Agustina, M. W., & Dita, H. (2018). Sejarah dan Dasar-Dasar Psikologi. Lumajang: Klik Media.
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa (Learning motivation as determinant student learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86.
Baharun, H., & Rizqiyah, E. F. (2022). Smart Parenting in Building Children’s Personality Through Religion-Based Habituation. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 731-740.
Baharun, H., Zamroni, Amir, & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fahrudin. (2017). Tasawuf sebagai Upaya Membersihkan Hati Guna Mencapai Kedekatan dengan Allah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 14(1), 65–83.
Fatah, A. (2019). Penelusuran Makna Taqwa, Dzikir dan Falah (Kajian Semantik dengan Pendekatan Teori Toshihiko Izutsu). Hermeneutik, 12(1), 49-60. https://doi.org/10.21043/hermeneutik.v12i1.6022
Harisa, A. (2019). The Influence of Counseling Guidance and Spiritual Intelligence in Developing Students’ Islamic Personality. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 75–86. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i1.4552
Herpratiwi, & Tohir, A. (2022). Learning Interest and Discipline on Learning Motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 424–435. https://doi.org/10.46328/IJEMST.2096
Kompri. (2019). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Rosda Media.
Kuning, A. H. (2018). Jurnal Takwa dalam Islam. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6(1), 103–110.
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Munif, M., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 163-179.
Nurhidayati, N., & Handayani, B. L. (2018). The Role of Spiritual Guidance for the Patient in Reinterpreting Pain At Al-Irsyad Hospital in Surabaya. Jurnal Entitas Sosiologi, 7(2), 1-13. https://doi.org/10.19184/jes.v7i2.16628
Octavia, S. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. Yogjakarta: deepublish.
Oktavia, D. M., & Latifah, I. (2022). Pengaruh Bowling Kaleng terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 1-9.
Parveen, N., Noshaba, & Khatoon Malik, D. S. (2017). Motivational Techniques for Effective Learning: A Meta Analysis. Elixir International Journal, 64(4), 19170–19176.
Purswell, K. E. (2019). Humanistic Learning Theory in Counselor Education. The Professional Counselor, 9(4), 358–368. https://doi.org/10.15241/kep.9.4.358
Rahman, S. (2022). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289–302.
Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum, 10(1), 95–108.
Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi Dalam Proses Pembelajaran The Urgent Of Motivation In Learning Process. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41.
Sanika, E., & Hidayah, F. (2018). Program Pembentukan Akhlak Siswa Pada Masa Pubertas (Studi Kasus Di Smp Tri Bhakti Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Edureligia: Jurnal Pendidikan Aagama Islam, 2(1), 82–93.
Sholihah, A. (2017). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, 2(3), 1–5
Tang, S., & Siti Zuraidah, M. O. (2022). COVID-19 Pandemic: Do Learning Motivation and Learning Self-Efficacy Exist among Higher Vocational College Students? Journal of Education and E-Learning Research, 9(1), 38–44. https://doi.org/10.20448/jeelr.v9i1.3756
Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edureligia: Jurnal Pendidikan Aagama Islam, 1(2), 133–139.
Wangsanata, S. A., Supriyono, W., & Murtadho, A. (2020). Professionalism of Islamic spiritual guide. Journal of Advanced Guidance and Counseling, 1(2), 101-120. https://doi.org/10.21580/jagc.2020.1.2.5919
Widat, F., Saleha, L., Zainiyah, A., & Aisyah, S. N. (2022). The “Aku Bisa” Program; Efforts to Train Early Childhood Independence. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3218–3231.