Abdullah. (1999). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Jakarta: Gaya Media Pratama.
al-Sijistani, I. a.-K.-‘. (1996). . Beirut: Darul Kutub al-Ilmiah.
Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Baharun, H. (2012). Desentralisasi Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Sistem Pendidikan Islam. Jurnal At-Tajdid, 1(2).
Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 1(1), 34–46.
Baharun, H. (2016a). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231–246.
Baharun, H. (2016b). Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2), 205–2016.
Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. Yogyakarta: CV Cantrik Pustaka.
Drajat, Z. (1993). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Halimah, S. (2009). Curriculum Development Strategy Islamic Religious Education and Learning (PAI). Miqot, 33(1), 27 - 36.
Hamalik, O. (1993). Sistem dan Prosedur Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Trigendi Karya.
Hamdan. (2009). Pengembangan dan Pembinanaan Kurikulum (Teori dan Praktek Kurikulum PAI). Banjarmasin: .
Hasan Baharun, Z. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan : Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Islam, S. (2018). Karakteristik Pendidikan Karakter; MenjawabTantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013, 1(1), 89–101.
Majid, A., & Andayani, D. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Majid, M. d. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam; Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Bandung: Trigenda Karya.
Muhaimin. (2012). Pengambangan rikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muali, C. (2016). Konstruksi Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Belajar. Jurnal Pedagogik, 3(2), 1-11.
Nasution. (2008). Asas-Asas Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Samsul Nizar, A. H. (2002). Filsafat Pendidikan Islam; Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers.
Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran; Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siswanto. (2010). Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadris, 5(2), 107-128.
Soetopo, H., & Wast. (1993). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Subandiah. (1996). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sya'roni, Zaini, N., & Miftah, Z. (2017). PAI Curriculum Development Model in Boarding Schools School District Lamongan. Al-Hikmah; Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 23-37.