Abbas dan Suyanto. 2004. Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.
Baharun, H., 2017. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. CV Cantrik Pustaka, Yogyakarta.
Baharun, H., 2016. Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Model. J. Progr. Stud. PGMI 3, 205–2016.
Baharun, H., 2017. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. CV Cantrik Pustaka, Yogyakarta.
Baharun, H., 2016. Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Model. J. Progr. Stud. PGMI 3, 205–2016.
Baharun, H., & Mundiri, A. (2011). Metodologi Studi Islam: Percikan Pemikiran Tokoh Dalam Membumikan Agama. Ar-Ruzz Media (1st ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Bahan TOT Kurikulum 2013. 2013. Bandung.
Budiningsih, Asri C. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiah. 1984. Dasar-Dasar Agama Islam: Buku Teks PAI pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Bulan Bintang.
______________. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
______________. 2001. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam.Jakarta: Bumi Aksara.
Islam, S., 2017. Karakteristik Pendidikan Karakter; MenjawabTantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013 1, 89–101.
Islam, S., 2017. Karakteristik Pendidikan Karakter; MenjawabTantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013 1, 89–101.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruseffendi. 1988. dalam http:// model pembelajaran- konstruktivisme Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Rusman. 2013. Model - Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionlisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mundiri, A. (2017). Organizational Culture Base On Total Quality Management In Islamic Educational Institution. ADRI International Journal Of Islamic Studies and Social Sciences, 1(1), 1–11.
Mundiri, A., & Zahra, I. (2017). Corak Representasi Identitas Ustadz dalam Proses Transmisi Pendidikan Karakter di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No, 21–35.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Standar Nasional Pendidikan (SNP). 2006. Jakarta: Asa Mandiri. Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik: KonsepLandasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.
---------. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wilis, Ratna. 2002. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
http. Direktori FIP/JUR/administrasi pendidikan/udin saefudin saud/
http://journal424.wordpress.com/2013/02/10/dasar-yuridis-pendidikan-dasar-dan-implikasinya-dalam-kebijakan-pemerintah/
http://sunardins.blogspot.com/2012/09/inovasi-pembelajaran-pendidikan-agama.html,
http://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/07/teori-belajar-konstruktivisme.
html,http://ibnsyam.blogspot.com/2012/05/hakikat-dan-metodologi-pembelajaran-pai.html,
http://anananga.blogspot.com/2011/01/pendidikan-agama-dan-keagamaan.html,
http://www.bintangbangsaku.com/artikel/standar-proses-permendiknas-no-41-tahun-2007,
http://isyemetriah.blogspot.com/diakses jum’at,