Abdussalam, Bahari, Y., & Zakso, A. (2020). Hubungan Sekolah dengan Masyarakat pada MA Al-Aziz Parit Timur Pasak Sungai Ambawang Kubu Raya. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–15.
Ajeng, A., Rahmah, T., Sri, D., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat Dicipta Kreatif Bangsa (CKB) Playgroup. Jurnal Multidisipliner, 01(02), 216–223.
Ariyanti, N., Anggung, M., & Prasetyo, M. (2021). Evaluasi Manajemen Hubungan Masyarakat dan Sekolah (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Jurnal Idarah, 5(2), 103–126.
Athifah, S. N. (2020). Manajemen Hubungan Madrasah/Pesantren dengan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 58–68.
Faizin, F., & Farhah, F. (2018). Pola Integrasi Nilai-Nilai Kepesantrenan dalam Mengimplementasikan Budaya Religi di Universitas Nurul Jadid. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 111–121. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.461
Fawaid, A., & Hasanah, U. (2020). Pesantren dan Religious Authoritative Parenting: Studi Kasus Sistem Wali Asuh di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Ilmu Ushuluddin, 19(1), 27–40. https://doi.org/10.18592/jiiu.v
Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Elmidad:Jurnal PGMI, 10(No. 2), 131–152.
Halil, H. (2017). Inovasi Kurikulum Pesantren dalam Memproyeksikan Model Pendidikan Alternatif Masa Depan. Studi Keislaman, 1(2), 1–23.
Kamal, F., & Ma’rufah, U. (2019). Pandangan Abdullah Nashih Ulwan tentang Aktualisasi Pendidikan Etika dan Keteladanan Guru Sebagai Pendidik yang Berkarakter dalam Tarbiyah Al-Aulād fi Al-Islām. Jurnal Paramurobi, 2(1), 1–16.
Khorotunniswah, L., Huda, M. N., & Ma’arif, S. (2020). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Lembaga. Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 176–189. https://doi.org/0.15642/jkpi.2020.10.2.176-189
Kosim, M., & Akbar, J. (2019). Pengaruh Komunikasi Kepala Madrasah terhadap Peningkatan Keterlibatan Masyarakat di Madrasah Aliyah Nurus Sholah Akkor Pamekasan. Re-JIEM, 7(2), 70–81.
Kurdi, M. S. (2018). Madrasah Ibtidaiyah dalam Pandangan Dunia : Isu-Isu Kontemporer dan Tren dalam Pendidikan. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 231–248. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3194
Lhorita Retno Ardhiyant, & Kurniawan, A. R. (2020). Peran Guru Sebagai Pengembang Kurikulum. Jurnal Tarbawi, 3(2), 56–57.
Muallifah, & Nurhadi, A. (2020). Pelaksanaan Hubungan Masyarakat (Humas) Model Simetris Dua Arah di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pademawu Pamekasan. Re-JIEM, 3(1), 107–119. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i1.3503
Nanat Fatah Natsir. (2018). Peningkatan Kualitas Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Educationist, 1(1), 21–22.
Nazarudin, M. (2018). Pola Kerja sama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 2 Kota Palembang. Intizar, 24(2), 211–217.
Nurfajriah, S., Prihantini, & Kuswanto. (2021). Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 137–144.
Rambe, S. K., Jf, N. Z., Albi, N. A., & Pratama, Y. (2022). Ruang Lingkup dan Pelatihan Keprofesian Guru Pendidikan Agama Islam. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22–26.
Roberts, G., Hilliard, C., & Calixte, C. (2018). High School Student Reactions to an Interdisciplinary Teaching Method in Agricultural Education. Journal of Research in Technical Careers, 2(2), 52–60.
Setiawan, H., & Hamdan, M. (2019). Strategi Penilaian Kinerja dalam Pendidikan (Performance Evaluation Startegy). At-Ta’lim Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1), 16–31.
Shohib, M. (2020). Substansi Pendidikan Multikultural Perspektif Gus Dur. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 04(01), 75–87. https://core.ac.uk/download/pdf/328136394.pdf
Subekti, M. Y. A., & Fauzi, M. M. (2018). Peran Pondok Pesantren dalam Pemberdayaan Masyarakat Sekitar. Al I’tibar, 5(2), 90–100.
Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Tarmizi, A., & Sulastri. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 3(1), 34–50.
Uswatun, H. I. (2020). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru PAI dalam Menyusun RPP Berbasis Kecakapan Abad 21, Literasi dan HOTS melalui Workshop di SMP se-Depok Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.51-08
Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of Headmaster’s Supervision and Achievement Motivation on Effective Teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(06), 44–50.
Zubair, A. (2018). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Manager Pendidikan, 11(4), 305