KARAKTERISTIK PENDIDIKAN KARAKTER; MENJAWAB TANTANGAN MULTIDIMENSIONAL MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.50

##article.author## (s)


(1) * Syaiful Islam   (Institut Agama Islam Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan formal memiliki Pengaruh yang efektif dalam mengatasi fenomena anarkisme, pengenaan kehendak, perkelahian Pelajar, proliferasi pengedar narkoba dan pengguna, krisis lingkungan, krisis moral, dan Berbagai kecenderungan sosial lainnya. Pendidikan formal adalah sistem pendidikan yang terorganisir, terarah, dan terukur. Kurikulum 2013 mengorientasikan dan menekankan pada Penguatan nilai moral, afektif, dan nilai konsep KI-1 (sikap spiritual), KI-2 (Sikap sosial), KI-3 (pengetahuan), dan KI-4 (penerapan pengetahuan). Implementasi dari Pendidikan karakter dalam Kurikulum tahun 2013 dapat dikembangkan dengan mengintegrasikan kognitif, Afektif, dan aspek psikomotor. Selain itu, untuk mendorong dan memfasilitasi realisasi Sinergi antara pendidikan formal, nonformal dan informal, dan mendorong untuk Terus meningkatkan kompetensi dan model peran para pendidik untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013




Full Text: PDF



References


Abdul Majid, D. A. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.

Chamistijatin. (2009). Pengembangan Kurikulum SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Haryanto, M. S. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hasan, A. A. (1985). Nazariyah Al-TarbiyahFi Al-Qur'an wa-Tatbiqatuha fi Ahdi Rosulillah SAW. Qairo: Dar Al-ma'arif.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Megawangi, R. (2007). Character Parenting Space. Bandung: Read.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Prihatin, E. (2008). Konsep Pendidikan. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Sukmadinata, N. S. (2010). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta: Asa-Prima Pustaka.

Syarif, A. H. (2004). Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Bina Ilmu.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article View

Abstract views : 756 times | PDF files viewed : 1154 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v1i2.50


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Syaiful Islam