Analisis Kinerja Antena DVOR di Bandara Kualanamu
Authors (s)
(1) * Achmad Ridwan  
![](/public/site/images/admin/mail.gif)
        Indonesia
(2)  Ahmad Arif   (Universitas Al-Azhar Medan)  
        Indonesia
(3)  Yoga Tri Nugraha 
![](/public/site/images/admin/orcid_16x16.gif)
        Indonesia
(4)  M.A. Othman 
![](/public/site/images/admin/orcid_16x16.gif)
        Malaysia
(*) Corresponding Author
AbstractSistem navigasi udara sangat penting bagi pergerakan pesawat yang aman dan efisien, serta memberikan panduan penting selama berbagai fase penerbangan. Doppler VHF Omnidirect Range (DVOR) adalah perangkat navigasi yang diperlukan dan memiliki kemungkinan tak terbatas untuk mengarahkan pesawat ke bandara. Efek Doppler adalah pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Proses pengiriman informasi frekuensi yang dipancarkan DVOR ke pesawat menghasilkan frekuensi yang berbeda-beda akibat adanya efek Doppler yang disebabkan oleh sudut datang pesawat sehingga gelombang yang dihasilkan tidak berbentuk sinusoidal yang terlalu sempurna, namun frekuensi DVOR akan menghasilkan 112299595 Hz, dengan membentuk sistem OBS pada pesawat yaitu 187 derajat yang artinya menunjukkan posisi suatu bandara.
|
Keywords
Antena DVOR; Sudut Datang Pesawat; Sistem Navigasi Udara; Bandara Kualanamu
Full Text: PDF
Article View
![](/public/site/images/admin/icon-graph.png)
10.33650/jeecom.v6i1.8534 |
|
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Achmad Ridwan, Ahmad Arif, Yoga Tri Nugraha, M.A. Othman
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.