Analisis Kinerja Antena DVOR di Bandara Kualanamu

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v6i1.8534

Authors (s)


(1) * Achmad Ridwan   (Universitas Prima Indonesia)  
        Indonesia
(2)  Ahmad Arif   (Universitas Al-Azhar Medan)  
        Indonesia
(3)  Yoga Tri Nugraha   (Universitas Al-Azhar Medan)  
        Indonesia
(4)  M.A. Othman   (Universiti Teknikal Malaysia Melaka)  
        Malaysia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem navigasi udara sangat penting bagi pergerakan pesawat yang aman dan efisien, serta memberikan panduan penting selama berbagai fase penerbangan. Doppler VHF Omnidirect Range (DVOR) adalah perangkat navigasi yang diperlukan dan memiliki kemungkinan tak terbatas untuk mengarahkan pesawat ke bandara. Efek Doppler adalah pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Proses pengiriman informasi frekuensi yang dipancarkan DVOR ke pesawat menghasilkan frekuensi yang berbeda-beda akibat adanya efek Doppler yang disebabkan oleh sudut datang pesawat sehingga gelombang yang dihasilkan tidak berbentuk sinusoidal yang terlalu sempurna, namun frekuensi DVOR akan menghasilkan 112299595 Hz, dengan membentuk sistem OBS pada pesawat yaitu 187 derajat yang artinya menunjukkan posisi suatu bandara.


Keywords

Antena DVOR; Sudut Datang Pesawat; Sistem Navigasi Udara; Bandara Kualanamu



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 74 times | PDF files viewed : 33 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v6i1.8534


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Achmad Ridwan, Ahmad Arif, Yoga Tri Nugraha, M.A. Othman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.