PENDEKATAN KOGNITIF-SOSIAL PERSPEKTIF ALBERT BANDURA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v5i1.1792

Authors (s)


(1) * Muhammad Nurul Mubin   (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak - Pendekatan kognitif sosial Bandura mengemukakan bahwa perilaku merupakan akumulasi dari pengalaman masa lalu yang berupa keberhasilan atau kegagalan, persuasi sosial dari lingkungan sosial, keadaan emosi, dan pengalaman melihat model. Proses pendekatan ini juga dapat diterapkan pada Pendidikan Agama Islam, bagaimana guru melaksanakan pembelajaran pendidikan agama memerlukan model roll atau keteladanan di lingkungan sehingga dapat merangsang siswa. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan mengidentifikasi pemikiran atau temuan yang terdapat pada buku, makalah, jurnal, articel yang berkaitan dengan topik. Diskusikan dengan menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan ide pokok yang berkaitan dengan topik diskusi. Penerapan teori kognitif sosial dari Bandura untuk pembelajaran Pendidikan Islam sangat sesuai,

Kata Kunci - Kognitif-Sosial, Albert Bandura, PAI



Keywords

Cognitive-Social1, Albert Bandura2, PAI3



Full Text: PDF



References


A B Halim Tamuri, Mohamad Khairul, and Azman Ajuhary, 2010. Amalan Pengajaran Guru Pendidikan Islam Berkesan Berteraskan Konsep Mu ‘ Allim, Journal of Islamic and Arabic Education,

Abu Ahmadi. 2004. Psikologi Belaja. Jakarta: Rineka Cipta

Aprida Pane and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman.

Alwisol. 2006. Psikologi Kepribadian, edisi revisi. Malang: UMM Press.

D. A Nurhidayah, 2015. Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi: Pendidikan Dan Pembelajaran.

Dale. H. Schunk. 2012. Learning theoris. An education perspektif. edisi ke enam Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Elga Yanuardianto. 2019. TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA, Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di MI. Jurnal Auladuna: Vol. 1, No. 2, Oktober.

Indra Cakti, dkk. 2017. BUKU BUNGA RAMPAI (Kumpulan Karya Dosen Seluruh Indonesia Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu-ilmu Eksakta Tahun 2017). Malang: CV. IRDH.

Janet Lesilolo. 2018. PENERAPAN TEORI BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH. KENOSIS Vol, 4.

Luhur Wicaksono. 2015. Keefektivan Pemodelan Terhadap Peningkatan Efikasi-Diri Akademik Siswa Smp (Kajian Teoritik Aplikasi Teori Bandura). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan (J-VIP).

Nelly Marhayati, dkk 2020. Pendekatan Kognitif Sosial pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam DAYAH: Journal of Islamic Education Vol. 3, No. 2, 250-270.

Risma, Fithri, 2014 “Buku Pembelajaran Psikologi Belajar. Surabaya: UIN SUNAN AMPEL.

Santy Handayani, 2016. Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.

Tarsono. 2010. Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) Dari Albert Bandura Dalam Bimbingan Dan Konseling. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. III, No.1: 29-36.

Tri Andjarwati. 2015. Motivasi Dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori Xy Mc Gregor, Dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen,


Article View

Abstract views : 2465 times | PDF files viewed : 18650 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v5i1.1792


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Nurul Mubin

Creative Commons License
 

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, East Java, Indonesia.