PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN FIQIH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Abstractpelajaran fiqih berkonstribusi dalam mengembangkan kecerdasan kepada iman dan taqwa. Minat merupakan peranan sebagai syarat untuk mencapai keberhasilan belajar siswa. Pembelajaran jarak jauh memiliki apresiasi yang tinggi bagi masyarakat bahkan ada yang menganggap lebih berpengaruh dibandingkan pendidikan konvensional yang cenderung kurang memanfaatkan kemajuan teknologi Pendekatan ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat memberi pemaparan dan menganalisa situasi yang di teliti dalam bentuk naratif. Jenis penelitian meenggunakan penelitian kepustakaan (library research) untuk mengkaji, mengumpulkan dan memperoleh data-data yang berkaitan dengan objek penelitian secara teoritis dengan membaca buku atau karya tulis ilmiah yang relevan dengan problem yang akan diteliti. Hasil penelitian kegiatan pembelajaran fiqih terhadap minat belajar siswa itu sangat rendah karena pembelajaran fiqih tidak cukup dengan menggunakan materi saja akan tetapi harus bisa mempraktekkannya. |
Keywords
Full Text:
References
Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik, 4(2), 211–227. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/19
Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 28–38.
Bali, M. M. E. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 29–42.
Bali, M. M. E. I., Hidayah, N., & AL, S. M. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN Pendidikan Agama Islam. In Pustaka Nurja (Vol. 1). Pustaka Nurja. https://lp3m.unuja.ac.id/bas/strategi-pembelajaran-pendidikan-agama-islam.html
Bates, A.W. (1995). Technology, open learning, and distance education. New York: Routledge.
Deni Darmawan. (2013). Teknologi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dhin, C. N. (2006). Pelaksanaan Pakem Dalam Pembelajaran Fiqih pada MIN SEUTUY KOTA BANDA ACEH. 87–98.
Djamrah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fadhilaturrahmi. (2017). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594
Fauzi, Anis, helnanelis, A. famhi. (2020). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih ( Studi di MTs Al-Fitroh Tangerang ). Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 51–70. https://doi.org/10.29240/belajea.v5
Hadi, E. N. S. (2019). Meningkatakan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ibadah Haji Menggunakan Sxientific Approach Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas X IPS. Khazanah: Jurnal Edukasi, 1(2), 112–127. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bhakti.
Izzatin, F. (2016). MANAJEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (DISTANCE LEARNING) PADA HOMESCHOOLING “SEKOLAH DOLAN.” MANAJEMEN PENDIDIKAN, 25(1), 112–119.
Kurniawati, J. (2020). media pembelajaran jarak jauh. May, 2–5. https://www.researchgate.net/publication/341253238
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul, (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ma’rifataini, L. (2012). STUDI EKSPERIMEN : PENGA RUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, April, 103–118.
Mahmud. (2019). INOVASI METODE PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENARIK MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 5 HULU SUNGAI UTARA. Jurnal Al-Risalah, 15(1), 14.
Mulyasa, E. (2012). Manejemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
Moore, M.G. & Kearsley, G. (1996). Distance education. A system view. Washinton, DC: Wadsworth Publishing Company.
Mulyono. (2016). Keefektifan Metode Problem Based Dalam Pemebelajaran Fiqih DI Perguruan Tinggi. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 2(20), 16.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Nugroho, A. (2012). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS WEB. Jurnal Informatika, 9(2), 72–78.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. JISAMAR, 4(2), 30–36.
Purwati, P. (2010). PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL / LATIHAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH ( Penelitian di MTS Attarbiyyah Bayongbong Garut ). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(1), 48–53.
Rifki Aida Maulidina Dan Sokhibul Arifin. (2018). Upaya Peningkatan Minat Belajara Siswa Pada Materi Fiqih Bab Shalat Dengan Menggunakan Media Visual DI SD MUHAMMADIYAH 8 SURABAYA. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 16.
Rusman, (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo.
Saleh, M. (2013). PROBLEM-BASED LEARNING. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIV(1), 190–220.
Sardiman. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Gravindo Persada.
Slameto. (1991). Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 3(2), 88–98. https://doi.org/DOI:http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.111
Velasufah, W., & Setiawan, A. R. (2020). Nilai Pesantren Sebagai Dasar Pendidikan Karakter. Thesis Commons.
Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Ibid, 222.
Zain, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
10.33650/edureligia.v5i1.1545 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 sofiatul maimuna