EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 5 MAKASSAR PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v5i2.2342

Authors (s)


(1)  Atika Rofiqatul Maula   (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)  
        Indonesia
(2) * Andi Prastowo   (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


E-learning-based education is the only solution at this time, due to a new policy stating to reduce activities outside the home, because of the COVID-19 virus effect. The purpose of this study is to reveal the mechanism for evaluating student learning outcomes based on E-learning in Islamic education subject at SMA Negeri 5 Makassar. This study uses a qualitative method described in the form of a narrative. Sources of data is obtained online, that is interviews, documentations and observations, then the data were analyzed using triangulation techniques. The results of the study indicate that the e-learning media used by PAI teachers at SMA Negeri 5 Makassar are Zoom, Meet, Classroom, WhatsApp, Microsoft 365, and Quizizz. The evaluation of learning outcomes carried out by PAI teachers is through an assessment of three domains, those are: 1) cognitive assessment; 2) affective assessment; and 3) psychomotor assessment.


Keywords

Evaluation of Learning Outcomes, PAI, E-Learning, COVID-19



Full Text: PDF



References


Ansori, Muhamad, ‘Pengaruh Metode E-Learning Edmodo Model Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI (Studi Kasus Di SMK Al-Qodiri Jember)’, Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 18.2 (2020), 353–71

Hariyanto dan Suyono, ‘Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Konsep Dasar’, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011

Daryanto, Evaluasi Pendidikan: Komponen MKDK (Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2012)

Fadli, Muhammad Zul, and Rachma Nika Hidayati, ‘Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Whatsapp Group’, Journal of Islamic Education Policy, 5.2 (2020)

Firdaus, ‘Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19’, Jurnal Utile: Jurnal Kependidikan, VI.02 (2020), 220–25

Fuady, Hasan, Nur Alfi Muanayah, and Sholeh Kurniandini, ‘EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PAI SISTEM DARING PADA SISWA SMA DI DESA PLUMBON KECAMATAN SELOPAMPANG KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020’, Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 7.2 (2020), 43–51

Hanum, Numiek Sulistyo, ‘Keefetifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran e-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto)’, Jurnal Pendidikan Vokasi, 3.1 (2013)

Hariyanti, Dewi, Arinal Haq Mun’im, and Nurul Hidayat, ‘Identifikasi Hambatan Mahasiswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Jember’, ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1.1 (2020), 11–21

Hasanuddin, Sultan, ‘Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 2 Ponre Kabupaten Bone’, Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.1 (2016), 13–30

Ihsan, Dian, ‘Kemendikbud: Program Kuota Gratis Dilanjutkan Di 2021’

John W. Creswell, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran (Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2019)

Lailatunnahar, Triani, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas VII. 1 Di SMP Negeri Binaan Khusus Kota Dumai’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.1 (2021), 1084–94

Lexy, J Moleong, ‘Metodologi Penelitian Kualitatif’, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Lubis, Masruroh, and Dairina Yusri, ‘Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan Di Tengah Wabah Covid-19)’, Fitrah: Journal of Islamic Education, 1.1 (2020), 1–18

Mahmud, Muchammad Eka, ‘E-Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3.1 (2019)

Muthalib, Abdul, Aisyah Aisyah, Endang Sukari, and Rafika Aulia, ‘RAGAM ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN PAI BERBASIS PSIKOMOTORIK SELAMA MASA PANDEMI DI MA PERSIAPAN NEGERI 4 MEDAN’, Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 1.2 (2020), 19–35

Novianti, Ely, Alda Rizka Fatkhia, and Zalik Nuryana, ‘Analisis Kebijakan Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi: Peluang Dan Tantangan’, Jurnal Pendidikan Islam, 11.2 (2020), 201–12

Prasetiya, Benny, Ulil Hidayah, and Aries Dirgayunita, ‘Hubungan Gaya Kognitif Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar PAI’, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4.2 (2019), 119–34

‘Profile SMA Negeri 5 Makassar’

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, 4th edn (Jakarta: Kalam Mulia, 2005)

Ratnawati, Siti Rohmaturrosyidah, and Wilis Werdiningsih, ‘Pemanfaatan E-Learning Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAI Di Era Revolusi Industri 4.0’, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5.2 (2020), 199–220

Rusman, ‘Pengembangan Model E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa’, Kwangsan, 4.1 (2016)

Saraswati, Putu Manik Sugiari, and Gusti Ngurah Sastra Agustika, ‘Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4.2 (2020), 257–69

Sari, Ria Puspita, Nabila Bunnanditya Tusyantari, and Meidawati Suswandari, ‘Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19’, Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2.1 (2021), 9–15

‘SE Kemendikbud No.15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19’

Subagia, I Wayan, and I G L Wiratma, ‘Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013’, JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5.1 (2016), 39–55

Sudijono, Anas, ‘Pengantar Evaluasi Pendidikan’, 2001

Sulfemi, Wahyu Bagja, ‘Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam’, Edukasi, 16.2 (2018), 294585

Susanti, Wati, ‘Implementasi Pembelajaran Secara Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Smp Di Masa Pandemic Covid-19’, Inovasi Pendidikan, 7.2 (2020)

Yulianti, Yulianti, ‘Pengembangan Alat Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi’, JOIES: Journal Of Islamic Education Studies, 1.2 (2016), 407–30


Article View

Abstract views : 102 times | PDF files viewed : 55 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v5i2.2342


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Atika Rofiqatul Maula, Andi Prastowo

Creative Commons License
 

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, East Java, Indonesia.