Pengaruh Kehadiran Siswa Terhadap Hasil belajar Matematika Kelas XII SMK Raudlatul Jannah Pelajaran 2024/2025
AbstractABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas XII SMK Raudlatul Jannah Tahun Pelajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil Ujian Tengah Semester (UTS), diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Selain itu, data absensi menunjukkan bahwa persentase ketidakhadiran siswa mengalami fluktuasi, sehingga proses pembelajaran tidak berlangsung secara optimal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Raudlatul Jannah Tahun Pelajaran 2024/2025. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji normalitas dan linearitas, kemudian dilanjutkan dengan uji regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh kehadiran terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan hubungan antar variabel bersifat linear. Nilai sebesar 2,12 lebih besar dari sebesar 1,71, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kehadiran siswa terhadap hasil belajar matematika kelas XII SMK Raudlatul Jannah Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata Kunci: Kehadiran Siswa, Hasil Belajar Matematika. ABSTRACT This research is motivated by the problems found in class XII of SMK Raudlatul Jannah in the 2024/2025 Academic Year. Based on the results of the Mid-Semester Exam (UTS), it is known that students' mathematics learning outcomes are still relatively low. In addition, attendance data shows that the percentage of student absences fluctuates, so that the learning process does not take place optimally. The population in this study were all students of class XII of SMK Raudlatul Jannah in the 2024/2025 Academic Year. The sampling technique used was simple random sampling. This study uses a quantitative approach with normality and linearity tests, then continued with a simple linear regression test to determine the effect of attendance on mathematics learning outcomes. The results of the analysis show that the data is normally distributed and the relationship between variables is linear. The value of 2.12 is greater than the of 1.71, so H₀ is rejected and H₁ is accepted. Thus, it can be concluded that there is a significant influence between student attendance and mathematics learning outcomes of class XII SMK Raudlatul Jannah in the 2024/2025 Academic Year. Keywords: Student Attendance, Mathematics Learning Outcomes.
|
Full Text:
References
T. R. Melliani, “Pengaruh Kehadiran Siswa Terhadap Hasil belajar Matematika,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no 6, p. 8975, 2022.
A. Zainuddin e L. Mulyani, “Kehadiran Siswa dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar di Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas,” Jurnal Pendidikan, vol. 11, no. 3, p. 90–97, 2022.
S. Yuliana, “Hubungan Antara Kehadiran dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 33-40, 2020.
R. Handayani, “Pengaruh Kehadiran Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Semarang,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 2, pp. 45–52,, 2021.
E. M. S. J. Y. O. &. K. A. H. Tawa, “PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KARAKTERISTIK GURU MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA.,” Ilmiah Kependidikan, pp. 165-173, 2024.
R. N. Khusna, “PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEHADIRAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MOJOSONGO,” no 4.
M. Fitria, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketidakhadiran Siswa dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, vol. 10, no. 1, p. 12–20, 2021.
S. S. A. A. H. H. F. W. &. H. Z. Hidayah, “ Pendampingan belajar matematika menggunakan media pembelajaran berbasis game android.,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, pp. 812-818, 2022.
H. Syahrizal1, “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” Jurnal Pendidikan, pp. 13-23, 2023.
D. Prasetyo, “Kontribusi Disiplin Kehadiran terhadap Peningkatan Nilai Matematika Siswa,” Jurnal Evaluasi Pendidikan, vol. 4, no. 2, p. 78–85, 2023.
Refbacks
- There are currently no refbacks.