COOPERATIF LEARNING SEBAGAI UPAYA MEMBANGKITKAN KEMBALI EXTINCTION MOTIVASI BELAJAR

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.43

Authors (s)


(1) * Hambali Hambali   (Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Extinction motivasi belajar merupakan salah satu fenomena-fenomena dalam kondisioning klasik, yang artinya menurunnya frekuensi respon bersyarat bahkan akhirnya menghilangnya respon bersyarat akibat ketiadaan stimulus alami dalam proses kondisioning atau secara singkat dapat diartikan hilangnya perilaku akibat dari dihilangkannya reinforcers. Upaya sadar untuk menumbuhkan extinction motivasi belajar diawali  dari lima klasifikasi strategi pembelajaran; direct instruction, indirect instruction, interaktif, empirik dan mandiri. Hal tersebut berakar pada satu dasar teori nativisme bahwa setiap manusia dilahirkan telah memiliki potensi karena bawaan atau faktor genetika. Faktor inilah yang harus diakomodir oleh guru untuk dapat membantu siswa menumbuhkan potensi siswa sesuai dengan model dan strategi pembelajaran yang berpusat pada murid atau yang biasa disebut dengan Student Centered. Cooperative learning atau pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Pembelajaran kooperatif menciptakan interaksi yang asah, asih dan asuh, sehingga tercipta masyarakat belajar. Siswa tidak hanya belajar dari guru tetapi juga dari sesama siswa.




Full Text: PDF



References


Abdul Majid, 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Abuddin Nata, Prespektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2009)

Beta Merupakan Gelombang Otak (Brainwave) yang terjadi pada saat seseorang mengalami aktifitas mental yang terjaga penuh. http://www.gelombangotak.com/teknologi_gelombang_otak.htm., diakses 29 Maret 2017

Donald Laming, Understanding Human Motivation What Makes people Tick, (Australia: Blackwell publishing Ltd., 2004)

Jhon Afifi, Inovasi Inovasi Kreatif Manajemen Kelas dan Pengajaran Efektif, (Jogjakarta: DIVA Press, 2014)

Mulyono, Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global, (Malang, UIN Maliki Press, 2011)

Rusman, Model – Model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Press, 2012)

Suryono & Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: PT Remaja Posdakarya, 2011).

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2006)

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2010)


Article View

Abstract views : 590 times | PDF files viewed : 540 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v1i2.43


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hambali Hambali

Creative Commons License
 

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, East Java, Indonesia.