Adirinarso, D. (2023). Kreativitas Guru PAI Dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran PAI Untuk... Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Aini, Q., Arisanti, K., & Inzah, M. (2025). Implementasi Gerakan Furudul Ainiyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Fiqih di MTs Syafi’iyah Sumur Dalam Besuk Kidul Probolinggo. 4(3), 529–538.
Alma, U., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2025). Perbedaan Pesantren Tradisional Dan Pesantren Modern di Indonesia Kokoh Yang Menjaga Warisan Intelektual Dan Spiritual Umat Islam di Indonesia. 1(1), 30–46.
Badri, F., Sari, N. F., & Silva, V. A. D. S. (2025). Revitalisasi Madin: Meningkatkan Sistem Belajar Mengajar Dan Memperkuat Peran Wali Dalam Pengembangan Anak Didik. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 6(3), 1–10. https://doi.org/10.33474/jp2m.v6i3.23447
Carmigniani, J., Furht, B., Anisetti, M., Ceravolo, P., Damiani, E., & Ivkovic, M. (2011). Augmented Reality Technologies, Systems And Applications. Multimedia Tools and Applications, 51(1), 341–377. https://doi.org/10.1007/s11042-010-0660-6
Dianti, K., Ulfah, M., Salam, A., Gunawan, G., & Luthfiyah, L. (2025). Analisis Asesmen Diagnostik, Formatif Dan Sumatif Serta Implikasinya Terhadap Efektivitas Sistem Evaluasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 555–565. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1234
Faridi, F., & Yogawati, M. (2022). Furudul Ainiyah Basis Penguatan Pendidikan Karakter Di MTsN 2 Kota Malang. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 15(1), 109–129. https://doi.org/10.32806/jf.v15i01.5864
Fitriyah, S. L., & Aisyah, N. (2021). Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Didik Tpq Al-Azhar Prenduan Kepanjen Jember. Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 22–41. https://doi.org/10.52166/talim.v4i1.2179
Ghafur, O. A. (2025). Pembentukan Karakter Santri Dengan Metode Pemahaman, Pembiasaan, Dan Keteladanan Di Pondok Pesantren. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2 Mei), 3081–3092.
Hakim, D. M. (2020). Transformasi Kurikulum Pesantren Melalui Metode Pembelajaran Kitab Kuning Dalam Mengembangkan Pesantren: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Hikam Malang. Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2), 39. https://doi.org/10.33474/ja.v1i2.4975
Hanifiyah, D. (2024). Kebijakan MBKM Santri Dalam Upaya Peningkatan Mutu Kinerja Wali Asuh Pondok Pesantren Nurul Jadid. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(1), 14–26.
Haryanti, Y. D., Yanto, A., Yonanda, D. A., & Putri, I. A. (2025). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru Sekolah Dasar Di Desa Greged Cirebon. 2(1), 1–9. https://doi.org/10.25047/sejagat.v2i1.5867
Husni, A., & Randi, M. (2024). Jurnal Inovasi Global. Jurnal Inovasi Global, 2(3), 543–551.
Jannah, Q. (2025). Strategi Komunikasi Organisasi untuk Keuntungan Public Trust Pondok Pesantren Adventage: Focus on Building Trust. Jurnal Manajemen Pendidikan, 01(01).
Jayadi, T., Thohri, M., Maujud, F., & Safinah, S. (2024). Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah Dengan Kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 4(1), 105–119. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i1.640
Khoiriyah, N. A. K. I. M. (2025). Peran Praktik Pengalaman Lapangan Kependidikan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 550–558.
Kusuma, M. T. A., Muharom, F., & Jandra, M. (2025). Transformation Of Pesantren Education Management In The Digital Era. Educational Studies and Research Journal, 2(1), 48–56.
Lutviana, A., Amrulloh, H., & Laili, N. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V MI NU Metro. 8(1), 285–293.
Mallaena, A. A., Hasbi, H., & Yusuf, M. (2023). Kinerja Guru Bimbingan Konseling Dan Implikasi Penerapan Sistem Poin Pelanggaran Terhadap Kedisiplinan Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 11(3), 183. https://doi.org/10.29210/199100
Mandar, Y., & Sihono. (2025). Implementasi Teori Konstruktivisme Dalam PAI: Kajian Teori Jean Piaget Dan Jerome Bruner. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 10(1), 223–226.
Manshur, U., & Ramdlani, M. (2020). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran PAI. Al Murabbi, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.35891/amb.v5i1.1854
Mei, N., & Islam, U. (2025). Analisis Kesenjangan Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru PGMI: Kajian Kritis Berbasis Teori Konstruktivistik Teori Konstruktivisme. 3.
Miranda, M., & Camilo Cépeda, A. (2022). Inverted Method And Didactic Model: A Motivating Perspective Of Virtual Learning In Pandemic Contexts. Bordon. Revista de Pedagogia, 74(3), 11–33. https://doi.org/10.13042/2022.92677
Muhammad Fathurrozaq, Zainur Rofiq Hadiyatullah, & Mohammad Asrori. (2025). Transformation of Salalahuk Tradition: A Media for Character Building and Strengthening the Value of Tauhid in Pesantren Education. Educazione: Journal of Education and Learning, 2(2), 66–78. https://doi.org/10.61987/educazione.v2i2.644
Muhtar, F. (2025). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlaq Dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Pemeliharaan Fasilitas Sekolah Di Madrasah Aliyah Zainul Hafidz At-Taufiq Buwun Mas. 2(2), 276–285.
Munawwaroh, I., Qushwa, F. G., Hefniy, H., & Tohet, M. (2024). Assistance for the Furudul Ainiyah Program to Improve the Quality of Madrasah Graduates. Communautaire: Journal of Community Service, 3(2), 179–191. https://doi.org/10.61987/communautaire.v3i2.459
Nabila, S. (2021). Peran Evaluasi Formatif Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 98–110.
Nafisa, N. I., Darmawan, D., Sunan, U., & Surabaya, G. (2025). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Setingkat Sekolah Menengah Atas. 2.
Nahrowi, A. Y., Muhammad, A. M., Rahayu, F., & Nazib, Fiqra M. (2025). Peran Kiyai Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Di Abad 21. AEJ (Advance in Education Journal), 1(4), 429–447.
Najiburrahman, N., Zamroni, Z., Mundiri, A., & Thohir, P. F. D. M. (2025). Quality of Service and Customer Satisfaction from ROI in Pesantren: A BPS-Mediated Study. TEM Journal, 14(2), 1260–1268. https://doi.org/10.18421/TEM142-27
Nopianti, R. (2018). Pendidikan Ahlak Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Di Pondok Pesantren Sukamanah Tasikmalaya. Patanjala: Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 10(2), 351. https://doi.org/10.30959/patanjala.v10i2.362
Pembelajaran, E., & Islam, P. A. (2025). Analisis Pendekatan Deep Learning Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI Di SMKN Pringkuku. 5, 866–879.