PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Authors (s)


(1) * Abdullah Abdullah   (Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru pada hakekatnya merupakan tenaga kependidikan yang memikul berat tanggung jawab kemanusiaan, khususnya berkaitan dengan proses pendidikan. Pembelajaran merupakan suatu system, yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sedangkan belajar adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Hubungan guru dan siswa harus bersifat dinamis dan syarat dengan makna edukasi. Perilaku guru adalah mengajar dan perilaku siswa adalah belajar. Untuk itu penggunaan pendekatan dan model pembelajaran harus mampu mengaktifkan siswa agar terdapat perubahan pada diri siswa dalam kegiatan belajar.




Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 12076 times | PDF files viewed : 106650 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v1i2.45


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdullah Abdullah

Creative Commons License
 

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, East Java, Indonesia.