WALI ASUH SEBAGAI TECHNICAL ASSISTANCE DALAM MENINGKATKAN MUTU BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v5i2.3333

Authors (s)


(1) * Hasan Baharun   ((SCOPUS ID : 57200983602), Nurul Jadid University, Paiton, Probolinggo, East Java)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam meningkatkan mutu belajar santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peranan wali asuh sebagai technical assistance (pembantu teknis) dalam meningkatkan mutu belajar santri, dalam penelitian pengembangan ini dilakukan 4 tahapan peningkatan mutu belajar : (1) Learning Assistance (Pendampingan Belajar) tujuannya santri dapat memahami materi – materi belajar secara baik. (2) Giving Motivation (Pemberian Motivasi) merupakan tahapan untuk membangkitkan daya minat belajar santri sehingga dapat mengembangkan skill pengetahuan santri minimal juga bisa memberikan motivasi untuk dirinya dan temannya (3) Upgrading Student Abilities (Peningkatan Kemampuan Santri) metode pengulangan kembali materi yang sudah disampaikan. (4) Lembaga Motivasi Nurul Jadid (LMNJ) lembaga pendukung dalam pemberian motivasi yang tujuannya meningkatkan moralitas dan kesadaran para santri dalam meningkatkan mutu belajar. Metode yang digunakan untuk peningkatan mutu belajar adalah dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yang di ungkap berdasarkan wawancara dengan wali asuh maupun yang di asuh berdsarkan hasil maka peningkatan mutu belajar santri santri melalui peranan wali asuh sebagai technical Assistence sangat berpengaruh terhadap daya minat belajar dan pengembangan skill pengetahuan santri.





Full Text: PDF



References


Agus R, A. H., & Aliah, F. J. (2020). Reinforcement Furudul ‘Ainiyah Santri melalui Intensifikasi Wali Asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid. ISLAMIKA, 2(2), 312–327. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.797

asdar, muhammad. (2017). Peranan Guru Mengaji Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Di Tpa Al-Qalam Ereng-Ereng Kec. Tompobulu Kab. Bantaeng.

Baharun, H., Mundiri, A., Zamroni, Z., & Jannah, F. (2021). Quality Assurance of Education in Senior High School during Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2203–2212. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1190

Dewi, A. D. M. (2019). Managemen Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (pendekatan dan model Inquiry) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (studi Deskriptif Di Kelas Viii Mts Al Musdariyah Cimahi Dan Mts Al -Musdariyah Cinunuk). Syntax Idea, 1(4), 1–22.

Farhan, F., & Aziah, A. (2019). Upaya Wali Asuh pada Peserta Asuh mengatasi Bullying di Pesantren Nurul Jadid Perspektif Komunikasi Persuasif. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.265

Fawaid, A., & Hasanah, U. (2020). Pesantren dan Religious Authoritative Parenting: Studi Kasus Sistem Wali Asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 19(1), 27–40. https://doi.org/10.18592/jiiu.v19i1.3484

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Padang Tahun 2016/2017. Cived Jurusan Teknik Sipil, 5(1), 2175–2182.

Hayuhana, N. F., & Bashori, Y. A. (2021). Tinjauan Kompilasi Hukum Islam Terhadap Hadanah oleh Wali Asuh di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. etheses.iainponorogo, 1–65.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. jinotep, 3(2), 152–157.

Ilmy, A. N., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Urgensi Keterlibatan Wali Asuh dalam Dinamika Pendidikan di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 44–66. https://doi.org/10.15642/jpai.2018.6.1.44-66

Istiana, T., Sulistiani, I. R., & Ardiansyah, A. (2021). Penerapan Metode Bil Qolam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santri Tpq Firqotul Ghonna Sananrejo Turen Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(07), 59–68.

Jerrim, J., Oliver, M., & Sims, S. (2020). The relationship between inquiry-based teaching and students’ achievement. New evidence from a longitudinal PISA study in England. Learning and Instruction, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101310

Karim, iqbal, & Masrukin, ahmad. (2020). Peran Progam Wali Asuh dalam Membentuk Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Putra Lirboyo. Indonesian Journal of Humanities and Social Science, 01(03), 165–172.

Kirana, C., & Maulani, E. (2021). Pendampingan Santri Dewasa pada Kegiatan Belajar Baca Quran (bbq) diunit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) ISB Atma Luhur. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 282–285.

Munif, M., Rizqiyah, E. F., & Fatimah, S. (2021). Improvement of Student Wellbeing of Students Through Motivation Institutions at Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Ejournal.Unuja.Ac.Id, 08(02), 20.

Nihwan, muhammad, & munir, A. S. (2019). Modernisasi Pendidikan Pesantren dalam Dinamika Wacana Pembaharuan Pendidikan Islam. jpik, 02(02), 475–495.

Nurjannah, fitriani. (2021). Perbandingan Antara Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Tadris Matematika (JTMT), 02(01), 28–33.

Nusantara, A. A. P., & Setyaningsih, R. (2019). Strategi Komunikasi Wali Kelas dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Santri Kelas Lima di PMDG Sesuai Nilai-Nilai Islam. Sahafa Journal of Islamic Communication, 1(2), 145–156. https://doi.org/10.21111/sjic.v1i2.2147

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 1(28), 42–52.

Oktaviana, R. D. (2017). Latar Belakang Rendahnya Motivasi Belajar Santri Kelas X Di Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.

Prasetiya, N. I. (2019). Upgrading Students’ Speaking Skill through Think-Pair-Share (TPS). Proceeding of 1 St Conference of English Language and Literature, 1–8.

Riadi, S., Kholil, S., & Yusnadi, Y. (2020). The Communication Effectiveness of Garden Circle Organization in Improving the Performance of Nusantara Plantation Employees, PTPN II Bandar Kliffa Plantations and PTPN III Sei Putih Plantations in North Sumatra, (Islamic Perspective Study). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 985–994. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.926

Sujarwo, S., Kusumawardani, E., Prasetyo, I., & Ariyanti Dewi, A. (2021). Intensification the Role of Parent for Learning Assistance Model at Home in The New Normal Era. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1213

Susini, M., & Ndruru, E. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Service Journal, 1(2), 37–48. https://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2732.

Syakroni, A., Zamroni, Muali, C., Baharun, H., Sunarto, M. Z., Musthofa, B., & Wijaya, M. (2019). Motivation And Learning Outcomes Through The Internet Of Things; Learning In Pesantren. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1), 012084. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012084


Article View

Abstract views : 226 times | PDF files viewed : 195 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v5i2.3333


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hasan Baharun

Creative Commons License
 

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, East Java, Indonesia.