ETIKA DAN BISNIS PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Antoni Antoni
DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.550



Abstract

Praktek bisnis yang hadir ditengah masyarakat pada umumnya paling tidak dapat digambarkan dengan dua cara pandang, pertama doing business like a business yaitu berbisnis untuk mendapatkan manfaat ekonomi. Kedua doing business not only like a business yaitu berbisnis bukan hanya untuk motif bisnis dengan mengedepankan nilai-nilai yang etis untuk mendapatkan benefit ekonomi. Cara pandang ini melahirkan perilaku yang bersentuhan dengan prinsip keadilan dan nilai kemanusiaan. Antara perilaku bisnis yang bermoral dan a moral.

Konsep etika antara pandangan pemikir Barat dan pemikir Islam berjalan beriringan dengan nilai-nilai etisnya. Etika memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan bisnis, terlepas apakah etika umum atau etika Islam. Menurut Al-Mathuridi (w.333/944) dan Dun Scotus (w.1308) tentang moralitas, bahwa manusia memiliki dua kecenderungan yang berlawanan yaitu kasih sayang untuk keadilan (affection for justice) dan kasih sayang untuk mendapatkan keuntungan (affection for advantages).

Etika Islam merupakan filsafat moral dan ajaran yang syarat dengan nilai-nilai yang sejalan dengan prinsip keadilan dan kemanusiaan. Yang bersumber dari al-Quran, al-Sunnah, Ijtihad. Etika Islam hadir dalam lingkungan bisnis memberikan guidence dan menawarkan pendekatan-pendekatan bagaimana menjalankan bisnis yang mendukung tercapainya motif ekonomi para pelaku bisnis tanpa harus mengesampingkan nilai-nilai etik yang dipegang masyarakat


Full Text:

PDF

References

Antoni. “Praktik Bisnis Syariah Usaha Dagang (UD) Toncell Mataram Ntb.” el-Hikam IX, no. 2 (2016): 423–449.

Arifin, J. “Dialektika Etika Islam Dan Etika Barat Dalam Dunia Bisnis.” Millah: Jurnal

Studi Agama (2008). AccessedNovember4, 2018.http://jurnal.uii.ac.id/Millah/article/view/269.

Bertens, K. Etika. 9th ed. Yogyakarta: Kanisius, 2013.

Çakmak, Mustafa. “Analogies between Al-Māturīdī‟s and Duns Scotus‟s Ethical Perspectives.”Islam and Christian–Muslim Relations28, no. 4 (2017): 473 –491.https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/09596410.2017.1314431.

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.

Esposito, John L. “Dunia Islam Modern.” Ensiklopedi Oxpord. Bandung: Mizan, 2002.

Fahm, Abdulgafar Olawale. “Beyond Good Practices and Standards : An Islamic Framework of Sustainable Business Practices for Corporate Organisation.”Islamic Economic Studies 25,no. 3(2018):1–18.http://platform.almanhal.com/CrossRef/Preview/?ID=2-114614.

Fraedrich, John, Othman Althawadi, and Ramin Bagherzadeh. “A ComparativeAnalysis of the UN Declaration , Global Business Compact , and Religious Morals in Determining Global Values for Business and Their Application to Islamic Marketing.” Journal of Islamic Marketing(2018).

Habibah, Syarifah. “Akhlak Dan Etika Dalam Islam.”Pesona Dasar1, no. 4 (2015):

–87.

Houdek, Petr. “Professional Identity and Dishonest Behavior.” Society54, no. 3(2017): 253–260.

van Maanen, Victoria. “Who‟s Responsible ? The Role Of Stakeholders in Promoting Ethical Business Practices.” Busidate, 2014. www.warringalpublications.com.au.

Mohd.Aji Isnaini. “Konsep Akhlak Imam Al Ghazali.” Wardah: No. 23/ Th.

XXII/Desember 2011 (2011): 205–211.

Pomeranz, Felix, and Felix Pomeranz.“Ethics : Toward Globalization.”Managerial

Auditing Journal Vol. 19, no. No. 1 (2004): 8–14.

Rattani, Abbas, and Adnan A Hyder.“Developing an Islamic Research Ethics Framework.”Journal of Religion and Health(2017).

Singer, Peter. “Ethics.”Encyclopædia Britannica, Inc.Accessed October 31, 2018.

https://www.britannica.com/topic/ethics-philosophy.

Suaedi.Pengantar Filsafat Ilmu. Edited by Nia Januarini. Bogor: IPB Press, 2016.

https://books.google.co.id.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Ilmu; Mengurai Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Pengetahuan.

Bandung: PT Remaja BosdaKarya, 2004.

Wijaya, Yahya, and Nina Mariani Noor, eds. Etika Ekonomi Dan Bisnis; PerspektifAgama-Agama Di Indonesia. Geneva: Globethics.net, 2014. www.globethics.net.

Ya‟kub, Hamzah. Etika Islam. Bandung: cv diponegoro, 1991.

“Merriam Webster.” https://www.merriam-webster.com/dictionary/moral.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v2i1.550


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Antoni Antoni

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.