PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN YANG MENGAKTIFKAN SISWA

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Authors (s)


(1) * Abdullah Abdullah   (Institut Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru pada hakekatnya merupakan tenaga kependidikan yang memikul berat tanggung jawab kemanusiaan, khususnya berkaitan dengan proses pendidikan. Pembelajaran merupakan suatu system, yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sedangkan belajar adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Hubungan guru dan siswa harus bersifat dinamis dan syarat dengan makna edukasi. Perilaku guru adalah mengajar dan perilaku siswa adalah belajar. Untuk itu penggunaan pendekatan dan model pembelajaran harus mampu mengaktifkan siswa agar terdapat perubahan pada diri siswa dalam kegiatan belajar.




Full Text: PDF



References


Ali Mudlofir, Evi Fatmatur Rusydiyah, I, 2016. Desain Pembelajaran Inovatif (dari teori ke praktik). Jakarta: Raja Grafindo.

Abdulhak, I, 2001. Komunikasi Pembelajaran: Pendekatan Konvergensi Dalam Peningkatan Kualitas Dan Efektifitas Pembelajaran. Bandung: UPI.

Ardhana, W.2001. Reformasi Pembelajaran Menghadapi Abad Pengetahuan. Makalah disamapikan dalam kuliah perdana Program S2 Teknologi Pembelajaran, Unepa di Gresik.

Ambimanyu. 1984. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, Jakarta: Ditjen Dikti.

Jurnal, Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 20, Nomor 1, April 2013

Jurnal, Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 1 Tahun 2012, Program StudiPendidikan Kimia Universitas Negeri Malang.

Arifi, 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara, Cet. Ke-3

Arikunto, Suharsini. 1980. Manajemen Pengajaran, Yogyakarta: Rineka Cipt.

Kellen Roy. Effective Teaching Strategis Lesson From Research And Practice. South Melbourne, Vic.: Thomson Social Science Press, 2007

Santyasa, I Wayan. 2006. Pembelajaran Inovatif: Model Kolaboratif, Basis Proyek, dan Orientasi NOS. Available at: (htt: //www.freewebs.com/santyasa/PDF_ files/ Collaborative_model_Project_Based_dan_Orientasi_NOS.pdf.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semiawan, C. 1997. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia

Silberman, M. 1996. Acktive Learning. Pustaka Insan Madani.

Sukmadinata, nana S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article View

Abstract views : 11171 times | PDF files viewed : 103146 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v1i2.45


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Abdullah Abdullah

Creative Commons License
 

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, East Java, Indonesia.