Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android dengan Integrasi Chatbot AI untuk Kualitas Pelayanan Publik

Moh Fadel
DOI: https://doi.org/10.33650/jeecom.v6i2.9604



Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android dengan integrasi chatbot AI untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Karanganyar. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan mereka secara efektif dan efisien, serta mempercepat respons dari pihak desa. Aplikasi dilengkapi dengan fitur pengaduan online, pelacakan status pengaduan, dan chatbot WhatsApp, yang diintegrasikan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan transparan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall, yang meliputi tahap analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan pengaduan masyarakat, serta memberikan solusi yang lebih terstruktur dan mudah diakses bagi warga desa

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android dengan integrasi chatbot AI untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Desa Karanganyar. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan keluhan mereka secara efektif dan efisien, serta mempercepat respons dari pihak desa. Aplikasi dilengkapi dengan fitur pengaduan online, pelacakan status pengaduan, dan chatbot WhatsApp, yang diintegrasikan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat dan transparan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall, yang meliputi tahap analisis, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan pengaduan masyarakat, serta memberikan solusi yang lebih terstruktur dan mudah diakses bagi warga desa.



Full Text:

PDF

References

Alisyahbana, T., Jenderal Ahmad Yani, J., Ulu, S. I., & Selatan, S., “Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Desa Tanjung Dalam Menggunakan Metode Fuzzy Berbasis Android.”

Aldi Saputra, A., Reza Alparizi, S., Helmi Fadhil, R., Teknologi Yogyakarta, U., “Penerapan Model Prototype pada Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Bantul Berbasis Android,” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, vol. 1, no. 5, pp. 42–47, 2023, doi:10.59435/gjmi.v1i5.127.

Permana Dany, “Implementasi Pengaduan Masyarakat pada Kantor Kelurahan Taman Bunga Berbasis Android,” 2023.

Helmi Ismail, Haris Triono Sigit, “Aplikasi Laporan Pengaduan Fasilitas Umum Kota Serang Berbasis Android,” 2021.

Putri Gunawan, S. E. R., & Hertati, D., “Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Wargaku Berbasis Android di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya,” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, vol. 22, no. 3, p. 1360, 2022, doi:10.33087/jiubj.v22i3.2462.

Rizki Maulana Hamzah, S. M., “Layanan Pengaduan Kerusakan Penerangan Jalan Umum Menggunakan Kode QR dan Chat Otomatis Dinas Perhubungan,” 2024.

Ardiansyah, A., “Pendampingan Perancangan Chatbot Sebagai Media Interaktif dalam Menghadapi Tantangan Era Digitalisasi,” Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, vol. 2, no. 1, pp. 44–55, 2023, doi:10.34312/ljpmt.v2i1.18078.

Anggun Fergina, G. P. I. S. A. E. N., “Sistem Informasi Publik e-Lapor Pengaduan Masyarakat di Kelurahan Sriwidari Menggunakan CRM Berbasis Android,” 2023.

Ardiansyah, A., “Pendampingan Perancangan Chatbot Sebagai Media Interaktif dalam Menghadapi Tantangan Era Digitalisasi,” Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, vol. 2, no. 1, pp. 44–55, 2023, doi:10.34312/ljpmt.v2i1.18078.

Karim, A. B., & Fachrie, M., “Perancangan Sistem Pengaduan Masyarakat Berbasis Mobile (Studi Kasus: Kabupaten Banjarnegara),” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 65–75, 2024, doi:10.47233/jteksis.v6i1.1101.

Ratrie Lara Ditha, S. T. F., “Rancang Bangun Aplikasi Layanan Pengaduan pada Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Berbasis Android Menggunakan Android Studio,” 2023.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jeecom.v6i2.9604


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Moh Fadel

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM)
Published by LP3M Nurul Jadid University, Indonesia, Probolinggo, East Java, Indonesia.