Penerimaan Pengguna Access by KAI di Surabaya
AbstractAccess by KAI adalah sebuah upaya PT KAI dalam memfasilitasi pengguna kereta api di Indonesia yang dapat membantu para pengguna untuk melakukan transaksi pembelian tiket kereta api, pembatalan keberangkatan, pengecekan jadwal kereta api, hingga melakukan pemesanan makanan pada saat melakukan perjalanan dan sebagainya. Namun, pada praktiknya pengguna masih mengalami banyak kelemahan dari aplikasi seperti performa yang buruk, kegagalan dalam bertransaksi, sampai permasalahan pada user experience yang dimiliki oleh aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan pengguna dan faktor apa saja yang mempengaruhi pengguna dalam bertransaksi menggunakan aplikasi Access by KAI. Model penelitian yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dengan memodifikasi model berupa penambahan Trust sebagai konstruk tambahan pada model. Responden penelitian ini adalah pengguna aplikasi dan telah bertransaksi paling sedikit satu kali. Metode pengolahan pada penelitian ini adalah dengan pengaplikasian PLS-SEM dibantu oleh aplikasi SmartPLS versi 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan pengguna aplikasi Access by KAI kota Surabaya berada pada tingkat sedang dengan 3 dari 6 hipotesis yang ditolak. Adapun Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Condition berpengaruh terhadap penerimaan pengguna dalam menggunakan aplikasi Access by KAI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi konsiderasi pada pemangku kepentingan terutama pihak PT KAI dalam meningkatkan dan mengefektifkan penggunaan aplikasi sehingga manfaat yang didapatkan lebih substansial.
|
Keywords
Full Text:
References
Siregar LY, Nasution MIP. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN BISNIS ONLINE. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis [Internet]. 2020;2(1):71–5. Available from: https://doi.org/10.30606/hjimbhttp://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki
Badan Pusat Statistik Indonesia. Statistik Telekomunikasi Indonesia. 2022.
Public Relations KAI. Akses Lebih Mudah dengan Aplikasi Access [Internet]. 2023 [cited 2024 Mar 21]. Available from: https://www.kai.id/information/full_news/5758-akses-lebih-mudah-dengan-aplikasi-access
ANTARA Kantor Berita Indonesia. ANTARA Kantor Berita Indonesia. 2024 [cited 2024 Mar 21]. Daop 8 Surabaya Catat 5,4 Juta Orang Gunakan Kereta Api Selama 2023. Available from: https://www.antaranews.com/berita/3905586/daop-8-surabaya-catat-54-juta-orang-gunakan-kereta-api-selama-2023
Marikyan D, Papagiannidis S. Unified Theory of Acceptance and Use of Technology: A review [Internet]. Papaginannidis S, editor. TheoryHub Book; 2023 [cited 2024 Mar 25]. Available from: Available at https://open.ncl.ac.uk/
Venkatesh V, Morris MG, Davis GB, Davis FD. User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS Q. 2003;27(3):425–78.
Hardani, Auliya NH, Andriani H, Fardani RA, Ustiawaty J, Utami EF, et al. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif [Internet]. Abadi H, editor. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta; 2020. 1–515 p. Available from: https://www.researchgate.net/publication/340021548
Joshi A, Kale S, Chandel S, Pal D. Likert Scale: Explored and Explained. Br J Appl Sci Technol. 2015 Jan 10;7(4):396–403.
Venkatesh V, Thong JYL, Xu Xi. Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. MIS Quarterly [Internet]. 2012;36(1):157–78. Available from: http://about.jstor.org/terms
Manrai R, Gupta KP. Integrating UTAUT with Trust and Perceived Benefits to Explain User Adoption of Mobile Payments. In: Verma AK, Kapur PK, Kumar U, editors. Strategic System Assurance and Business Analytics. Springer Nature Singapore; 2020. p. 109–21.
Dastjerdi AM, Kaplan S, de Abreu e Silva J, Anker Nielsen O, Camara Pereira F. Use intention of mobility-management travel apps: The role of users goals, technophile attitude and community trust. Transp Res Part A Policy Pract. 2019 Aug 1;126:114–35
Jogiyanto H. Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling Berbasis Varian Dalam Penelitian. Yogyakarta: UPP STIM YKPN; 2011.
Ghozali I, Latan H. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Universitas Diponegoro; 2015.
Hair JF, Tomas G, Hult M, Ringle CM, Sarstedt M. A Primer on Partial Least Squares Sructural Equation Modeling (PLS-SEM). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications; 2022.
Chin WW. The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. In: Modern Methods for Business Research. Lawrence Erlbaum Associates; 1998.
10.33650/jeecom.v6i2.8984 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Earliawan Muhammad Irbah Zain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.