MODEL EVALUASI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN BERBASIS COIN PRO 2 (Studi komparasi pembelajaran tahfidz di Turki, Malaysia dan Indonesia)
Authors (s)
(1) * Syaifudin Noer   (SMP Insan CendekiaMandiri Sidoarjo)  
        Indonesia
(2)  Evi Fatimatur Rusydiyah   (UIN Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractUntuk melihat berbagai kendala di dalam proses pembelajaran tahfidzul quran tentu dibutuhkan model evaluasi Coin Pro 2. Model evaluasi Coin Pro 2 digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tahfidz, baik pembelajaran tahfidz yang telah berkembang di Turkey, Malaysia dan Indonesia, serta sebagai solusi untuk hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tahfidz tersebut. Model pembelajaran tahfidz di Turkey diantaranya sepuluh kali khatam (untuk pra tahfidz), Chi (Penghafal baru), Zor Pismis, Kolay Pismis, Tikrar, Tikrar Hepsi Seyfa, dan Has. Berbeda dengan pembelajaran tahfidz di Malaysia diantaranya Sabak, Para Sabak, Ammokhtar dan Halaqah Dauri. Sedangkan di Indonesia, terdapat metode pembelajaran tahfidz dengan setoran, murajaah, dam sima’an. Konsep Coin Pro 2 (Contex, Input, Process, dan Product) memiliki beberapa komponen. Pada evaluasi konteks, dukungan kebijakan sekolah, mulai dari target hafalan minimal siswa, alokasi waktu serta system penilain tahfidz yang terintegrasi dengan kurikum sekolah. Pada Input, ketersedian guru tahfidz dan kompetensinya, kemampuan awal siswa dalam membaca Al Qur’an, desain dan Perencanaan pembelajaran tahfidz, mushaf khusus untuk menghafal, modul penilaian dan pencatatan perkembangan hafalan siswa, dan kelas/Ruang yang representative. Pada evaluasi proses, siswa menambah hafalan baru, menyetorkannya, murajaah dan saling menyimak hafalan temannya. Yang terakhir, evaluasi produk, diantaranya kemampuan siswa membaca hafalan dengan baik dan lancar sesuai dengan target capaian yang telah ditentukan. |
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 1740 times | PDF files viewed : 2071 times10.33650/edureligia.v3i2.1128 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Syaifudin Noer