Agus R, A. H., & Aliah, F. J. (2020). Reinforcement Furudul ‘Ainiyah Santri melalui Intensifikasi Wali Asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid. ISLAMIKA, 2(2), 312–327. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.797
asdar, muhammad. (2017). Peranan Guru Mengaji Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Di Tpa Al-Qalam Ereng-Ereng Kec. Tompobulu Kab. Bantaeng.
Baharun, H., Mundiri, A., Zamroni, Z., & Jannah, F. (2021). Quality Assurance of Education in Senior High School during Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2203–2212. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1190
Dewi, A. D. M. (2019). Managemen Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (pendekatan dan model Inquiry) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (studi Deskriptif Di Kelas Viii Mts Al Musdariyah Cimahi Dan Mts Al -Musdariyah Cinunuk). Syntax Idea, 1(4), 1–22.
Farhan, F., & Aziah, A. (2019). Upaya Wali Asuh pada Peserta Asuh mengatasi Bullying di Pesantren Nurul Jadid Perspektif Komunikasi Persuasif. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.265
Fawaid, A., & Hasanah, U. (2020). Pesantren dan Religious Authoritative Parenting: Studi Kasus Sistem Wali Asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 19(1), 27–40. https://doi.org/10.18592/jiiu.v19i1.3484
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Padang Tahun 2016/2017. Cived Jurusan Teknik Sipil, 5(1), 2175–2182.
Hayuhana, N. F., & Bashori, Y. A. (2021). Tinjauan Kompilasi Hukum Islam Terhadap Hadanah oleh Wali Asuh di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. etheses.iainponorogo, 1–65.
Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2017). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. jinotep, 3(2), 152–157.
Ilmy, A. N., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Urgensi Keterlibatan Wali Asuh dalam Dinamika Pendidikan di Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 44–66. https://doi.org/10.15642/jpai.2018.6.1.44-66
Istiana, T., Sulistiani, I. R., & Ardiansyah, A. (2021). Penerapan Metode Bil Qolam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santri Tpq Firqotul Ghonna Sananrejo Turen Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(07), 59–68.
Jerrim, J., Oliver, M., & Sims, S. (2020). The relationship between inquiry-based teaching and students’ achievement. New evidence from a longitudinal PISA study in England. Learning and Instruction, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2020.101310
Karim, iqbal, & Masrukin, ahmad. (2020). Peran Progam Wali Asuh dalam Membentuk Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Al Mahrusiyah Putra Lirboyo. Indonesian Journal of Humanities and Social Science, 01(03), 165–172.
Kirana, C., & Maulani, E. (2021). Pendampingan Santri Dewasa pada Kegiatan Belajar Baca Quran (bbq) diunit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) ISB Atma Luhur. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 282–285.
Munif, M., Rizqiyah, E. F., & Fatimah, S. (2021). Improvement of Student Wellbeing of Students Through Motivation Institutions at Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Ejournal.Unuja.Ac.Id, 08(02), 20.
Nihwan, muhammad, & munir, A. S. (2019). Modernisasi Pendidikan Pesantren dalam Dinamika Wacana Pembaharuan Pendidikan Islam. jpik, 02(02), 475–495.
Nurjannah, fitriani. (2021). Perbandingan Antara Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Tadris Matematika (JTMT), 02(01), 28–33.
Nusantara, A. A. P., & Setyaningsih, R. (2019). Strategi Komunikasi Wali Kelas dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Santri Kelas Lima di PMDG Sesuai Nilai-Nilai Islam. Sahafa Journal of Islamic Communication, 1(2), 145–156. https://doi.org/10.21111/sjic.v1i2.2147
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 1(28), 42–52.
Oktaviana, R. D. (2017). Latar Belakang Rendahnya Motivasi Belajar Santri Kelas X Di Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.
Prasetiya, N. I. (2019). Upgrading Students’ Speaking Skill through Think-Pair-Share (TPS). Proceeding of 1 St Conference of English Language and Literature, 1–8.
Riadi, S., Kholil, S., & Yusnadi, Y. (2020). The Communication Effectiveness of Garden Circle Organization in Improving the Performance of Nusantara Plantation Employees, PTPN II Bandar Kliffa Plantations and PTPN III Sei Putih Plantations in North Sumatra, (Islamic Perspective Study). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 985–994. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.926
Sujarwo, S., Kusumawardani, E., Prasetyo, I., & Ariyanti Dewi, A. (2021). Intensification the Role of Parent for Learning Assistance Model at Home in The New Normal Era. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1213
Susini, M., & Ndruru, E. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Service Journal, 1(2), 37–48. https://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2732.
Syakroni, A., Zamroni, Muali, C., Baharun, H., Sunarto, M. Z., Musthofa, B., & Wijaya, M. (2019). Motivation And Learning Outcomes Through The Internet Of Things; Learning In Pesantren. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1), 012084. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012084