URGENSI PENGEMBANGAN DIRI DALAM MEMPERTAHANKAN PERAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH DI ERA AI MENURUT AL-QUR’AN
Authors (s)
(1) * Ulfatul Hasanah  

        Indonesia
(2)  Abd. Basid   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractPerkemabangan teknologi yang semakin cepat dan meluas terutama dalam menghadapi mesin kecerdasan buatan (artificial intelligence (AI)) sangat memberikan tantangan kepada setiap individu—yang diprediksi dapat menggantikan jutaan pekerjaan manusia dan dapat menggeser peran manusia sebagai khalifah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang urgensi pengembangan diri manusia dalam mempertahankan peran manusia sebagai khalifah di di era AI. Dalam penelitian ini, metode yang gunakan adalah metode kualitatif berbasis studi kepustakaan (library research) dan menggunakan pendekatan tafsir tematik (tafsir maudu’i), hingga akhirnya menyoroti relevansi konsep khalifah dalam Al-Qur’an, khususnya ayat-ayat seperti QS. Al-Baqarah [2]: 30, QS. Sad [38]: 16, dan QS. Al-Ra’d [13]: 11, dan QS. Al-Hashr [59]: 18 sebagai dalil untukk menyoroti relevensi pengembangan diri manusia dengan AI. Penelitian ini mengungkapkan bahwa perkembangan AI membawa dua sisi kontras antara tantangan besar terhadap peran manusia sebagai pemimpin di muka bumi dan peluang untuk membantu memudahkan manusia dalam menjalankan aktifitasnya jika digunakan dengan bijak. Untuk mengatasi tantangan perkembangan AI ini, penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mempertahankan peran manusia sebagai khalifah di era AI manusia perlu mengembangkan kompetensi dan moralitas dengan landasan nilai-nilai Al-Qur’an, yaitu bahwa pengelolaan AI yang bijak hanya dapat dicapai melalui pengembangan diri berbasis ajaran Al-Qur’an guna menjaga keseimbangan antara teknologi dan etika.
|
Keywords
Artificial Intelligence, Khalifah, Pengembangan Diri, Al-Qur’an
Full Text: PDF
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mas'ud Ubaidillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This ejournal system and it's contents licensed under
a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License