IMPLEMENTASI NILAI RELIGIUS SISWA KELAS XI MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v5i2.2879

Authors (s)


(1) * Hambali Alman Nasution   (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)  
        Indonesia
(2)  Usman Usman   (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai religius siswa melalui pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Kotapinang yang meliputi bentuk/proses pelaksanaan nilai relgius siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai religius siswa melalui pendidikan agama Islam  di SMA Negeri 2 Kotapinang belum dapat terimplementasikan secara maksimal, praktik peribadatan belum menjadi rutinitas dan pembiasaan. Pelaksanaan pembelajaran dalam membentuk nilai relgius dengan 2 cara yaitu intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Peran guru sebagai perencana dalam proses pembelajaran, memberikan pengawasan, hukuman, bimbingan, dan teladan sebagai panutan, dan kebijakan sekolah membuat aturan untuk berjalanya proses belajar yang efektif dan efisein. Foktor pendukung dalam pengimplementasian nilai religius siswa disekolah diantaranya: musholla, alat peraga, perpustakaan dan pengeras suara. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: fasilitas yang kurang memadai diantaranya musholla yang kecil, latar belakang siswa yang berbeda-beda, lingkungan yang kurang mendukung,



Keywords

implementasi, Nilai religius, pendidikan agama Islam (PAI), SMA

Full Text: PDF

References


Abdillah, Asep, dan Isop Syafe’i. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di SMP Hikmah Teladan Bandung.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17 (1): 17–30. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-02.

Abdul Majid & Dian Andayani. 2017. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Abudin Nata. 2001. Paradigma Pendidikan Islam: (Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam). Jakarta: PT. Gramedia.

Armai Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat pers.

Asmaun Sahlan. 2010. Mewujudkan Budaya religius di Sekolah. Malang: UIN Maliki Press.

Bahudji. 2012. Bahan Ajar Metodologi Studi Islam. Metro: STAIN Metro.

Depdiknas. 2012. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Esmael, Dari Ansulat, dan Nafiah Nafiah. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya.” EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar 2 (1): 16–34.

Fahham, Achmad Muchaddam. 2012. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DI KOTA YOGYAKARTA.” Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial 3 (1): 49-58–58. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v3i1.255.

Hastuti, Afsya Oktafiani, dan Nurul Fatimah. 2015. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Comal).” Solidarity: Journal of Education, Society and Culture 4 (2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/solidarity/article/view/7291.

Khoiruddin, M. Arif, dan Dina Dahniary Sholekah. 2019. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA.” PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan 6 (1): 123–44. https://doi.org/10.33650/pjp.v6i1.576.

Muhammad Alim. 2011. Pendidikan agama Islam,. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Fadhlillah, & Lilif Mualifatul Khorida. 2013. Pendidikan karakter anaka Usia dini,. Yogyakarta: Arruz Media.

Nana Shukmadhinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nisa’, Khoirun. 2015. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Saintifik.” At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah 3 (2): 121–37.

Nurrahmidah, Nurrahmidah. 2019. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMP NEGERI 16 MEDAN.” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 3 (1): 1–17. https://doi.org/10.30821/ansiru.v3i1.5477.

Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sisdiknas. 2010. Undang-undang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokusmedia.

Sjarkawi. 2008. Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.


Article View

Abstract views : 287 times | PDF files viewed : 512 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v5i2.2879


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hambali Alman Nasution

Creative Commons License
 

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.