Ahmad, F. (2017). Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifan Lokal dalam Praktik Sosial di Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo Jawa Timur. Proceedings Ancoms 1St Annual Conference For Muslim Scholars, (110), 715–725.
Aprilianto, A., & Arif, M. (2019). Pendidikan Islam dan Tantangan Multikultural: Tinjauan Filosofis. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 279–289. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.339
Azzet, K. M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224–243.
Dakir, D. (2017). Pengelolaan Budaya Inklusif Berbasis Nilai Belom Bahadat Pada Huma Betang dan Transformasi Sosial Masyarakat Dayak Kalimantan Tengah. Religió: Jurnal Studi Agama-Agama, 7(1), 28–54. https://doi.org/10.15642/religio.v7i1.707
Dakir, D., & Anwar, H. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren sebagai Core Value dalam Menjaga Moderasi Islam di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 495–517. https://doi.org/10.33852/JURNALIN.V3I2.155
Fadjar, M. (2005). Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.
Farikah. (2019). Developing The Students’ Character through Literacy Activities in A Child-Friendly School Model. Dinamika Ilmu, 19(2), 187–196.
Fathoni M. (2015). Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional: Paradigma Baru. Jakarta: Departemen Agama RI: Direktorat Kelembagaan Agama Islam.
Fauzi, A. (2018a). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam (Mengurai Benang Kusut Pengelolaan Pendidikan Islam dari Pendekatan Filosofis menuju Praktis). Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Fauzi, A. (2018b). Konstruksi Pendidikan Pesantren; Diskursus terhadap Fundamentalisme dan Liberalisme dalam Islam. Al-Tahrir IAIN Ponorogo, 18(1), 89–114.
Hidayati, N. (2016). Konsep Pendidikan Islam Berwawasan Multikulturalisme Perspektif HAR. Tilaar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–24.
Hidayatullah, S. (2016). Developing of Multiculturalism in the Pesantren: Study on KH Abdul Muhaimin and the Pesantren of Nurul Ummahaat. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 305–324. https://doi.org/10.14421/jpi.2016.52.305-324
Kadek Yudiana, I., & Pardi, W. (2017). Analisis Kerukunan Antar Umat Beragama pada Masyarakat Multikultur di Ujung Timur Pulau Jawa (Studi Kasus di Desa Patoman, Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6(2), 147–158.
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter:Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Maskawaih, I. (1976). Tazib Al Akhlak wa Tazhir Al araq. Kairo: Muassasat Al Khaniji.
Muhadjir, N. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Take Sarasin.
Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution. (2014). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Patton, M. (1980). Qualitative Evaluation Methods. Beverly Hills: SAGE Publication.
Riyanta, T. (2016). Mengembangkan Budaya Mutu Sekolah melalui Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(2), 37–48.
Sagala, S. (2008). Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sakerani, Imron, A., Djatmika, E. T., & Arifin, I. (2019). The Impact of Principal Leadership on Teacher Motivation and Performance: A Mixed Method Approach. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(10), 312–334.
Saleh, A. R. (2004). Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiawan, E. (2017). Pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Prinsip Pendidikan Islam Multikultural Berwawasan Keindonesiaan. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–14.
Sidi, I. D. (2001). Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Suyatno. (2015). Sekolah Dasar Islam Terpadu dalam Konsepsi Kelas Menengah Muslim Indonesia. Analisa Journal of Social Science and Religion, 22(1), 121–133.
Yusuf, I. (2014). Ismail al-Faruqi’s Contribution to the Academic Study of Religion. Islamic Studies, 53(1), 99–115.