Pemanfaatan Jumping Math dalam Pembelajaran Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar di Malang
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan metode Jumping Math dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar di Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari guru, siswa, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kinestetik yang memadukan gerakan fisik dengan konsep matematika, Jumping Math, mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa secara signifikan. Dalam pemanfaatan metode Jumping Math, ditemukan bahwa peningkatan antusiasme dan pemahaman siswa dalam mempelajari matematika sangat signifikan, sehingga membantu mengurangi kecemasan dan kebosanan siswa. Guru juga mengakui bahwa metode ini membantu pemahaman siswa, terutama dalam operasi hitung dasar seperti penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini juga menemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan ruang kelas yang sempit. Selain itu, metode ini lebih efektif untuk siswa dengan gaya belajar kinestetik dibandingkan dengan siswa dengan gaya belajar visual atau auditori. Meskipun demikian, metode Jumping Math memiliki dampak positif terhadap interaksi sosial siswa, mendorong kolaborasi dan komunikasi di antara mereka. Studi ini menyimpulkan bahwa Jumping Math merupakan pendekatan inovatif yang berpotensi meningkatkan hasil belajar aritmatika sekaligus menciptakan dinamika kelas yang lebih interaktif. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengembangkan strategi adaptasi metode ini guna mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa dan agar lebih terintegrasi ke dalam kurikulum sekolah. |
Keywords
Full Text:
References
Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Jurnal Idaarah, Vol. Iii, No. 2, Desember 2019.
Angraini, G. K & Kaltsum, H. U. (2022). Penggunaan Teknik Jumping Rabbit Oleh Guru Pada Penjumlahan Dan Pengurangan Dalam Mengembangkan Keterampilan Berhitung. Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 4833 - 4840.
Anggraini, A & , Hasanah, U. (2024). Inovasi Pembelajaran: Pemanfaatan Alat Peraga Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Issn Cetak: 2477-2143 Issn Online : 2548-6950 Volume 09 Nomor 01, Maret 2024.
Arifah, U., Suyitno, H., & Rachmani Dewi, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Brain Based Learning Berbantuan Powtoon. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 718-723.
Glover, J. (2018). Kinesthetic Learning And Its Impact On Academic Performance In Elementary Education. Journal Of Educational Psychology, 32(4), 214-223.
Huang, T., & Lee, H. (2019). The Effects Of Active Learning In Mathematics On Student Achievement And Motivation. Education Research Review, 25(2), 97-105.
Khoerunnisa, R. A., Fathurrohman, N., & Arifin, Z. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 133. Https://Doi.Org/10.47453/Permata.V2i2.416
Khotimah, S. H & Risan. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3 (1) Pp. 48-55.
Magistro, D; Cooper, S. B; Carlevaro, F; Marchetti, I; Magno, F; Bardaglio; Musella, G. (2022). Two Years Of Physically Active Mathematics Lessons Enhance Cognitive Function And Gross Motor Skills In Primary School Children. Elsevier: Psychology Of Sport & Exercise.
Miller, J., & Lutz, R. (2019). Engaging Students In Learning: Physical Activities In The Classroom. Journal Of Education And Learning, 38(3), 143-150.
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54.
Ratna Widyastuti, R; Izzah, A; Kusuma, S. F. (2020). Pengembangan Game “Kangaroo Jump” Sebagai Media Pembelajaran Kelipatan Persekutuan Terkecil Untuk Meningatkan Minat Belajar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Vol 07 No 02.
Robinson, L. (2021). Collaborative Learning And Its Effects On Social Skills In Primary School Students. Social Education Research Journal, 28(1), 56-67.
Sagita, M & Kania, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, Fkip Unma 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0”.
Slavin, R. E. (2019). Educational Psychology: Theory And Practice. Boston: Pearson Education.
Sholehah, S. H; Handayani, D. E; Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 23 No. 3, 2018.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tan, K., & Lim, C. (2020). Parental Involvement In Elementary School Learning: Impact On Student Motivation And Achievement. Educational Studies, 45(2), 98-113.
Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Warta Dharmawangsa Vol 14 No 4 709-722.
Zildjianshi, D. A; Sutiyono, A; Lestari, Y. D. (2022). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sds Swadhipa Bumisari Natar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Stkip Pgri Bandar Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.