STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI PAI DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA
AbstractTulisan ini mendeskripsikan strategi internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter siswa di sekolah, mulai dari konsepsi tentang internalisasi nilai, tahapan-tahapan dalam proses internalisasi yaitu: tahap Transformasi Nilai, tahap Transaksi Nilai, dan tahap Transinternalisasi. Selanjutnya, tulisan ini akan mengeksplorasi teori-teori strategi internalisasi nilai yang populer di kalangan praktisi pendidikan meliputi: strategi keteladanan (modelling), strategi pembiasaan, strategi ibrah dan amtsal, strategi pemberian nasehat, strategi pemberian janji dan ancaman (targhib wa tarhib), dan strategi kedisiplinan. Pembahasan dalam naskah ini akan dilengkapi dengan model pendekatan internalisasi nilai-nilai PAI di sekolah dari guru kepada siswa melalui lima pendekatan, yakni pendekatan indoktrinasi, pendekatan moral reasoning, pendekatan forecasting concequence, pendekatan klasifikasi nilai, dan pendekatan ibrah dan amtsal. Diakhiri dengan strategi untuk membudayakan nilai-nilai agama di sekolah melalui : power strategi, persuasive strategy, dan normative re-educative strategy.
|
Full Text:
References
Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
A’la, Abdul, Pendidikan Agama yang mencerahkan, Kompas, 4 Januari 2002.
An-Nahlawi, Abdurrahman, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Terj. Dahlan & Sulaiman, Bandung: CV.Diponegoro, 1992.
Burhanudin, Tamyiz, Akhlak Pesantren Solusi bagi Kerusakan Akhlak, Yogyakarta: ITTAQA Press, 2001.
Daradjat, Zakiyah, Kesehatan mental, Jakarta, Gunung Agung, 1983.
Kementerian Pendidikan Nasional, Pengembangan dan Pendidikan Budaya & Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, Jakarta, 2009.
Khozin, Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia, Malang: UMM Press, 2006.
Latif, Abdul, Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan, Bandung: Refika Aditama, 2005.
Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Madjid, Nurcholis, pengembangan nilai-nilai Islami dalam pembelajaran PAI di SMA, El-Hikam Press, 2013.
Ma’arif, Syafi’i, Pemikiran Tentang Pembaharuan Islam di Indonesia, Yogyakarta :Tiara Wacana, 1991.
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam; Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Mulyasa, E., Manajemen Pendidikan Karakter, Bandung Rosdakarya, 2011.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islami, Bandung, Rosda Karya, 2010.
Tatapangarsa, Humaidi, Pengantar Kuliah Akhlak, Surabaya: Bina Ilmu, 1990.
Tloha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jogjakarta, Pusteki Pelajar, 1996.
10.33650/edureligia.v1i2.49 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Muhammad Munif