BEYOND THE BARGAIN: EXTENDING THE UNDERSTANDING OF IMPULSE BUYING AMONG UNIVERSITY STUDENTS IN THE CONTEXT OF E-COMMERCE PLATFORMS

Noviana Ayu Lestari, Dede Rohman, Ira Triana, Rayona Hanita, Rama Wijaya Abdul Rozak, Heni Mulyani
DOI: https://doi.org/10.33650/profit.v8i2.5884



Abstract

Belanja online melalui marketplace menjadi salah satu alternatif yang populer di kalangan mahasiswa, terutama dengan kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkannya. Shopee merupakan salah satu marketplace yang banyak menawarkan kesempatan promo flash sale dan gratis ongkir yang menarik sehingga mendorong mahasiswa untuk melakukan pembelian impulsif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan wawasan baru tentang faktor-faktor yang memengaruhi perilaku impulse buying dan meningkatkan kesadaran mengenai manajemen keuangan yang baik serta memberikan kontribusi penting dalam pengembangan kebijakan yang dapat melindungi konsumen, terutama mahasiswa dari risiko keuangan yang tidak diinginkan di kalangan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan fokus pada kuesioner yang disebar secara online melalui beberapa platform sebagai alat pengumpulan data yang kemudian diolah melalui tiga tahap yaitu tabulasi data, deskripsi dan analisis, serta pembahasan. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa flash sale dan voucher gratis ongkir memiliki dampak yang signifikan dalam memotivasi mahasiswa untuk berbelanja di Shopee dan dapat menjadi faktor penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen.



Keywords

Marketplace, Shopee, Flash Sale, Gratis Ongkir, Impulse Buying

Full Text:

PDF

References

Abadi, D. L., & Sofian, S. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen terhadap Perusahaan Jasa Bus Rajawali. Diponegoro Journal of Management, 1.

Ahdiat, A. (2023, January 31). Teknologi & Telekomunikasi. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022

Campbell, D. E. (1995). ncentives: Motivation and the Economics of Information. Cambridge University Press.

Eagly, A. H., & Wood, W. (2012). Social Role Theory . Theories of Social Psychology, 458-476.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa).

Hudaya, A. (2020). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Niat Pembelian Kembali pada Private Label. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 65.

Renita, I., & Astuti, B. (2022). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif dan Shopping Enjoyment pada Mahasiswa di Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 110.

Rusni, A., & Solihin, A. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Diskon Harga, dan Tagline "Gratis Ongkir" terhadap Keputusan Pembelian Impulsif secara Online di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

Saebah, N., & Layaman. (2020). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir terhadap Impulse Buying dengan Flash Sale sebagAI Variabel Intervening pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 12.

Simanjuntak, O. d. (2022). Pengaruh Flash Sale Promotion dan Diskon terhadap Online Impulse Buying. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Sukirno, S. (2021). Mikroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/profit.v8i2.5884


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Noviana Ayu Lestari

 



Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Profit : Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.