Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android dengan Integrasi Chatbot AI untuk Kualitas Pelayanan Publik

DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v6i2.9604

Authors (s)


(1) * Moh Fadel   (Universitas Hafshawaty Zainul Hasan)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android dengan integrasi chatbot AI untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Karanganyar. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan mereka secara efektif dan efisien, serta mempercepat respons dari pihak desa. Aplikasi dilengkapi dengan fitur pengaduan online, pelacakan status pengaduan, dan chatbot WhatsApp, yang diintegrasikan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan transparan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall, yang meliputi tahap analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan pengaduan masyarakat, serta memberikan solusi yang lebih terstruktur dan mudah diakses bagi warga desa

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android dengan integrasi chatbot AI untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Karanganyar. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan mereka secara efektif dan efisien, serta mempercepat respons dari pihak desa. Aplikasi dilengkapi dengan fitur pengaduan online, pelacakan status pengaduan, dan chatbot WhatsApp, yang diintegrasikan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan transparan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall, yang meliputi tahap analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan pengaduan masyarakat, serta memberikan solusi yang lebih terstruktur dan mudah diakses bagi warga desa.





Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 15 times | PDF files viewed : 5 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v6i2.9604


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Moh Fadel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.