Anisa, Koirun. (2019). “Kesetaraan Gender dalam Pembagian Harta Waris Anak Perempuan dan Anak Laki-Laki Perspektif Tokoh Masyarakat: Studi Kasus di Desa Slendro Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen”, Skripsi, Surakarta: Jurusan Ahwal al-Syakhsiyyah, Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta.
An-Na‘im, Abdullahi Ahmed. (1990). “Human Rights in the Muslim World: Socio-Political Conditions and Scriptural Imperatives”, Harvard Human Rights Journal 3, 17-20, https://scholarblogs.emory.edu/aannaim/cv/.
An-Na‘im, Abdullahi Ahmed. (1990). Toward an Islamic Reformation: Civil Liberties, Human Rights and International Law, Syracuse: Syracuse University Press.
An-Na‘im, Abdullahi Ahmed. (1997). “The Contingent Universality of Human Rights: The Case of Freedom of Expression in African and Islamic Contexts”, Emory International Law Review, 10 (3), 40-50, https://scholarblogs.emory.edu/aannaim/cv/.
Anwar, Azka. (2017). “Studi Kasus Putusan Nomor 92/Pdt.G/2009/Pa-Mdn tentang Pembagian Warisan Sama Rata Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan”, JIM Bidang Hukum Keperdataan, 1 (2), 35.
Aslamah, Zakiyah Nur. (2018). “Pembagian Sama Rata Harta Waris bagi Anak Perempuan dan Anak Laki-laki Perspektif Hukum Islam”, Skripsi, Malang: Jurusan Akhwal al-Syakhsiyyah, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Maliki.
Dahlan, Moh. (2006). Epistemologi Hukum Islam: Studi Atas Pemikiran Abdullahi Ahmed An-Na’im, Yogyakarta: Disertasi S-3 UIN Sunan Kalijaga, 2006.
Fadilah, Intan Laili Susi Nur. (2015). “Pembaruan Hukum Kewarisan Islam: Studi Pemikiran Munawir Sjadzali dan Muhammad Shahrur”, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto, http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/624
Haneef, Sayed Sikandar Shah. Yunus, Saidatolakma bt Mohd. dan al-Fijawi, Mohammed Farid Ali. (2018). “Muslim Feminists’ Reading of The Quran: A Juristic Analysis on Family Law Issues”, Mazahib: Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 17 (1), 7, http://dx.doi.org/10.21093/mj.v17i1.1056
Harmonis, (2016). “Sistem Penyiaran Syariah: Studi Eksploratif Konseptual”, Al-Risalah: Forum Kajian Hukum dan Sosial Kemasyarakatan, 16 (1), 121, e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/arrisalah.
Haryatmoko. (2003). Etika Politik dan Kekuasaan, Jakarta: Gramedia.
Hayati, Nilda. (2017). “Konsep Khilafah Islamiyyah Hizbut Tahrir Indonesia, Kajian Living al-Qur’an Perspektif Komunikasi”, Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 12 (1), 173, 10.21274/epis.2017.12.1.169-200.
Hitti, Philip K. (2010). History of The Arabs: Rujukan Induk dan Paling Otoritatif tentang Sejarah Peradaban Islam, terj. R Cecep Lukman Yasin dan Dedi Slamet Riyadi, Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2010.
Ilyas, Yunahar. (2006). “Reaktualisasi Ajaran Islam: Studi atas Pemikiran Hukum Munawir Sjadzali” Al-Jami‘ah: Journal of Islamic Studies, 44 (1), https://doi.org/10.14421/ajis.2006.441.223-240.
In’amuzzahidin, Muh. (2015). “Konsep Kebebasan dalam Islam”, At-Taqaddum: Jurnal Peningkatan Mutu Keilmuan dan Kependidikan Islam, 7 (2), 267, http://dx.doi.org/10.21580/at.v7i2.1206.
Iqbal, Asep Muhamad, dan Zulkifli. (2016). “Islamic Fundamentalism, Nationstate and Global Citizenship: The Case of Hizb ut-Tahrir”, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 6 (1) 51, http://dx.doi.org/10.18326/ijims.v6i1.35-61.
Khallâf, ‘Abd al-Wahhâb, (1978). ‘Ilmu Ushûl al-Fiqh. Kairo: Dâr al-Qalam.
Nafis, Muhammad Wahyuni (ed.) (1995). Kontekstualisasi Ajaran Islam, Jakarta: Paramadina
Ningsih, Zaitun. (2012). “Reaktualisasi Hukum Islam Munawir Sjadzali Bidang Kewarisan Ditinjau Dari Hukum Progresif”. Skripsi, Jurusan Al-Ahwal Asy-Syakhshiyyah, Fakultas Syari‟ah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/1448/1/08210036_Pendahuluan.pdf.
Permana, Sugiri. (2018). “Ijtihad Kesetaraan Gender dalam Ijtihad Hukum Waris di Indonesia”, Asy-Syari‘ah, 20 (2), 122.
Rasyid, Idris. (2016). “Eksekusi ‘Ab Intestato’ Warisan Dua Banding Satu: Rasionalisasi Surah Annisa Ayat 11, Diktum: Jurnal Syariah dan Hukum, 14 (2), 204, https://doi.org/10.28988/diktum.v14i2.233
Rochmad. (2017). “Pembagian Harta Waris Antara Anak Laki-Laki dan Anak Perempuan: Studi Putusan Pengadilan Agama Semarang Nomor: 1545/PDT.G/2010/PA.SM”, Jurnal Hukum Khaira Ummah, 12 (4), 797.
Salman, Abdul Matin bin. (2017). “Gerakan Salafiyah: Islam, Politik dan Rigiditas Interpretasi Hukum Islam”, Mazahib: Jurnal Pemikiran Hukum Islam, XVI (2), 142, http://dx.doi.org/10.21093/mj.v16i2.855.
Sattar, Abdul. (2017).“Respons Nabi Terhadap Tradisi Jahiliyyah: Studi Reportase Hadis Nabi”, Jurnal Theologia, 28 (1), 199-203, http://dx.doi.org/10.21580/teo.2017.28.1.1338
Siraj, Said Aqil. (2012). Tasawuf Sebagai Kritik Sosial: Mengedepankan Islam Sebagai Inspirasi, Bukan Aspirasi, Jakarta: LTN PBNU dan SAS Foundation, Cet. IV.
Sjadzali, Munawir. (1990). Islam dan Tata Negara: Ajaran, Sejarah dan Pemikiran, Jakarta: UI Press.
Sjadzali, Munawir. (1995). Reaktualisasi Hukum Islam, Jakarta: Paramadina.
Sjadzali, Munawir. (1999). “Kembali Ke Piagam Madinah”, dalam Abu Zahra (ed.), Politik Demi Tuhan: Nasionalisme Religius di Indonesia. Jakarta: Pustaka Hidayah.
Sukardja, Ahmad. (2014). Piagam Madinah dan Undang-Undang Dasar NRI 1945: Kajian Perbandingan tentang Dasar Hidup Bersama dalam Masyarakat Majemuk, Jakarta: Sinar Grafika.
Syahdan. (2016). “Pembagian Harta Warisan dalam Tradisi Masyarakat Sasak: Studi Pada Masyarakat Jago Lombok Tengah”, Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 4 (2), 129-130. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/palapa/article/view/2479.
Syahril, Sulthan. (2011). “Munawir Syadzali: Sejarah Pemikiran dan Kontribusinya bagi Perkembangan Pemikiran Islam Indonesia Kontemporer”, Analisis: Jurnal Studi Keislaman, XI (2), 219-220, https://doi.org/10.42042/analisis.v11i2.610.
Thaha, Mahmud Muhammad. (1987). The Second Message of Islam, terj. Abdulahi Ahmed An-Na‘im, Syracuse: Syracuse University Press.
Ustadzi, Aan Heri. (2020). “Jihad Intelektual Generasi Milenial: Muqobalah QS. At Taubah Ayat 122 dan Pesan Perdamaian dalam Syair Al Jihad Wal-Ijtihad Karya KH. Saaduddin Annasih, Lc., M.Pd”, At-Turāṡ: Jurnal Studi Keislaman, 7 (1), 3.
Wahid, Abdurrahman. (2006). Islamku, Islam Anda, Islam Kita: Agama Masyarakat Negara Demokrasi, Jakarta: The Wahid Instittution.
Yaqin, Ainol. (2016). “Evolusi Ijtihad Imam Syafi’i: dari Qawl Qadīm ke Qawl Jadīd”, Al-Ahkam: Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 26 (2), 144, DOI: http://dx.doi.org/10.21580/ahkam.2016.26.2.899.
Zahir, Ali Ahmed, “Muslim Jurists Debate on Non-Muslim Religious Festivals and Its effects on Minority Muslims in the United States of America”, Intellectual Discourse, 26 (2), 765, http://journals.iium.edu.my/intdiscourse/index.php/islam/article/view/1231.
Zaid, Nashr Hâmid Abû. (2000). Mahfûm al-Nashsh: Dirâsah fî ‘Ulûm al-Qur’ân, Beirut: Al-Markaz al-Tsaqâfî al-‘Arabî.