DISTRIBUSI PERSPEKTIF ETIKA EKONOMI ISLAM
AbstractPenelitian ini membahas mengenai distribusi ekonomi Islam perspektif etika ekonomi Islam, yang berbeda dengan distribusi kapitalis yang berfokus kepada individu sedangkan distribusi sosisialis yang berfokus kepada kepemilikan bersama. Permasalahan yang diangkat dalam artikel ini Apakah dan bagaimanakah nilai-nilai etika yang harus ada dalam distribusi.Etika distribusi dalam ekonomi Islam adalah adalah norma-norma atau kaidah etik proses penyimpanan dan penyaluran produk kepada pelanggan berdasarkan prinsip-prinsip Islami yaitu mencari keuntungan yang wajar, distribusi yang meluas, keadilan sosial dan larangan ikhtikar. Etika distribusi yang berbasis Islam menghendaki bahwa dalam hal pendistribusian harus berdasarkan dua sendi, yaitu sendi kebebasan dan keadilan kepemilikan. |
Keywords
Full Text:
References
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2000.
Chalil, Zaki Fuad. Pemerataan Distribusi Kekayaan Dalam Ekonomi Islam. Jakarta: Erlangga, 2009.
Hakim, Lukman. "Ihtikar dan Permasalahannya Dalam Perspektif Hukum Islam." Darussalam, 2016: 328.
Nasution, Mustafa Edwin. Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Nawawi, Ibn Mu'thi Muhammad Umar. Nihayah al-Zaini Fii Arsyadi al-Mubtadiin. Bierut: Daar al-Kutub al-Ilmiyah, 2002.
Qardhawi, Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 2000.
Rahman, Afzalur. Doktrin Eknomi Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1995.
Zarqa, Ahmad bin Muhammad Al. Syarh al-Qawaid al-Fiqhiyyah. Damaskus: Dar al-Qalam, 1999.
10.33650/profit.v2i2.559 |
|
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Musthafa Syukur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.