sensor TDS meter V1.0; sensor Ultrasonik HC-SR04



Full Text: PDF



References


Aprillia, S., & Myori, D. E. (2020). Pengontrolan Electro Conductivity pada Larutan Nutrisi Hidroponik Berbasis Arduino. In JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia (Vol. 1, Issue 2).

Gozal, R. P., Setiawan, A., & Khoeswanto, H. (2020). Aplikasi SmartRoom Berbasis Blynk untuk Mengurangi Pemakaian Tenaga Listrik. Teknologi Industri, 8, 1–7.

Handoko, P. (2017). Sistem Kendali Perangkat Elektronika Monolitik Berbasis Arduino Uno R3. November, 1–2.

Katu, U., Nurul Chumaerah, A. M., Hikma, N., D., M. (2019). SISTEM FERTIGASI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT).

Mubarok, S., Wisnu Dwi Wahyudi, D., & Octaviany, D. (2018). Pemanfaatan Modul RTC Berbasis Arduino Mega Sebagai Penentu Variabel Nutrisi Pada Sistem Kontrol Hidroponik. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI, 3(1), 5–8.

Handarly, D., & Lianda, J. (2018). Sistem Monitoring Daya Listrik Berbasis IoT (Internet of Thing). J. Electr. Electron. Control Automot. Eng, 3(2), 205-208.

Alipudin, A. M. (2018). Rancang bangun alat monitoring biaya listrik terpakai berbasis internet of things (IOT). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro, 1(1).

Ismail, M., Abdullah, R. K., & Abdussamad, S. (2021). Tempat Sampah Pintar Berbasis Internet of Things (IoT) Dengan Sistem Teknologi Informasi. Jambura Journal of Electrical and Electronics Engineering, 3(1), 7-12.


Article View

Abstract views : 324 times | PDF files viewed : 219 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v4i2.4460


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ahmad Taufiqur Rahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.