MANAJEMEN EKONOMI MANDIRI PONDOK PESANTREN DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN

DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v3i1.538

Authors (s)


(1) * Moh Rifa'i   (Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pondok Pesantren memiliki kewajiban meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi para penggunanya. Hal itu dapat dilakukan dengan adanya dukungan kemandirian pada sektor perekonomian yang kontributif. Layanan pendidikan yang berkualitas membutuhkan dana yang cukup. Fenomena tersebut dapat kita rasakan sampai detik ini. Kenapa demikian?, karena kemandirian ekonomi yang baik pada suatu lembaga pendidikan dapat memberikan kontribusi besar terhadap terwujudnya kelengkapan fasilitas-fasilitas pendidikan yang bahkan tidak dapat diadakan dengan hanya mengandalkan keterbatasan sumbangan pendidikan dari para peserta didik. Dan kelengkapan fasilitas tersebut realitanya dapat meningkatkan layanan dan menjadikan peserta didik berkualitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan-pendekatan campuran untuk mendapatkan data yang diperlukan sehingga ditemukan hasil penelitian yang autentik. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kualitas layanan pendidikan dapat diwujudkan dengan strategi memandirikan perekonomian yang ada dengan melibatkan berbagai aspek sumber daya yang ada sehingga dapat memberikan kontribusi besar terhadap kebutuhan layanan pendidikan yang berkualitas




Full Text: PDF



References


A. Karim, Adiwarman. Ekonomi Islam (Suatu Kajian Kontemporer), Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

Alma, Buchari. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan (Fokus pada Mutu dan Layanan Prima), Bandung: Alfabeta, 2009.

Alifahmi, Hifni. Sinergi Integrasi Iklan, Komunikasi, Public Relations, Pemasaran dan Promosi, Bandung: Mizan Media Utama, 2005.

Arcaro, Jerome S. Pendidikan Berbasis Mutu (Prinsip-prinsipPerumusan dan Tata Langkah Penerapannya),Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Arcaro, Jerome S. Pendidikan Berbasis Mutu (Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapannya), Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Brampston Small Business Enterprice Centre, SBEC (Start Strengthen Succed).

Fattah, Nanang. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Ferrazzi, Keith & Raz, Tahl. Never Eat Alone (Bermacam Rahasia Sukses dan Kiat Menjalin Jejaring), Jakarta Selatan: GagasMedia, 2011.

Finklestein, Ron. 49 Successful Marketing Secrets (Strategi Pemasaran Taktis Menuju Peningkatan Penjualan yang Draktis), Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer (Kelompok Gramedia), 2007.

Graham Hooley, John Saunders, & Nigel Piercy, dkk. Marketing Strategy and Competitive Positioning, Third Edition, FT. Prentice Hall (Financial Time) Pearson Education, 2004.

Hadawi Tehrani, Mahdi. Maktab wa Nizhâm Iqtishâdi Islâm, (Nainawa, 1383).

Hadis, Abdul & Nurhajati B. Manajemen Mutu Pendidikan, Bandung: CV. Alfabeta, 2014.

IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia) http://www.iaei-pusat.org/article/kiat-bisnis/mewujudkan-kemandirian-ekonomi-umat--1?language=id. 25 september 2013, 0nline 04 Maret 2019, 04.32.

Ikhwan, Afiful. Model Organisasi yang Ideal Bagi Perguruan, Jurnal Edukasi, Volume 02, Nomor 01 , Juni 20 14: 401 -41 1 Model STAI Muhammadiyah Tulungagung, 2014.


Article View

Abstract views : 1118 times | PDF files viewed : 849 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v3i1.538


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Moh Rifa'i

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.