A. T. Pasaribu, D. Octafriyanda, R. Hutagaol, A. Yuhdi, and A. Puteri, “Merdeka Belajar: Mewujudkan Pendidikan Berkualitas Melalui Kampus Merdeka di Universitas Negeri Medan,” J. Intelek Dan Cendikiawan Nusant., vol. 1, no. 3, pp. 3183–3190, 2024.
A. Jufriadi, C. Huda, S. D. Aji, H. Y. Pratiwi, and H. D. Ayu, “Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka,” J. Pendidik. Dan Kebud., vol. 7, no. 1, pp. 39–53, 2022.
H. Muzakki, “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk Meningkatkan Daya Saing Mahasiswa di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,” Southeast Asian J. Islam. Educ. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 165–184, 2023.
M. M. E. I. Bali and Chairunniza’, “Interaksi Edukatif Pendidikan Islam Perspektif Buya Hamka dalam Menghadapi Society Era,” Manag. Indones. J. Educ. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 62–76, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.permapendis.org/index.php/managere/article/view/28
A. Qurtubi, B. A. Rukiyanto, N. G. A. L. Rusmayani, I. P. A. D. Hita, N. Nurzaima, and R. Ismaya, “Pengembangan Metode Penilaian Kinerja Guru Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi,” J. Rev. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 3051–3061, 2023.
S. P. Setyadika, F. E. M. Putri, and D. A. N. Subekti, “Tinjauan Kritis Urgensi Kewirausahaan: Membangun Jiwa dan Mindset Kewirausahaan memasuki Era Social Society 5.0,” J. Soc. Soc., vol. 4, no. 1, pp. 23–35, 2024.
H. Rengganawati, S. Widiawati, A. Salim, and I. Hermawan, “Peningkatan Keterampilan dan Kesadaran Masyarakat Tenjolaya Melalui Pendekatan Komprehensif Untuk Efisiensi,” Darma Abdi Karya, vol. 3, no. 1, pp. 43–63, 2024.
B. Irawan, N. R. Wahyuddin, A. B. Sinaga, S. Suesilowati, and T. Tjahyanto, “Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Terakreditasi Sinta,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 4435–4441, 2023.
A. A. Azelia and H. Azzahra, “Analisis Efektivitas Implementasi Program MSIB Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Perguruan Tinggi Indonesia,” Inov. Makro Ekon., vol. 6, no. 3, 2024.
A. Irawan and H. Suharyati, “Analisis Dampak Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi: Literatur Review,” Res. Dev. J. Educ., vol. 9, no. 2, pp. 1116–1123, 2023.
E. Insani, F. Rozi, and H. Asy’ari, “Program MBKM Santri sebagai Pondasi Penguatan Nilai Religius di Era Society 5.0,” Tarb. Wa Ta’lim J. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 10, no. 1, pp. 59–69, 2023, doi: 10.21093/twt.v10i1.5617.
F. Firdausia, “Magang MBKM Sebagai Sarana Meningkatkan Adaptabilitas Karir Mahasiswa Teknik Mesin,” in Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 2024, pp. 42–54.
M. M. E. I. Bali and H. B. Hajriyah, “Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0,” MOMENTUM J. Sos. dan Keagamaan, vol. 9, no. 1, pp. 42–62, 2020, doi: 10.14421/jpai.2019.161-01.
L. D. Sanga and Y. Wangdra, “Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa,” in Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 2023, pp. 84–90.
K. Rahman, A. H. Wahid, I. Afandi, M. M. E. I. Bali, and L. Hakim, “Effectiveness of Teams Teaching-Hybrid Learning (TTHL) in Higher Education,” in WESTECH, European Alliance for Innovation n.o., 2019, pp. 1–6. doi: 10.4108/eai.8-12-2018.2284036.
K. Marlin, E. Tantrisna, B. Mardikawati, R. Anggraini, and E. Susilawati, “Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 6, pp. 5192–5201, 2023.
M. M. E. I. Bali and D. Astutik, “Online Learning Impressions on Students’ Psychology at Madrasah Ibtidaiyah,” Indones. J. Islam. Educ. Stud., vol. 6, no. 1, pp. 50–63, 2023.
R. Sari, S. Indra, and J. Andriyani, “Analysis of the Role and Strategies of Public Speaking in Building Self-Confidence,” An-Nadwah, vol. 30, no. 1, 2024.
F. Farikhin, A. S. Hamdani, and I. Soraya, “Fleksibilitas asynchronous learning berbasis android sebagai inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SEKOLAH MENENGAH PERTAMA,” Intelekt. J. Pendidik. Dan Stud. Keislam., vol. 12, no. 2, pp. 101–112, 2022.
H. Juliansyah, C. P. M. Sari, and U. Usman, “Workshop dan Pendampingan PKM Dalam Upaya Optimalisasi Program Kreativitas Mahasiswa,” J. Pengabdi. Ekon. Dan Sos., vol. 3, no. 1, pp. 37–42, 2024.
D. Nugraha, M. Zaenudin, and S. Faizah, “Pengembangan Diri Dalam Standardisasi Dunia Usaha Dan Industri Melalui Kegiatan Talkshow,” J. Abdi Insa., vol. 10, no. 3, pp. 1616–1627, 2023.
A.-T. A. L. I. M. Journal, K. Rahman, L. Setiawati, and F. Rozi, “Santri MBKM ( Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ) Program in Development Self-Student,” vol. 30, no. 1, pp. 24–34, 2023, doi: 10.15548/jt.v30i1.800.
G. P. Listianto, S. Saragih, and Y. Prasetyo, “Kesiapan kerja pada mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana peranan efikasi diri?,” Inn. J. Psychol. Res., vol. 3, no. 3, pp. 460–470, 2023.
M. I. Syafi’i, “Analisis Konseptual Dasar Ilmu Pendidikan dalam Teori Pembelajaran Modern,” J. Ilmu Pendidik. Sos., vol. 1, no. 3, pp. 117–122, 2023.
R. Akbar and G. Hendrastomo, “Dinamika dalam Relasi Sosial Tim UNY Esport,” J. Perspekt., vol. 7, no. 2, pp. 331–340, 2024.
N. R. Tonji, N. A. Tobuto, M. H. Fitro, and N. P. Solong, “Analisis Setting Sosial dalam Penyusunan Bahan Ajar PAI di SMA Negeri 2 Limboto Kabupaten Gorontalo,” Konstr. J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 16, no. 2, pp. 359–370, 2024.
P. Komarudin, A. Maulana, I. N. Nabilla, D. Permatasari, and R. B. Esthi, “Berbagi Pengetahuan mengenai Menghadapi Tantangan dan Menciptakan Kesempatan Baru Perubahan dalam Organisasi melalui Webinar PKM,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Tunas Membangun, vol. 4, no. 2, pp. 51–58, 2024.
R. A. Susianita and L. P. Riani, “Pendidikan Sebagai Kunci Utama Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Ke Dunia Kerja Di Era Globalisasi,” Pros. Pendidik. Ekon., pp. 1–12, 2024.
M. Kholil, M. M. E. I. Bali, and S. Fatimah, “Urgensi Pengembangan Karakter Mandiri dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral melalui Pembelajaran Daring,” Muróbbî J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 273–288, 2021, doi: https://doi.org/10.52431/murobbi.v5i2.439.
E. Hasanah, M. I. Al Ghazi, and M. I. Al Badar, “Aspek positif di kampus merdeka: perspektif mahasiswa keguruan,” Acad. Educ. J., vol. 15, no. 2, pp. 1135–1144, 2024.
T. B. Sembiring, R. D. D. L. P. Dewi, R. M. D. Gugat, W. D. Febrian, A. Amrizal, and A. Ansori, “Peningkatan Kapasitas Dosen Dalam Pendidikan Berbasis Teknologi: Workshop Dan Pelatihan Mendalam,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 581–590, 2024.
C. N. Wati, Y. L. Sukestiyarno, D. Y. P. Sugiharto, and S. E. Pramono, “Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022, pp. 202–207.
P. Radyuli, R. Sefriani, and L. Fitria, “Seminar MBKM Untuk Kesiapan Mahasiswa PLI FKIP UPI Yptk Padang,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 40–44, 2022.
M. M. E. I. Bali, M. P. Kumalasani, and D. Yunilasari, “Artificial Intelligence in Higher Education: Perspicacity Relation between Educators and Students,” J. Innov. Educ. Cult. Res., vol. 3, no. 2, pp. 146–152, 2022, doi: 10.46843/jiecr.v3i2.88.
Y. Bala and F. Paputungan, “Konsep Individualisasi Pada Mahasiswa Era 4 . 0,” Educ. Cult., vol. 04, pp. 1–10, 2024.
N. N. Nofia, “Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan ‘ Merdeka Belajar Kampus Merdeka ’ Pada Perguruan Tinggi Islam Negeri Di Indonesia,” PRODU Prokurasi Edukasi-Jurnal Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, pp. 61–72, 2020.
Z. M. Sulaeman, A. Nurlaeli, and S. Ma’shum, “Implemetasi Kurikulum Pusat Keunggulan Melalui Program Magang Industri di SMK 1 Cikarang Selatan,” Indones. Res. J. Educ., vol. 4, pp. 29–35, 2024.
S. Putra et al., “Dimensi Soft Skill Generasi Z Di Dunia Hospitaliti : Membangun Keunggulan Kompetitif Dengan Critical Thinking , Creativity , Dan Problem Solving,” J. Bisnis Hosp., vol. 13, no. 1, pp. 78–88, 2024, doi: 10.52352/jbh.v13i1.1382.
A. Maftuhin and S. Aminah, “Universitas Inklusif : Kisah Sukses Atau Gagal ?,” J. Disabil. Stud. Vol., vol. 7, no. 2, pp. 293–320, 2020, doi: 10.14421/ijds.070206.
A. M. Ahyar and E. Zumrotun, “Upaya Meningkatkan Budaya Literasi di Sekola Dasar Melalui Implementasi Progam Kampus Mengajar,” J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 2, pp. 291–301, 2023.
D. Muhammad, “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 1265–1271, 2023.
I. Nurhaida, A. Windah, and N. Yudha, “Transforming Learning Paradigms : Active Collaboration and Participation through the Teaching Practitioner Program Dissemination Transformasi Paradigma Pembelajaran : Kolaborasi dan Partisipasi Aktif Melalui Sosialisasi Program Praktisi Mengajar,” Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 5, pp. 1315–1325, 2023.
H. S. Ahmad and A.Sobandi, “Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Minat dan Kendala,” Soshum Insentif, vol. 6, no. 1, pp. 46–61, 2023.
N. Sintiawati, S. R. Fajarwati, A. Mulyanto, K. Muttaqien, and M. Suherman, “Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 902–915, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2036.
A. O. Safitri, V. D. Yunianti, and D. Rostika, “Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),” Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7096–7106, 2022.
K. Hakikih and H. K. Kewuel, “Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Kartu Indonesia Pintar Kuliah sebagai Sarana Pemberdayaan Mahasiswa :,” Penelit. Ilmu Sos., vol. 4, no. 3, pp. 8–15, 2024.
A. Jufri and R. Harfiani, “Dampak Pembelajaran Lintas Jurusan pada Program PMM-MBKM,” Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 625–632, 2024.
A. M. Ma’arifah and D. Utami, “Rasionalitas Mahasiswa Memilih Magang Dalam Program MISB ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya ),” Ilmu Sos., vol. 13, no. 3, pp. 151–160, 2024.