Adiyono, Irvan, & Rusanti. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649–658. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Ballerina, T., & Immanuel, A. S. (2019). Menelisik Perilaku Perundungan pada Siswa SMP di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(1), 18–31.
Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39–48.
Fachruddin, F. (2018). Kekerasan Simbolik di Sekolah. SUKMA : Jurnal Pendidikan, 2(2), 311–327.
Garandeau, C. F., Laninga-wijnen, L., & Salmivalli, C. (2022). Effects of the KiVa Anti-Bullying Program on Affective and Cognitive Empathy in Children and Adolescents. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology, 51(4), 515–529. https://doi.org/10.1080/15374416.2020.1846541
Mahriza, R., Rahmah, M., & Santi, N. E. (2021). Stop Bullying : Analisis Kesadaran dan Tindakan Preventif Guru pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 891–899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.739
Malihah, Z., & Alfiasari. (2018). Cyberbullying among Teenager and Its Relationship with Self-Control and Parents- Child Communication. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konseling, 11(2), 145–156.
Nugraha, I. P. A. (2021). Review Strategi Pencegahan Perilaku Berisiko pada Pemuda di RPJMN 2020 — 2024. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 1(1), 129–141.
Nuqul, F. L. (2018). Pesantren Sebagai Bengkel Moral: Optimalisasi Sumber Daya Pesantren untuk Menanggulangi Kenakalan Remaja. Psikoislamika, 5(2), 163–182.
Pertiwi, F. D., & Nurdiana, S. (2019). Hubungan Sikap dengan Pengalaman (Bullying) pada Siswa SMKN 2 Kota Bogor. HEARTY : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1–8.
Putri, Q. O. P. (2022). Upaya UNICEF Melalui Program End Violence untuk Mengatasi Kekerasan Anak DK Sekolah Tahun 2018-2020. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6), 7397–7405.
Putri, Q. O. P. (2022). Upaya UNICEF Mengatasi Bullying dan Hukuman Fisik di Sekolah Indonesia Tahun 2018-2021. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3171–3183.
Rahman, I. A., & Erianjoni, E. (2023). Peran Guru dalam Mencegah Tindakan Kekerasan Fisik pada Siswa di SMPN 1 Banuhampu. Jurnal Perspektif : Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 6(1), 143–152.
Rahmawati, D., Masada, C., Tobing, H., & Sahrazad, S. (2020). Layanan Penguasaan Konten Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik dalam Mereduksi Perilaku Bullying pada Siswa SMAN 1 Ciseeng. Jurnal Bimbingan dan Konseling Teraupeutik, 4(2), 373–377. https://doi.org/10.26539/teraputik-42426
Sakban, A., Sahrul, Kasmawati, A., & Tahir, H. (2018). Tindakan Bullying di Media Sosial dan Pencegahannya. JISIP, 2(3), 205–214.
Sari, S. I., & Budiman, A. (2021). Hubungan Faktor Teman Sebaya dengan Perilaku Bullying pada Remaja di SMP Negeri 5 Samarinda. Borneo Student Research, 2(2), 950–957.
Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran Pendidikan Karakter di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176–187. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369
Sholichah, I. F., & Laily, N. (2022). Workshop Program Anti Perundungan Berbasis Sekolah. Room of Civil Society Development, 1(2), 103–108.
Sivaraman, B., Nye, E., & Bowes, L. (2017). School-based Anti-Bullying Interventions for Adolescents in Low and Middle-Income Countries: A Systematic Review. Journal Ability : : Journal of Education and Social Analysis, 1(1), 1–46.
Thornberg, R., & Delby, H. (2019). How Do Secondary School Students Explain Bullying? Educational Research, 61(2), 142–160. https://doi.org/10.1080/00131881.2019.1600376
Tolmatcheff, C., Galand, B., Roskam, I., & Veenstra, R. (2022). The Effectiveness of Moral Disengagement and Social Norms as Anti-Bullying Components. Child Development, 93(6), 1873–1888. https://doi.org/10.1111/cdev.13828
Triwulandari, A. A., & Jatingsih, O. (2023). Strategi Sekolah dalam Pencegahan Cyberbullying pada Siswa di SMP Negeri 6 Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 160–176.
Wasaya, A., Zhang, X., Fang, Q., & Yan, Z. (2018). Root Phenotyping for Drought Tolerance: A Review. AGRONOMY, 8(241), 1–19. https://doi.org/10.3390/agronomy8110241