PENDEKATAN KOGNITIF-SOSIAL PERSPEKTIF ALBERT BANDURA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v5i1.1792

Authors (s)


(1) * Muhammad Nurul Mubin   (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak - Pendekatan kognitif sosial Bandura mengemukakan bahwa perilaku merupakan akumulasi dari pengalaman masa lalu yang berupa keberhasilan atau kegagalan, persuasi sosial dari lingkungan sosial, keadaan emosi, dan pengalaman melihat model. Proses pendekatan ini juga dapat diterapkan pada Pendidikan Agama Islam, bagaimana guru melaksanakan pembelajaran pendidikan agama memerlukan model roll atau keteladanan di lingkungan sehingga dapat merangsang siswa. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan mengidentifikasi pemikiran atau temuan yang terdapat pada buku, makalah, jurnal, articel yang berkaitan dengan topik. Diskusikan dengan menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan ide pokok yang berkaitan dengan topik diskusi. Penerapan teori kognitif sosial dari Bandura untuk pembelajaran Pendidikan Islam sangat sesuai,

Kata Kunci - Kognitif-Sosial, Albert Bandura, PAI



Keywords

Cognitive-Social1, Albert Bandura2, PAI3



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 2572 times | PDF files viewed : 19732 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v5i1.1792


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Nurul Mubin

Creative Commons License
 

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, East Java, Indonesia.