The Feasibility Analysis of Multicultural Content in An Indonesian Elementary School Thematic Book

DOI: https://doi.org/10.33650/ijess.v3i1.7215

Authors (s)


(1) * Bacharuddin Jusup   (Universitas Muhammadiyah Surakarta)  
        Indonesia
(2)  Muhamad Taufik Hidayat   (Universitas Muhammadiyah Surakarta)  
        Indonesia
(3)  Riza Nur Wahyudi   (Universitas Muhammadiyah Surakarta)  
        Indonesia
(4)  Aldy Tri Ramadhan   (Universitas Muhammadiyah Surakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kajian ini diarahkan untuk mengungkap serta menganalisis isi dan nilai-nilai pendidikan multikutural yang terkandung dalam buku siswa. Kajian ini adalah kualitatif dengan metode content analysis yang mengkaji nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku tematik siswa BSE Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 2 "Persatuan dalam Perbedaan" Revisi 2018. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengungkap kelayakan buku dinilai dari nilai-nilai budaya yang ditanamkan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah teknik baca dan quote. Membaca dan menyimak dilanjutkan dengan mencatat atau mendokumentasikan berbagai temuan yang ada tentang data-data pendidikan multikultural yang masih berupa frasa, kalimat hingga paragraph. Hasil dari kajian menunjukkan buku tematik siswa BSE Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 2 "Persatuan dalam Perbedaan" Revisi 2018 sudah memenuhi keseluruhan dimensi-dimensi multikultural. Implikasi dari kajian ini adalah: Pertama, sekolah dapat memilih buku yang tepat dan layak dalam aspek muatan multikulturalnya. Kedua, BSE dapat mengetahui kekurangan dan diharapkan memperbaiki isi maupun ilustrasi agar sesuai dengan pendidikan multikultural.




Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 9 times | PDF files viewed : 2 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/ijess.v3i1.7215


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bacharuddin Jusup

Creative Commons License
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Education and Social Studies
Published by Lembaga Penerbitan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.