Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif menggunakan Aplikasi CapCut dan Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa
AbstractPenelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan produk media video pembelajaran berbasis aplikasi CapCut dan Canva untuk mendukung efektivitas pembelajaran dan mengubah persepsi peserta didik terhadap matematika, khususnya pada materi fungsi kuadrat kelas IX semester Ganjil di MTsN 01 Probolinggo. Model ADDIE digunakan untuk mengembangkan media ini, yang terdiri dari lima tahap utama: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan), dan Evaluation (evaluasi). Pengembangan ini dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa kelas IX dalam memahami materi tersebut. Proses pengembangan meliputi tiga tahap utama: persiapan, produksi, dan pasca-produksi. Setelah produksi, media ini diuji oleh ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, serta melalui storyboard, dan kemudian diujicobakan kepada siswa. Hasil test terhadap 18 siswa kelas IX menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar. Nilai rata-rata pretest sebesar 36.67% meningkat menjadi 70% pada posttest, yang menunjukkan efektivitas penggunaan video pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. |
Keywords
Full Text:
References
N. A. L. Sidabutar e Reflina, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMA dengan Aplikasi Animakerpada Materi Vektor,” Jurnal Pendidikan Matematika, p. 2, 2022.
F. Fitri e Ardipal, “Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” Research & LearninginElementary Education, p. 3, 2021.
I. Salsabila, F. Yuanta e Y. Popiyanto, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi,” Program studi pendidikan guru sekolah dasar, p. 2, 2024.
Y. A. Yanti, A. Buchori e A. A. Nugroho, “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom di Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, p. 383, 2019.
A. Rustandi e Rismayanti, “Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda,” p. 58.
R. Sulistyaningsih, A. G. Wicaksono e M. Mustofa, “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS VA,” educational learning and innovation, p. 241, 2023.
T. D. Kurnia, C. Lati, H. Fauziah e A. Trihanton, “MODEL ADDIE UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERBANTUAN 3D PAGEFLIP,” p. 521.
P. T. Aditya, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBPADA MATERI LINGKARAN BAGI SISWA KELAS VIII,” jurnal matematika,statistika,dan komputasi, p. 67, 2018.
I. G. A. N. T. Jayantika e N. M. Putri Andini, “Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika,” jurnal edukasi matematika dan sains, p. 86, 2022.
Ratnawati, S. R. Putri e D. Irsanti, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR,” urnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, p. 314, 2024.
Refbacks
- There are currently no refbacks.