Pengaruh Penerapan Model Ekspositori dan SOLE (Self Organized Learning Environment) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
AbstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran ekspositori dan SOLE (Self Organized Learning Environment) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Nurul Jadid pada materi pecahan, serta untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran tersebut. Pada penelitian ini peneliti menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design yaitu dengan cara memberikan dua perlakuan yang berbeda pada dua kelompok siswa. Rancangan penelitian akan diterapkan pada dua kelompok siswa yang berbeda, yakni pada kelas eksperimen dan juga kelas kontrol yang berbentuk non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapankan model pembelajaran SOLE lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan penyajian data, analisis data, pengujian hipotesis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran SOLE dan ekspositori dengan hasil belajar siswa. Selain itu nilai koefisien korelasi pada pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,839 dan 0,800 dan hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Disimpulkan bahwa ditolak dan diterima dan bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara model pembelajaran SOLE dan ekspositori dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang positif.
|
Keywords
Full Text:
References
T. K. Rachmawati, "Pengaruh Metode Ekspositori pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam," JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), vol. 5, no. 1, pp. 51-56, 2018.
A. R. Tibahary and Muliana, "Model-Model Pembelajaran Inovatif," Scolae: Journal of Pedagogy, vol. 1, no. 1, pp. 54-64, 2018.
L. Asmawati, S. Hidayat and C. Atikah, "Penerapan Model Pembelajaran Self Organizing Learning Environment (Sole) Terhadap Kemampuan Literasi Guru PAUD," KWANGSAN: Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 9, no. 1, pp. 90-106, 2021.
H. S. Zainuri and K. M. Parapat, "Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran IPS di SD/MI," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 32503-32508, 2023.
I. M. Suweta, "Model Pembelajaran Ekspository sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kepariwisataan," Journal of Education Action Research , vol. 4, no. 4, pp. 467-472, 2020.
A. Suratman, R. Rakhmasari and D. Apyaman, "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa," Jurnal Analisa , vol. 5, no. 1, pp. 41-50, 2019.
P. Hidayati, Syafrizal and Fadriati, "Analisis Faktor Penyebab Rendahnyanya Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar," Limas PGMI: Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 4, no. 1, pp. 46-58, 2023.
M. A. Nur, "Pengaruh Keterlibatan Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 22 Kabupaten Gowa," Jurnal Equation: Teorri dan Penelitian Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 52-59, 2022.
R. Patonah, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Metode Diskursus Multy Reprecentacy (DMR)," Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 6, no. 2, pp. 83-88, 2019.
P. Hevriansyah and P. Megawanti, "Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika," JKPM ((Jurnal Kajian Pendidikan Matematika)), vol. 2, no. 1, pp. 37-44, 2019.
E. Susilawati and Agustinasari, "Pengembangan Lembar Observasi Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik," in Seminar Nasional Taman Siswa Bima Tahun 2020, Bima, 2020.
S. A. Putri and Ardi, "Meta-Analisis Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL)," Jurnal Pendidikan Tambusai , vol. 7, no. 2, pp. 14243-14249, 2023.
B. W. Ningsih and S. Istiningsih, "Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Membaca Muatan Materi Bahasa Indonesia," Journal of Classroom Action Research , vol. 4, no. 3, pp. 128-132, 2022.
M. Waruwu, "Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method)," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2896-2910, 2023.
Refbacks
- There are currently no refbacks.