Implementasi Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Pendidikan Karakter

DOI: https://doi.org/10.33650/at-turas.v4i2.336

Authors (s)


(1) * Abdurrahman Abdurrahman   (Universitas Nurul Jadid, Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Selama ini manajemen kurikulum pendidikan pesantren hanya dikenal sebagai lembaga pendidikan yang hanya mengandalkan manajemen kurikulum tradisional dan sangat menghindari terhadap kurikulum pendidikan modern. Namun faktanya, banyak lulusan pesantren yang mampu bersaing dengan lulusan pendidikan modern dalam segala bidang. Salah satu keberhasilan pesantren tidak terlepas dari peran kiai sebagai hidden curriculum (kurikulum tersembunyi) yang mengedepankan nilai-nilai pendidikan karakter sekaligus menjadi reference personbagi para santri. Belakangan pesantren mulai menerapkan kurikulum baru tanpa meninggalkan kurikulum sebelumnya yang dikelola (manaj) secara berkesinambungan. Keterpaduan antara kurikulum lama dan baru memperkuat pendidikan pesantren sebagai lembaga pendidikan yang unik dan mempunyai kekhasan tersendiri. Secara rinci tujuan pendidikan pesantren meliputi meninggikan budi pekerti, melatih dan mempertinggi semangat, menghargai nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan, mengajarkan tingkah-laku yang jujur dan bermoral, dan mempersiapkan para santri untuk hidup sederhana dan bersih hati




Full Text: PDF



References


A’la, Abd, (2006) Pembaruan Pesantren, Pustaka Pesantren Prees: Yogyakarta.

Arifin, Imron, (1993) Kepemimpinan Kiai: Studi Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng, Kalimasada Press: Malang.

Azzel, Akhmad Muhaimin. (2011) Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia; Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Bawani, Imam dkk, (2011) Pesantren Buruh Pabrik (Pemberdayaan Buruh Pabrik Berbasis Pendidikan Pesantren), LKiS: Yogyakarta.

Chozin, A, Nasuha,(2011)“Epistemologi Kitab Kuning”, dalam Pesantren, PT Rineka Cipta: Jakarta.

Djamas, Nurhayati, (2009)Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia Pascakemerdekaan, PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.

Fitri, Agus Zaenul, (2013) Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam dari Normatif-Filosofis ke Praktis, Alfabeta: Bandung.

Fitri, Agus Zaenul, (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Ilahi, Mohammad Takdir, (2014) Gagalnya Pendidikan Karakter (Analisis dan Solusi Pengendalian Karakter Emas Anak Didik), Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Ismail, Faisal, (2003) Masa Depan Pendidikan Islam di Tengah Kompleksitas Tantangan Modernisasi, Bakti Aksara Persada: Jakarta.

Madjid, Nurcholish, (2002) Modernisasi Pesantren. Ciputat Press: Jakarta.

Muslich, Masnur, (2011) Pendidikan Karakter (Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional), PT Bumi Aksara: Jakarta.

Musthafa, Fuhaim, (2009) Kurikulum Pendidikan Anak Muslim (Judul Asli: Minhajuth Thiflil Muslim) Pustaka Elba: Surabaya.

Mutohar, Ahmad dan Nurul Anam, (2013) Manifesto Medernisasi Pendidikan Islam dan Pesantren, Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Naim, Ngainun dan Achmad Sauqi, (2011) Pendidikan Multikultural Konsep dan Aplikasi, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Naim, Ngainun, (2012) Character Building:Optimalisassi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa, Ar-Ruzz Media: Yogyakarta.

Nashir, Haedar, (2013) Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Kebudayaan, Multi Presindo: Yogyakarta.

Raharjo, Rahmat, (2013) Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Membangun Generasi Cerdas dan Berkarakter Untuk Kemajuan Bangsa, Azzagrafika: Yogyakarta.

Rosidin, (2013) Pendidikan Karakter Ala Pesantren (Terjemah Adaptif Kitab Adabul Ta’limul Muta’allim Karya KH. Hasyim Asy’ari), UIN Maliki Press: Malang.

Suprayogo, Imam, (2013) Pengembangan Pendidikan Karakter, UIN Maliki Press: Malang.

Syafri, Ulil Amri, (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran, PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Wiyani, Novan Ardy, (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, TERAS: Yogyakarta.

Yasmadi, (2002) Modernisasi Pesantren Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional, Ciputat Press: Jakarta.

Rahardjo, M. Dawam, (1988) Pesantren dan Pembaharuan, Jakarta: LP3ES.

Imam Suprayogo, Artikel, Membandingkan Antara Contoh dan Perintah dalam Pendidikan.http://uin-malang:artikel-imam-suprayogo. Diakses pada Rabu 26 Juli 2018.

Imam Suprayogo, Artikel, Pendidikan Karakter Kebangsaan.http://uin-malang:artikel-imam-suprayogo. Diakses pada Rabu 26 Juli 2018.

Imam Suprayogo, Artikel, Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Profetik.http://uin-malang:artikel-imam-suprayogo. Diakses pada Rabu 26 Juli 2018.

Imam Suprayogo, Artikel, al-Qur’an Memberi Petunjuk Tentang Cara Mendidik .http://uin-malang:artikel-imam-suprayogo. Diakses pada Rabu 26 Juli 2018.

Imam Suprayogo, Artikel, Pemilik Karakter Terpuji.http://uin-malang:artikel-imam-suprayogo. Diakses pada Rabu 26 Juli 2018.

Imam Suprayogo, Artikel, Konsep Pendekatan Pendidikan Karakter.http://uin-malang:artikel-imam-suprayogo. Diakses pada Rabu 26 Juli 2018.


Article View

Abstract views : 1262 times | PDF files viewed : 6477 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/at-turas.v4i2.336


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdurrahman Abdurrahman

This journal is licensed under a

 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

P-ISSN: 2355-567X, E-ISSN: 2460-1063