Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linier Lanjutan

Hullyatul Badi'a, Ira Yulita, Moh. Syadidul Itqan




Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melauli pendekatan ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Aljabar Linier lanjutan. Penelitian ini dilakukan terhadap 36 mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Nurul Jadid, dengan menggunakan sampel jenuh. Data dikumpulkan memelalui instrumen angket kecemasan matematika, sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk megetahui kevalidan dan kekonsistenan instrumen. Dalam teknik analisis data. sebelum melakukan uji regresi linier sederhana, dilakukan uji normalitas dan uji liniearitas untuk mengetahui data tersebut normal dan linier atau tidak. Selanjutnya diperoleh hasil analisis regresi, yakni terdapat pengaruh signifikan antara kecemasan matematika siswa terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier lanjutan. Dengan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,302, sehingga diperoleh bahwa hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh kecemasan matematis sebasar 30,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh factor lainnya.

ABSTRACT

This study is a quantitative research using an ex post facto approach. The purpose of this research is to determine the effect of mathematics anxiety on students' learning outcomes in the Advanced Linear Algebra course. The research was conducted on 36 third-semester students of the Mathematics Education Study Program at Nurul Jadid University, using a saturated sampling technique. Data were collected through a mathematics anxiety questionnaire. Before the instrument was used, validity and reliability tests were conducted to determine the instrument's accuracy and consistency. In the data analysis technique, before conducting a simple linear regression test, normality and linearity tests were carried out to determine whether the data were normally distributed and linear. The results of the regression analysis showed that there was a significant effect of students' mathematics anxiety on their learning outcomes in the Advanced Linear Algebra course. The coefficient of determination (R square) obtained was 0.302, indicating that students' learning outcomes were influenced by mathematics anxiety by 30.2%, while the remaining 69.8% was explained by other factors.



Keywords

mathematics anxiety, learning out comes, linear algebra

Full Text:

PDF

References

REFERENSI

Husnaidah, M., Hrp, M. S., & Sofiyah, K. (2024). Konsep Dasar Matematika Fondasi Untuk Berpikir Logis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(12).

Nurhaswinda, N., Fitriah, N. U., Aini, A. F., & Natasya, Z. (2025). Penerapan aljabar linear dalam pemodelan sistem dinamis. Cahaya Pelita: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 82-85.

Jalal, N. M. (2020). Kecemasan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 257-258.

Handayani, S. D. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap pemahaman konsep matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).

Putra, A., & Yulanda, Y. (2021). Kecemasan matematika siswa dan pengaruhnya: systematic literature review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 15(1), 1-14.

Mukti, N., Sridana, N., Triutami, T. W., & Sarjana, K. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2324-2332.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23.

Deny, M., & Darwis, D. (2023). hubungan pola makan dengan kejadian hipertensi. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(2).

Friantini, R. N., Pancarita, P., Winata, R., & Rizaldi, M. (2024). Pengaruh Stres Akademik Dan Kecemasan Matematis Mahasiswa Baru Terhadap Prestasi Mata Kuliah Aljabar. JURNAL e-DuMath, 10(1), 38-46.

Selasih, A. A. C. (2024). Pengaruh Kecemasan Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 5(2), 95-102.




Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 
 
NJME: Numerical Journal of Mathematics and Its Education
Published by Department of Mathematics Education, Universitas Nurul Jadid
PP. Nurul Jadid, Karanganyar, Paiton, Probolinggo, East Java, Indonesia, 67291